Selasa, 18 Juli 2017

6.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah                       : SMA Ya BAKII 1 Kesugihan
Mata pelajaran                        : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : X/2
Alokasi Waktu            : 2 x Pertemuan ( 4 x 45 menit)

A.    Kompetensi Inti (KI)

KI.1:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang    dianutnya
KI.2:
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan  pengetahuan pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI.3:
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

KI.4:
 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan


B.    Kompetensi Dasar dan Indikator

Kompetensi Dasar
Indikator
3.12 Menghubungkan permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa  pihak dan simpulan dari debat untuk menemukan esensi dari debat.
3.12.1Menemukan  esensi debat

3.12.2 Mengidntifikasi unsur-unsur debat

3.12.3 Merumuskan tata cara debat


4.12 Mengonstruksi permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa  pihak, dan simpulan dari debat secara lisan untuk menunjukkan esensi dari debat.
4.12.1 Merumuskan mosi berdasarkan isu/permasalahan yang sedang berkembang
4.12.2 Menganalisis pendapat dan argumen yang disampaikan tim afirmasi, tim oposisi,dan tim netral  terhadap mosi
4.12.3 Menyimpulkan hasil debat


C.    Materi Pembelajaran 

·      Esensi debat,unsur debat,tata cara debat
·      mosi (permasalahan yang didebatkan);
·      argumen untuk menguatkan pendapat sesuai dengan sudut pandang yang diambil; dan
·      tanggapan (mendukung dan menolak pendapat disertai argumen).
·      Cara menyimpulkan isi debat

D.    Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama
Metode  :  Ceramah,tanya jawab,diskusi
 Model     : Discovery  learning
TAHAPAN PEMBELAJARAN
DESKRIPSI
WAKTU

Pendahuluan









1.      Peserta didik merespons salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi peserta didik dan kelas
2.      Peserta didik merespons pertanyaan dari guru tentang keterkaitan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
3.      Peserta didik menerima informasi tentang tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai
4.      Peserta didik menyimak pencapaian cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan pembelajaran
5.      Peserta didik merespon pertanyaan dari guru tentang  pengalaman mengikuti debat

10menit

Kegiatan Inti







1.      Peserta didik memperhatikan tayangan video debat
2.      Peserta didik merespon pertanyaan dari guru tentang  video tersebut
3.      Peserta didik membentuk kelompok yang terdiri 4 orang
4.      Peserta didik membaca teks debat dan menerima lembar kerja siswa
5.      Peserta didik mencermati  teks debat  dan menjawab pertanyaan  yang terdapat pada lembar kerja siswa
6.      Peserta didik  menemukan esensi debat
7.      Peserta didik mengidentifikasi unsur-unsur debat
8.      Peserta didik merumuskan tata cara debat
9.      Perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas
10.  Perwakilan kelompok memberikann tanggapan terhadap hasil diskusi yang telah dipresentasiikan
11.  Peserta didik menyimpulkan hasil diskusi tentang esensi debat
12.  Peserta didik menyimpulkan hasil diskusi tentang unsur-unsur debat
13.  Peserta didik menyimpulkan hasil diskusi tentang  tata cara debat
14.  Peserta didik secara individu mendapatkan lembar kerja siswa yang berisi tentang teks debat
15.  Peserta didik menemukan esensi debat,unsur-unsur debat, dan tata cara debat


70menit

Penutup


1.      Peserta didik melakukan konfirmasi dengan guru tentang esensi debat,unsur- unsur debat,dan tata cara  debat.
2.      Peserta didik menerima penjelasan tugas mencari contoh debat untuk menganalisis esensi debat,unsur- unsur debat,dan cara debat.


