RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMA Ya BAKII 1 Kesugihan
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X / Gasal
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit ( 2 x Pertemuan)
A. Kompetensi Inti (KI)
KI 1 :
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya.
|
KI 2 :
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan proaktif, menunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam, serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KI 3 :
|
Memahami, menerapkan, menganalisis dan
mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
KI 4 :
|
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu menggunakan meatode
sesuai dengan kaidah keilmuan.
|
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.17 Menganalisis unsur pembangun puisi
|
3.17.1
Menentukan suasana puisi
3.17.2
Menemukan tema puisi
3.17.3
Menentukan makna puisi
3.17.4
Menganalisis diksi dalam puisi
3.17.5
Menjelaskan imaji dalam puisi
3.17.6
Mengidentifikasi kata konkret
3.17.7
Menjelaskan rima dalam puisi
|
4.17
Menulis puisi dengan memerhatikan
unsur pembangunnya.
|
4.17.1
Menentukan tema puisi
4.17.2
Memilih diksi
4.17.3
Mencipta
puisi
|
C. Materi Pembelajaran
1.
Puisi karya Sapardi Djoko
Damono , berjudul Aku Ingin
2. Unsur-unsur
pembangun puisi ( suasana, tema,, makna, diksi, imaji, kata konkret, dan rima)
3.
Teknik pembacaan dan pemusikalisasian
puisi
4. Pembacaan
dan pemusikalisasian puisi
D. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Tahap-Tahap
|
Langkah-Langkah Pembelajaran
|
Waktu
|
Pembukaan
Membangun
Konteks
|
1.
Peserta didik
merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhandan saling mendoakan.
2.
Peserta didik
merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya.
3.
Peserta didik
menerima informasi dengan proaktif tentang keterkaitan pembelajaran
sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.
Peserta didik
menerima informasi tentang hal-hal yang akan dipelajari dan dikuasai
khususnya tentang pembelajaran puisi.
|
5
menit
|
Inti
Pemodelan
Stimulation
(stimulasi/pemberian
rangsangan)
Problem
statement (pernyataan/
identifikasi masalah)
Data
collection (pengumpulan data)
Data processing /pengolahan data
Verification (pembuktian), Generalization
|
1. Peserta
didik memcermati informasi sekitar puisi.
1.
2. Peserta didik mendengarkan penjelasan
2.
tentang unsur-unsur
3.
pembangun puisi.
4.
3. Peserta
didik mengidentifikasi unsur suasana puisi
4. Peserta
didik mengidentifikasi unsur tema puisi
5. Peserta
didik mengidentifikasi unsur makna puisi
6. Peserta
didik mengidentifikasi unsur diksi
puisi
7. Peserta
didik mengidentifikasi unsur kata
konkret puisi
8.
Peserta didik
mengidentifikasi unsur rima puisi
9.
Peserta
didik mengidentifikasi teknik menulis puisi
10. Peserta
didik mendiskusikan unsur suasana puisi dengan sebangku
11.
Peserta didik
mendiskusikan unsur tema puisi dengan teman sebangku
12.
Peserta didik
mendiskusikan unsur makna puisi
dengan teman sebangku
13.
Peserta didik
mendiskusikan unsur diksi puisi
dengan sebangku
14.
Peserta didik
mendiskusikan unsur kata konkret puisi dengan teman sebangku
15.
Peserta didik
mendiskusikan unsur rima puisi
dengan teman sebangku
16.
Peserta
didik mendiskusikan teknik menulis
puisi
17. Peserta
didik menyimpulkan unsur suasana puisi dengan sebangku
18.
Peserta didik
menyimpulkan unsur tema puisi dengan teman sebangku
19.
Peserta didik
menyimpulkan unsur makna puisi
dengan teman sebangku
20.
Peserta didik
menyimpulkan unsur diksi puisi
dengan sebangku
21.
Peserta didik
menyimpulkan unsur tema puisi dengan teman sebangku
22.
Peserta didik
menyimpulkan unsur kata konkret
puisi dengan teman sebangku
23.
Peserta didik
menyimpulkan unsur rima puisi dengan teman sebangku
24. Peserta
didik menanggapi pendapat dari
kelompok lain tentang unsur-unsur pembangun puisi.
25.
Peserta
didik menanggapi pendapat dari
kelompok lain tentang teknik menulis
puisi.
26. Peserta
didik menyimpulkan hasil dari pendapat
kelompok menjadi kesimpulan kelas
tentang unsur-unsur pembangun puisi.
27. Peserta
didik menyimpulkan hasil dari pendapat
kelompok menjadi kesimpulan kelas
tentang teknik menulis puisi
|
10
menit
15
menit
15
menit
15
menit
15
menit
|
Penutup
|
1.
Peserta
didik dengan guru menyimpulkan hasil
diskusi kelas tentang
unsur-unsur pembangun puisi.
2.
Peserta didik
dengan guru menyimpulkan hasil
diskusi kelas tentang teknik menulis
puisi
3.
Peserta didik
mengerjakan soal tes tertulis
|
15 menit
|
Pertemuan
kedua
Tahap-Tahap
|
Langkah-Langkah Pembelajaran
|
Waktu
|
Pembukaan
Membangun
Konteks
|
1.
Peserta didik
merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhandan saling mendoakan.
2.
Peserta didik
merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya.
3.
Peserta didik
menerima informasi dengan proaktif tentang keterkaitan pembelajaran
sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.
Peserta didik
menerima informasi tentang hal-hal yang akan dipelajari dan dikuasai
khususnya tentang pembelajaran puisi.
|
10
menit
|
Inti
Pemodelan
Stimulation
(stimulasi/pemberian
rangsangan)
Problem statement (pernyataan/
identifikasi masalah)
Data collection (pengumpulan data)
Data processing /pengolahan data
Verification (pembuktian), Generalization
|
1. Peserta
didik memcermati tayangan video pembacaan
puisi.
2.
Peserta didik mendengarkan penjelasan
5.
tentang unsur-unsur
6.
pembangun puisi.
7.
3.Peserta didik mengidentifikasi langkah-langkah
menulis puisi
4. Peserta didik mengidentifikasi macam
pengembangan tentang tema puisi keindahan alam
5.
Pesertadidik mengumpulkan/mencari
diksi yang tepat terkait tema keindahan alam
6.
Peserta didik
mengidentifiksi potensi rima yang dapat digunakan.
7.
Peserta didik
menulis/merangkai kata/diksi menjadi larik-larik puisi
8.
Peserta
didik mencermati ketepatan diksi
yang digunakan untuk mendukung tema
dan suasana puisi.
9.
Peserta
didik mencermati rima yang digunakan
untuk mendukung keindahan puisi.
|
10
menit
15
menit
25
menit
10
menit
10
menit
|
Penutup
|
1.
Peserta
didik bertepuk tangan mengikuti
anjuran guru untuk memberikan penghargaan pada yang mengumpulkan hasil
cipta puisi lebih cepat.
2. Peserta
didik dengan guru melakukan doa atas
terselesaikannya kerja menulis puisi
|
10
menit
|
|
E.
Teknik penilaian
No.
|
Aspek Penilaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
1
2
|
Pengetahuan
Keterampilan
|
Tes tertulis
Tes praktik
|
Tes uraian menganalisis
unsur-unsur pembangun puisi (Soal, terlampir)
Instrumen
Penilaian berupa skala penilaian yang dilengkapi rubrik
(rubrik
dan skala, terlampir)
|
F.
Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1. Media/alat : Power point,
LCD, Komputer
2. Bahan :
Contoh puisi
3. Sumber Belajar : Buku Bahasa Indonesia, Kelas X, Anonim,
Kemdikbud, tahun
terbit
2015
Mengetahui
Kepala SMA Ya BAKII 1 Kesugihan
Moh.Khasbulloh
Maulana
NIP
-
|
|
Kroya, 1 Juni
2016
Guru Pengampu
SUKRINIAM
NIP -
|
Lampiran-Lampiran :
1.
Materi Pembelajaran Pertemuan 1
2.
Instrumen Penilaian
Pertemuan 1
3.
Materi Pembelajaran Pertemuan 2
4.
Instrumen Penilaian Pertemuan 2
|
Lampiran 1 : Materi Pembelajaran Pertemuan 1
Lampiran 1 : Materi Pembelajaran
Pertemuan I
1.
Definisi Puisi :
a.
suatu ungkapan jiwa yang dikemas dalam
bentuk bahasa yang plastis.
b.
ungkapan/ekspresi jiwa yang dikemas dalam
bentuk dan bahasa yang puitis
(menggunakan bahasa yang padat, kias,penuh
makna, multitafsir)
2.