10menit

Pertemuan kedua
Metode   : Ceramah,tanya jawab,diskusi
Model      : Problem based learning

TAHAPAN PEMBELAJARAN
DESKRIPSI
WAKTU

Pendahuluan









1.      Peserta didik merespons salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi peserta didik dan kelas
2.      Peserta didik merespons pertanyaan dari guru tentang keterkaitan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
3.      Peserta didik menerima informasi tentang tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai
4.      Peserta didik menyimak pencapaian cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan pembelajaran
5.      Peserta didik merespon pertanyaan dari guru tentang  pengalaman mengikuti debat

10menit

Kegiatan Inti






1.      Peserta didik memperhatikan tayangan video debat
2.      Peserta didik merespon pertanyaan dari guru tentang  video tersebut
3.      Peserta didik membentuk kelompok yang terdiri 4 orang
4.      Peserta didik membaca teks debat dan menerima lembar kerja siswa
5.      Peserta didik mencermati  teks debat  dan menjawab pertanyaan  yang terdapat pada lembar kerja siswa
6.      Peserta didik  merumuskan mosi/permasalahan
7.      Peserta didik menyusun pendapat tentang debat
8.      Peserta didik menyimpulkan hasil debat
9.      Perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas
10.  Perwakilan kelompok memberikann tanggapan terhadap hasil diskusi yang telah dipresentasikan
11.  Peserta didik menyimpulkan hasil diskusi tentang mosi debat
12.  Peserta didik menyusun pendapat untuk debat
13.  Peserta didik menyimpulkan hasil debat
14.  Peserta didik secara individu mendapatkan lembar kerja siswa yang berisi tentang teks debat
15.  Peserta didik merumuskan mosi debat,menyusun  pendapat, dan menyimpulkan hasil debat



70menit

Penutup


1.      Peserta didik melakukan konfirmasi dengan guru tentang mosi debat,menyusun  pendapat, dan menyimpulkan hasil debat
2.      Peserta didik menerima penjelasan tugas mencari contoh debat untuk merumuskan mosi debat,menyusun  pendapat, dan menyimpulkan hasil debat

10menit
              
E.     Teknik penilaian
a.   Penilaian pengetahuan
      Jenis Penilaian       : Tes Tertulis
      Bentuk Penilaian   : Uraian
b.  Penilaian keterampilan
      Jenis penilaian     : Tes Tertulis
      Bentuk penilaian  :Uraian
c.   Penilaian Sikap
      Jurnal penilaian   
d.  Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.      Media/alat           :     Rekaman debat
2. Bahan                       : Teks debat
3. Sumber Belajar    :
a.       Buku  Bahasa Indonesia kelas X  Terbitan Kementerian pendidikan dan kebudayaan
b.      Internet
Mengetahui
Kepala SMA Ya BAKII 1 Kesugihan




Moh.Kasbulloh Maulana                                
NIP -

Kroya, 17 Juli  2017
Guru Pengampu




SUKRINIAM
NIP -
























Lampiran-lampiran:
1.       Materi Pembelajaran Pertemuan 1
2.       Instrumen Penilaian Pertemuan 1
3.       Materi Pembelajaran Pertemuan 2
4.       Instrumen Penilaian Pertemuan 2
dan seterusnya tergantung banyak pertemuan.


Lampiran 1
Materi Pembelajaran Pertemuan 1
A.    Esensi Debat

Debat adalah proses saling bertukar pendapat untuk membahas suatu isu dengan masing-masing pihak yang berdebat memberi alasan, bila perlu ditambah dengan informasi, bukti, dan data untuk mempertahankan pendapat masing-masing.
Dari hasil debat biasanya diperoleh sudut pandang baru yang bisa diterima kedua belah pihak. Meskipun demikian, tidak jarang debat berakhir dengan keduanya tetap pada posisi awal, berbeda pendapat, tetapi dengan wawasan baru.

B.     Unsur-unsur Debat
Teks debat terbangun atas Unsur-unsur:
(a)     mosi,
mosi adalah topik/masalah yang terdapat dalam teks debat
(b)     tim afirmasi,
tim afirmasi adalah tim yang setuju dengan mosi /permasalahan yang didebatkan
(c)     tim oposisi,
tim oposisi adalah tim yang tidak setuju dengan mosi/permasalahan yang didebatkan
(d)     tim netral,penonton/ juri yang dipanggil,
tim netral adalah tim yang tidak setuju dan tidak menentang mosi/permasalahan yang didebatkan.
Dalam sebuah debat,tim netral bersifat opsional(boleh ada boleh tidak).
(e)     moderator, dan
moderator adalah pemimpin debat
(f)      penulis.
Penulis adalah mencatat hal-hal penting selama proses debat.

Jenis dan peran unsur manusia dalam debat
Unsur manusia dalam debat :

a.       Moderator bertugas memimpin jalannya debat.
b.      Tim Afirmasi yaitu tim yang setuju dengan mosi (permasalahan yang didebatkan).
c.       Tim Oposisi yaitu tim yang tidak setuju dengan mosi (permasalahan yang didebatkan).
d.      Tim Netral yaitu tim yang tidak setuju dan tidak menentang
e.        mosi (permasalahan yang didebatkan). Tim ini bisa jadi menerima dan menolak sebagian dari mosi.
f.       Penulis/ sekretaris yang berfungsi mencatat hasil debat
g.      Pencatat waktu

C.       Tata Cara Debat
Debat mempunyai tata cara agar pertukaran pendapat antara pihak-pihak yang berbeda pendapat tersebut dapat berjalan lancar. Tata cara debat secara umum, bergantung pada berapa anggota tim, waktu yang disediakan, dan berapa putaran diskusi yang diediakan.
Kegiatan dalam debat secara garis besar dapat dibagi menjadi tiga bagian yaitu
(a) Pembuka oleh moderator. Dalam bagian pembuka ini moderator membuka debat, menjelskan mosi, memperkenalkan tim dan angggota tim debat, serta membacakan tata tertib debat;
Penyampaian pernyataan topik. Pada bagian ini juru bicara tiap tim menyampaikan pendapatnya terhadap mosi. Pernyataan topik ini dilakukan secara bergantian tanpa ada tanya jawab atau interupsi dari tim lain;
(c) Pelaksanaan debat. Pada bagian ini setiap tim diberi kesempatan memberikan komentar atau mendebat pendapat tim lain. Tim yang didebat harus mempertahankan pendapatnya dengan menyampaikan argumen yang mendukung;
(d) Simpulan. Pada bagian ini setiap tim menyampaikan simpulannya terkait mosi setelah mendengar pendapat dan menerima sanggahan dari tim lain;
(e) Penutup. Pada bagian ini moderator menutup kegiatan diskusi. Biasanya berisi ringkasan, bukan simpulan karena dalam debat seringkali tidak terjadi titik temu untuk menyepakati suatu permasalahan

















































Lampiran 2
Instrumen Penilaian Pertemuan 1

A.    Penilaian pengetahuan

       Jenis Penilaian       : Tes Tertulis
      Bentuk Penilaian   : Uraian
      Kisi-kisi                 :


IPK
Materi Pembelajaran
Indikator Soal
Tekni
Penilaian
Bentuk Instrumen
Nomor Soal

3.12.1.



















3.12.2









3.12.3


Esensi debat




















Unsur-unsur debat









Tata cara berdebat




1.      Disediakan teks debat, siswa dapat menemukan mengapa teks tersebut tergolong teks debat
2.      Disediakan teks debat, siswa dapat menentukan siapa saja pihak yang berdebat
3.      Disediakan teks debat, siswa dapat menentukan apakah kedua belah pihak mengemukakan alasan-alasan untuk mendukung pendapatnya?
4.      Disediakan teks debat, siswa dapat menentukan  yang  di maksud dengan debat?


1.      Disediakan teks debat kemudian siswa merumuskan unsur-unsur debat
2.      Disediakan teks debat kemudian siswa merumuskan peran unsur manusia dalam debat


1.      Disediakan teks debat kemudian siswa menemukan tata cara berdebat


Tes tertulis




















Tes tertulis








Tes tertulis








Uraian





















Uraian









uraian





1



      2



      3







4





     5


    6






7


Soal
Bacalah teks debat berikut dengan saksama!