Unsur-unsur pembangun puisi yaitu :
a.
Tema : hal pokok yang dibicarakan dalam puisi
Tema adalah ide dasar yang
mendasari sebuah tulisan, termasuk puisi.
Tema puisi menjadi inti dari
makna atau pesan yang ingin disampaikan
penyair dalam puisinya
Tema puisi akan sangat menentukan
penyair dalam memiih kata-kata yang
digunakan dalam puisinya .
b.
Suasana : perasaan yang ditimbulkan setelah seseorang
membaca/mendengarkan puisi
Setelah membaca puisi,
seringkali perasaan kita jadi terpengaruh oleh isinya. Kadang kita menjadi
sedih, marah, atau bersemangat. Puisi yang baik senantiasa mampu meninggalkan
kesan mendalam bagi perasaanmu. Misalnya, sebuah puisi cinta yang membuat
hatimu menjadi berbunga-bunga atau puisi kritik sosial yang membuat perasaan
kemanusiaanmu tersentuh.
Itulah yang
disebut sebagai suasana, yaitu keadaan jiwa pembaca setelah membaca puisi itu.
Dengan kata lain, suasana merupakan akibat psikologis yang ditimbulkan puisi
itu terhadap pembaca. Suasana ialah keadaan jiwa pembaca setelah membaca puisi
itu. Contoh analisis suasana dalam puisi tersebut.
c.
Diksi : kecermatan
pilihan kata yang mendukung penyampaian tema, suasana, dan
pesan puisi
Dalam menulis puisi, penyair harus dengan cermat
memilih kata-kata agar dapat mewakili makna yang hendak disampaikan serta dapat
menimbulkan efek estetis (keindahan) yang diinginkan. Kata-kata yang dipilih
penyair dipilih berdasarkan pertimbangan dari aspek makna, efek pengucapannya,
serta dapat mewakili pikiran dan suasana hati penyair.
d. Imaji
:Penggunaan kiasan,perlambang sehingga menimbulkan kesan/imaji tertentu.
Larik binatang
jalang dari kumpulannya terbuang dapat diartikan orang yang selalu bersikap
memberontak dan berada di luar organisasi formal. Penyair memilih kata
‘binatang jalang’ untuk menggambarkan bahwa ‘aku lirik’ adalah orang yang tidak
bisa mengikuti aturan atau norma sosial yang berlaku. Dan dalam kehidupan nyata
orang-orang seprti ini menjadi orang terbuang, tidak diakui keberadaannya. Oleh
karena itu, Chairil memilih kata ‘terbuang.’
Dalam puisi
tersebut kata ‘kandang’ menjadi simbol rumah. Penyair memilih kata ‘kandang’
karena kandang merupakan simbol tempat tinggal bagi binatang piaraannya, dan di
dalamnya tersedia kebutuhan pangan yang cukup bagi binatang piaraan tersebut.
Sama seperti rumah orang tua yang menjadi tempat berlindung bagi anak-anak. Di
dalam rumah tersebut anak-anak mendapatkan kasih sayang dan semua yang ia
butuhkan.
Lampiran 2 :
Instrumen Penilaian Pertemuan I
Lampiran 3 :
Materi Pembelajaran Pertemuan II
a. Langkah-Langkah
Menulis Puisi
1) Menentukan
Tema
2) Memilih
diksi
3) Menulis
Puisi
4) Mengecek
puisi yang ditulis
5) Merevisi
hal-hal yang perlu disempurnakan
6) Memberi
judul
Instrumen 4 :
Instrumen Penilaian Pertemuan II
Lampiran 2 : Instrumen Soal Pertemuan I
Cermati puisi berikut !
(puisi menyusul)
Tes
Pertemuan Pertama
1.
Jelaskan suasana puisi tersebut !
2.
Sebutkan hal-hal yang perlu
diperhatikan dalam penulisan puisi !
Lampiran 3 : Materi Pembelajaran
Pertemuan II
Lampiran 4 : Instrumen Soal
Pertemuan II
Tes Pertemuan Kedua
1.
Tulislah puisi bertema keindahan
alam dengan memperhatikan unsur-unsur
puisi !
Tidak ada komentar:
Posting Komentar