Bahasa Inggris VS Bahasa Indonesia di Era globalisasi
Pro :
Globalisasi adalah suatu kondisi dimana tidak ada jarak antara satu negara dengan negara lain. Jadi, Bahasa Inggris sangat penting sebagai alat komunikasi. Kita tahu bahwa komunikasi dengan negara lain sangat penting. Kita adalah bagian dari dunia. Kita tidak dapat hidup sendiri tanpa memerlukan bantuan. Kita membantu orang lain dan orang lain membantu kita. untuk berkomunikasi dengan negara disekitar, kita membutuhkan alat. Apakah alat tersebut? Tentu saja bahasa. Aristoteles mengatakan dunia membutuhkan bahasa internasional, dan itu adalah bahasa Inggris.
1.      Karena kita dapat berkomunikasi dengan orang asing dengan bahasa yang sama. Jadi, akan lebih mudah untuk memahami satu sama lain. Contohnya: orang Indonesia berbicara dengan orang Cina. Jika mereka berbicara dengan bahasa negaranya, tentu mereka akan merasa kesulitan. Namun jika berbicara dengan bahasa yang sama, bagus!
2.      Karena jika kita berbicara bahasa Inggris, tentu saja orang-orang akan memperhatikan kita. Kita akan dipandang sebagai orang yang cerdas. Karena sama dengan turis asing.
Kami percaya jika tidak dapat berbicara dalam bahasa Inggris kita tidak dapat dikenal orang lain. Jika

kita dapat berbicara bahasa Inggris dengan baik, maka kita akan dengan mudah mendapatkan kesuksesan di era globalisasi ini.
4. Negara Amerika sebagai negara termaju mengemukakan bahwa bahasa internasional yaitu bahasa Inggris. Jadi, kita harus bisa menguasai bahasa Inggris.
Kontra
Saya sangat tidak setuju dengan pendapat “Bahasa Inggris sebagai bahasa atau alat yang penting di Indonesia”. Anda mengatakan negara termaju menggunakan bahasa Inggris dalam berbicara. Namun, berikut adalah poin yang harus diperhatikan:

Segi Teknologi

Anda mengetahui Jepang dan Korea adalah negara yang kuat. Mereka bagus dibidang teknologi. Mereka menjadi produsen transportasi, komunikasi, dan lain sebagainya. Apakah mereka menggunakan bahasa Inggris? Tidak, mereka tetap menggunakan bahasa mereka sendiri. Jadi, jika ingin mendapatkan kesuksesan di era globalisasi, kita harus menambah atau memperkaya pengetahuan kita di bidang teknologi. Jadi, jika kita memiliki keahlian dibidang teknologi saya percaya, akan banyak orang dari berbagai negara yang akan datang untuk belajar di Indonesia. Jadi, mereka akan belajar bahasa Indonesia, kita tidak perlu bahasa Inggris.
Segi Perdagangan

Cina adalah negara yang sukses dibidang perdagangan, mereka berdagang di negara mereka sendiri hingga ke negara lain. Mereka memiliki komitmen, mereka harus tetap menggunakan bahasa asli mereka untuk berkomunikasi. Mereka percaya bahwa kesuksesan bukan dari bahasa Inggris, namun dari kualitas perdagangan. Anda tahu? Mereka menggunakan bahasa Cina untuk melakukan penawaran dagang. Jadi, hal tersebut membuktikan bahwa bahasa Inggris tidak penting.
Segi Penghasilan Alami

Arab, mereka menggunakan bahasa Arab untuk berkomunikasi. Mereka percaya bahwa dapat menembus pasar Internasional dengan menggunakan kemampuan penghasilan alami. Disamping itu, kita dapat berpikir tentang bahasa kita. Di era Globalisasi, bahasa Inggris sangat terkenal. Mulai dari pelajar hingga pekerja menggunakan bahasa Inggris. Akhirnya, mereka berfikir bahwa bahasa Indonesia tidak penting. Padahal, bahasa tersebut adalah bahasa nasional mereka sendiri. Hal ini dapat melunturkan rasa nasionalisme penduduk Indonesia. Jika kita mengetahui sejarah, para pahlawan kita berusaha untuk mempertahankan bahasa Indonesia. Namun, sekarang orang Indonesia malu berbahasa Indonesia. Mereka mengatakan bahwa bahasa Indonesia tidak modern. Jadi, saya tetap tidak setuju bahasa Inggris menjadi alat yang penting di era globalisasi.
Sumber:http://fitriaerna.blogspot.co.id/2011/01/contoh- debat-dalam-bahasa-inggris_16.html dengan perubahan
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut berdasrkan teks debat di atas!
1.      Mengapa teks tersebut tergolong teks debat?
2.      Siapakah pihak  yang  terlibat dalam debat tersebut?
3.      Apakah  kedua belah pihak mengemukakan alasan-alasan untuk mendukung pendapatnya masing-masing?
4.      Apakah yang di maksud dengan debat?
5.      Sebutkan unsur –unsur  debat berdasarkan teks debat tersebut!
6.      Jelaskan peran masing-masing unsur manusia dalam debat !
7.      Bagaimanakah tata cara berdebat yang benar?

Kunci Jawaban:

1.      Teks tersebut dimasukkan debat karena di adalamnya ada dua pihk yang saling menyampaikan pendapat dan memberikan arguen untuk mendukung pendapatnya tentang kedudukan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris di era globalisasi

2.      Orang yang setuju dan orang yang tidak bahasa Inggris merupakan alat komunikasi yang lebih penting dari pada bahasa Indonesia pada era globalisasi.

3.      Betul. edua belah pihak menyampaikan alasan –alasan untuk mendukung pendapatnya.
4.      Debat adalah proses saling bertukar pendapat untuk membahas suatu isu dengan masing-masing pihak yang berdebat memberi alasan, bila perlu ditambah dengan informasi, bukti, dan data untuk mempertahankan pendapat masing-masing.

5.      Teks debat terbangun atas Unsur-unsur:
(a)    mosi,
mosi adalah topik/masalah yang terdapat dalam teks debat
(b)   tim afirmasi,
tim afirmasi adalah tim yang setuju dengan mosi /permasalahan yang didebatkan
(c)    tim oposisi,
tim oposisi adalah tim yang tidak setuju dengan mosi/permasalahan yang didebatkan
(d)   tim netral,penonton/ juri yang dipanggil,
tim netral adalah tim yang tidak setuju dan tidak menentang mosi/permasalahan yang didebatkan.
Dalam sebuah debat,tim netral bersifat opsional(boleh ada boleh tidak).
(e)    moderator, dan
moderator adalah pemimpin debat
(f)    penulis.
Penulis adalah mencatat hal-hal penting selama proses debat.

6.      Peran manusia dalam debat:
a.       Moderator bertugas memimpin jalannya debat.
b.      Tim Afirmasi yaitu tim yang setuju dengan mosi (permasalahan yang didebatkan).
c.       Tim Oposisi yaitu tim yang tidak setuju dengan mosi (permasalahan yang didebatkan).
h.      Tim Netral yaitu tim yang tidak  setuju dan tidak menentang
i.         mosi (permasalahan yang didebatkan). Tim ini bisa jadi menerima dan menolak sebagian dari mosi.
j.        Penulis/ sekretaris yang berfungsi mencatat hasil debat


7.      Tata cara debat:
Debat mempunyai tata cara agar pertukaran pendapat antara pihak-pihak yang berbeda pendapat tersebut dapat berjalan lancar. Tata cara debat secara umum, bergantung pada berapa anggota tim, waktu yang disediakan, dan berapa putaran diskusi yang diediakan.
Kegiatan dalam debat secara garis besar dapat dibagi menjadi tiga bagian yaitu
(a) Pembuka oleh moderator. Dalam bagian pembuka ini moderator membuka debat, menjelskan mosi, memperkenalkan tim dan angggota tim debat, serta membacakan tata tertib debat;
Penyampaian pernyataan topik. Pada bagian ini juru bicara tiap tim menyampaikan pendapatnya terhadap mosi. Pernyataan topik ini dilakukan secara bergantian tanpa ada tanya jawab atau interupsi dari tim lain;
(c) Pelaksanaan debat. Pada bagian ini setiap tim diberi kesempatan memberikan komentar atau mendebat pendapat tim lain. Tim yang didebat harus mempertahankan pendapatnya dengan menyampaikan argumen yang mendukung;
(d) Simpulan. Pada bagian ini setiap tim menyampaikan simpulannya terkait mosi setelah mendengar pendapat dan menerima sanggahan dari tim lain;
(e) Penutup. Pada bagian ini moderator menutup kegiatan diskusi. Biasanya berisi ringkasan, bukan simpulan karena dalam debat seringkali tidak terjadi titik temu untuk menyepakati suatu permasalahan.

Skor  :

1.      Skor Maksimal : 100

2.      Skor Maksimal : 100

3.      Skor Maksimal : 100

4.      Skor Maksimal : 100

5.      Skor Maksimal : 100

6.      Skor Maksimal : 100

7.      Skor Maksimal : 100























Lampiran 3
Materi pembelajaran pertemuan 2
Pada dasarnya debat termasuk teks eksposisi karena di dalamnya terdapat pernyataan pendapat disertai argumen untuk mendukung pendapat. Debat dikenal sebagai eksposisi dua sisi yaitu sisi yang mendukung dan sisi yang menolak isu (mosi,permasalahan) yang didebatkan.
Tujuan debat adalah agar masing-masing pihak yang berdebat dapat membalikkan pendapat lawan untuk menyetujui pendapat lawan untuk menyetujui pendapat kelompoknya, dengan cara memberikan argument dan bukti-bukti yang relevan.
Dalam pembelajaran ini, siswa akan belajar untuk mengonstruksi bagian-bagian dalam debat yang meliputi (a) menemukan mosi atau masalah dalam debat; (b) menganalisis pendapat tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral dalam debat, dan (c) meringkas hasil debat.
a.       Mosi
Pernyataan topik (mosi) adalah isu atau permasalahan tertentu yang akan didebatkan oleh tiga pihak, yaitu tim pendukung (tim afirmasi) tim penyanggah (tim oposisi), dan tim netral. Pernyataan topik dapat bersifat positif dan negatif.

b.       Pendapat tim afirmasi, tim oposisi, dan tim netral

Tim afirmasi adalah tim yang mendukung atau setuju dengan mosi
Tim oposisi adalah tim yang tidak mendukung mosi
Tim netral adalah tim yang tidak mendukung dan tidak menolak mosi

c.        Menyimpulkan hasil debat

Simpulan merupakan pernyataan terakhir yang disampaikan setelah argumen diungkapkan. Simpulan yang baik harus mencerminkan pendapat sebelumnya dan menjadi penegasan ulang pada pendapat tim terhadap mosi





























Lampiran 4
Instrumen Penilaian Pertemuan 2

Jenis Penilaian: Tes tertulis
Bentuk: Uraian
Kisi-kisi:
IPK
Materi
Pembelajaran
Indikator Soal
Teknik
Penilaian
Bentuk
Instrumen
NomorSoal
4.12.1






4.12.2














4.12.3









Mosi






Analisis pendapat tim afirmasi, oposisi, dan netral











Simpulan debat


1.    Disediakan kutipan  teks debat kemudian siswa merumuskan mosi/topik debat tersebut

2.    Disediakan   teks debat kemudian siswa menganalisis pendapat tim afirmasi

3.    Disediakan   teks debat kemudian siswa menganalisis pendapat tim  oposisi
4.    Disediakan   teks debat kemudian siswa menganalisis pendapat tim netral
1.    Teks debat kemudian siswa menyimpulkan pendapat tim afirmasi



Tes tertulis






Tes tertulis















Tes tertulis




Uraian






Uraian















Uraian






1,2






3





4




5




6
Soal
1.        Tentukan mosi berdasarkan tema ujian nasional!
2.        Tentukan mosi berdasarkan tema membawa HP ke sekolah!
Bacalah teks debat berikut (pada buku teks halaman 257 kemudian jawablah pertanyaan berikut:
3.        Analisislah pendapat dari tim afirmasi!
4.        Analisislah pendapat dari tim oposisi!
5.        Analisislah pendapat tim netral!
6.        Tulislah simpulan berdasarkan teks debat di atas
Kunci Jawaban:
1.        Kebijaksanaan guru
2.        Kebijaksanaan guru
3.        Tim afirmasi percaya bahwa ponsel menimbulkan berbagai bahaya diantaranya adalah menyebabkan beberapa penyakit.
4.        Tim oposisi tidak setuju jika dikatakan bahwa ponsel berbahaya karena ponsel sangat bermanfaat bagi manusia
5.        Tim netral mengatakan bahwa penggunaan ponsel bisa berdampak positif dan negatif
6.        Kebijaksanaan guru
Skor
1.        Skor maksimal 100
2.        Skor maksimal 100
3.        Skor maksimal 100
4.        Skor maksimal 100
5.        Skor maksimal 100
6.        Skor maksimal 100



























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah                       :      SMA Ya BAKII 1 Kesugihan
Mata pelajaran            :      Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            :      X/ 2
Alokasi Waktu            :      2  Pertemuan

F.     Kompetensi Inti (KI)
KI. 1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI.2. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
         konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
         pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
         kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
         dan kejadian, serta menerapkan  pengetahuan pada bidang kajian yang
         spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
         masalah

KI3: Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

         KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
             terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
             mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan                                                     

B.Kompetensi Dasar dan Indikator

Kompetensi Dasar
Indikator
3.13. Menganalisis  isi debat (permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa  pihak, dan simpulan).

1.   Mengidentifikasi isi debat (permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa  pihak, dan simpulan)
2.   Melaksanaan debat (permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa  pihak, dan simpulan)
4.13. Mengembangkan  permasalahan/isu dari berbagai sudut pandang yang dilengkapi argumen dalam berdebat.
1.      Menentukan Isi debat (permasalahan/isu dari berbagai sudut pandang yang dilengkapi argumen dalam berdebat.
2.      Membandingkan isi debat (permasalahan/isu dari berbagai sudut pandang yang dilengkapi argumen dalam berdebat.

C.Materi Pembelajaran 
    Isi debat:
·         mosi/ topik permasalahan yang diperdebatkan;
·         pernyataan sikap (mendukung atau menolak);
·         argumenasi untuk mendukung sikap.
   Pihak-pihak pelaksana debat:
·         pihak yang mengajukan mosi/topik permasalahan yang diperdebat-kan;
·         tim afirmatif (yang setuju dengan mosi);
·         tim oposisi yang tidak setuju dengan mosi);
·         pemimpin/ wasit debat
D.Kegiatan Pembelajaran
1.Pertemuan Pertama:                                                                                                            (2x 45)
Kegiatan                    Deskripsi Kegiatan Pembelajaran                                                     Waktu
A. Pendahuluan
1.    mensyukuri anugerah Tu­handan saling mendoakan.
2.    Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya.
3.     Peserta didik menerima informasi dengan proaktif tentang keter­kaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.     Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang akan dipela­jari dan dikuasai khususnya tentang pembelajaran teks debat

15 mnt
B. Inti
5.     Peserta didik memperhatikan tayangan video contoh debat
6.     Peserta didik membaca teks debat
7.     Peserta didik membaca teori tentang cara berdebat
8.     Peserta didik mencermati teks debat yang telah dibacanya.
9.     Peserta didik mencermati isi pokok teks debat.
10.  Peserta didik mendiskusikan teks debat dengan teman sebangku.
11.  Peserta didik mendiskusikan isi pokok teks debat dengan teman sebangku.

60
mnt
C.Penutup
12.Peserta didik menyimpulkan isi pokok teks debat
13.  Siswa merenungkan aktivitas pembelajaran yang telah   dilaksanakan dengan mengisi lembar internalisasi sikap berkaitan dengan kemampuan
14.Siswa merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan
     penguasaan materi.
15.Siswa mengerjakan evaluasi.
16.Siswa saling memberikan umpan balik hasil evaluasi
     pembelajaran yang telah dicapai.
15
Mnt

2.Pertemuan Kedua                                                                              (2x 45)
Indikator   :  Menentukan Isi debat (permasalahan/isu dari berbagai sudut pandang yang
                       dilengkapi argumen dalam berdebat.
                       Membandingkan isi debat (permasalahan/isu dari berbagai sudut pandang yang
                       dilengkapi argumen dalam berdebat.


Kegiatan

Deskripsi Kegiatan Pembelajaran

Wkt
A. Pendahuluan
1.  Siswa menjawab sapaan guru, berdoa, dan mengondisikan diri   siap belajar.
2.  Guru dan siswa bertanya jawab berkaitan dengan identitas diri yang dibutuhkan sebagai warga negara yang baik.
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan penjelasan tentang manfaat menguasai materi pembelajaran.
4. Guru menyampaikan pokok-pokok/cakupan materi pem-belajaran.
15
B. Inti
1.    Siswa mengamati dan membaca teks debat dengan teliti dan bertanggung jawab.
2.    Siswa memperhatikan pembagian struktur teks debat yang terdiri atas tujuan dan langkah-langkah dengan teliti dan bertanggung jawab.
3.    Siswa berdiskusi menganalisis karaktristik teks debat dengan saling menghargai pendapat teman dan bahasa yang santun.
4.    Siswa secara individual mengamati dan mengidentifikasi  kembali struktur teks debat yang telah dipelajarinya dan membandingkannya dengan teks debat sederhana dengan bahasa yang benar dan ekspresi yang menarik.
7. Siswa menampilkan hasil kerja contoh teks debat  yang telah
    dianalisis di majalah dinding dengan jujur dan
     bertanggung jawab.
60
C.Penutup
1.     Siswa menyimpulkan materi pembelajaran yang telah dipelajari.
2.     Siswa merenungkan aktivitas pembelajaran yang telah dilaksanakan dengan mengisi lembar internalisasi sikap berkaitan dengan kemampuan bahasa Indonesia yang dapat dijadikan sebagai alat penyampai berbagai teks prosedur kompleks yang digunakan masyarakat.
3.     Siswa merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi.
4.     Siswa mengerjakan evaluasi.
5.     Siswa saling memberikan umpan balik hasil evaluasi pembelajaran yang telah dicapai.

15

C.Teknik penilaian
1.    Teknik       : Tertulis
2.    Bentuk       : Uraian
3.    Instrumen
Bacalah teks berikut dengan teliti kemudian identifikasi bagian teks yang menyatakan struktur teks debat!

D.Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1. Media/alat          :  Video rekaman debat
2. Bahan                 :   Teks Debat
3. Sumber Belajar : -  Buku Bahasa Indonesia Kelas X Terbitan Kementrian Pendidikan dan
                                      Kebdayan ahun 2015
                                         -Internet

                                                                                                        
              





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

STRUKTUR PENGURUS OSIS SMA YA BAKII KESUGIHAN CILACAP

  SUSUNAN KEPENGURUSAN OSIS SMA YA BAKII 1 KESUGIHAN PERIODE 2023-2024     A.     Kepala Sekolah                                 ...