Selasa, 18 Juli 2017

8a.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah                               :               SMA Ya BAKII 1 Kesugihan
Mata pelajaran                 :               Bahasa Indonesia
Kelas/Semester               :               X / Gasal
Alokasi Waktu                 :               4  x  45 menit ( 2 x Pertemuan)

A.     Kompetensi Inti (KI)
KI 1 :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 :
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam, serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 :
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 :
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu menggunakan meatode sesuai dengan kaidah keilmuan.


B.     Kompetensi Dasar dan Indikator

Kompetensi Dasar
Indikator
3.17   Menganalisis  unsur pembangun puisi

3.17.1                  Menentukan suasana puisi
3.17.2                  Menemukan tema puisi
3.17.3                  Menentukan makna puisi
3.17.4                  Menganalisis diksi dalam puisi
3.17.5                  Menjelaskan imaji dalam puisi
3.17.6                  Mengidentifikasi kata konkret
3.17.7                  Menjelaskan rima dalam puisi
4.17  Menulis puisi dengan memerhatikan unsur pembangunnya.
4.17.1              Menentukan tema puisi
4.17.2              Memilih diksi
4.17.3              Mencipta puisi

C.      Materi Pembelajaran
1.      Puisi karya Sapardi Djoko Damono , berjudul  Aku Ingin
2.      Unsur-unsur pembangun puisi ( suasana, tema,, makna, diksi, imaji, kata konkret, dan rima)
3.      Teknik pembacaan dan pemusikalisasian puisi
4.      Pembacaan dan pemusikalisasian puisi



D.      Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Tahap-Tahap
Langkah-Langkah Pembelajaran
Waktu
Pembukaan
Membangun Konteks
1.    Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tu­handan saling mendoakan.
2.    Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya.
3.    Peserta didik menerima informasi dengan proaktif tentang keter­kaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.    Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang akan dipela­jari dan dikuasai khususnya tentang pembelajaran puisi.
5 menit
Inti
Pemodelan
 Stimulation
(stimulasi/pemberian     
  rangsangan)

Problem  statement (pernyataan/ identifikasi masalah)






Data  collection (pengumpulan data)







Data  processing /pengolahan data







Verification (pembuktian), Generalization





1.     Peserta didik memcermati informasi sekitar puisi.
1.     2. Peserta didik mendengarkan penjelasan  
2.         tentang unsur-unsur      
3.           pembangun puisi.
4.    
3.     Peserta didik mengidentifikasi unsur suasana puisi
4.     Peserta didik mengidentifikasi unsur tema puisi
5.     Peserta didik mengidentifikasi unsur makna puisi
6.     Peserta didik mengidentifikasi unsur  diksi puisi
7.     Peserta didik mengidentifikasi unsur  kata konkret puisi
8.  Peserta didik mengidentifikasi unsur  rima puisi
9.    Peserta didik mengidentifikasi teknik menulis puisi

10.       Peserta didik mendiskusikan unsur suasana puisi dengan sebangku
11.         Peserta didik mendiskusikan unsur tema puisi dengan teman sebangku
12.         Peserta didik mendiskusikan unsur makna puisi  dengan teman sebangku
13.         Peserta didik mendiskusikan unsur  diksi puisi dengan sebangku
14.         Peserta didik mendiskusikan unsur kata konkret puisi dengan teman sebangku
15.      Peserta didik mendiskusikan unsur rima puisi  dengan teman sebangku
16.      Peserta didik mendiskusikan teknik  menulis puisi
17.       Peserta didik menyimpulkan unsur suasana puisi dengan sebangku
18.         Peserta didik menyimpulkan unsur tema puisi dengan teman sebangku
19.         Peserta didik menyimpulkan unsur makna puisi  dengan teman sebangku
20.         Peserta didik menyimpulkan unsur  diksi puisi dengan sebangku
21.         Peserta didik menyimpulkan unsur tema puisi dengan teman sebangku
22.         Peserta didik menyimpulkan unsur  kata konkret puisi  dengan teman sebangku
23.         Peserta didik menyimpulkan unsur  rima puisi  dengan teman sebangku
24.       Peserta didik  menanggapi pendapat dari kelompok lain tentang unsur-unsur pembangun puisi.
25.         Peserta didik  menanggapi pendapat dari kelompok lain tentang  teknik menulis puisi.
26.       Peserta didik  menyimpulkan hasil dari  pendapat  kelompok menjadi kesimpulan kelas  tentang unsur-unsur pembangun puisi.
27.    Peserta didik  menyimpulkan hasil dari  pendapat  kelompok menjadi kesimpulan kelas  tentang teknik menulis puisi


10 menit



15 menit








15 menit








15 menit









15 menit
Penutup



1.     Peserta didik  dengan guru menyimpulkan  hasil  diskusi kelas  tentang unsur-unsur pembangun puisi.
2.     Peserta didik dengan guru  menyimpulkan hasil diskusi kelas  tentang teknik menulis puisi
3.     Peserta didik mengerjakan soal tes tertulis

15 menit

Pertemuan kedua
Tahap-Tahap
Langkah-Langkah Pembelajaran
Waktu
Pembukaan
Membangun Konteks
1.    Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tu­handan saling mendoakan.
2.    Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya.
3.    Peserta didik menerima informasi dengan proaktif tentang keter­kaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.    Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang akan dipela­jari dan dikuasai khususnya tentang pembelajaran puisi.
10 menit
Inti
Pemodelan
 Stimulation
(stimulasi/pemberian    
  rangsangan)

Problem  statement (pernyataan/ identifikasi masalah)

Data  collection (pengumpulan data)


Data  processing /pengolahan data

Verification (pembuktian), Generalization



1.     Peserta didik memcermati tayangan video pembacaan  puisi.
2. Peserta didik mendengarkan penjelasan  
5.                 tentang unsur-unsur      
6.           pembangun puisi.
7.    
3.Peserta didik mengidentifikasi langkah-langkah menulis puisi
4. Peserta didik mengidentifikasi macam pengembangan tentang tema puisi keindahan alam

5.          Pesertadidik mengumpulkan/mencari diksi yang tepat terkait tema keindahan alam
6.            Peserta didik mengidentifiksi potensi rima yang dapat digunakan.

7.          Peserta didik menulis/merangkai kata/diksi menjadi larik-larik puisi

8.          Peserta didik  mencermati ketepatan diksi yang digunakan untuk mendukung  tema dan suasana puisi.
9.          Peserta didik  mencermati rima yang digunakan untuk mendukung keindahan puisi.


10 menit



15 menit



25 menit



10 menit

10 menit
Penutup



1.     Peserta didik  bertepuk tangan mengikuti anjuran guru untuk memberikan penghargaan pada yang mengumpulkan hasil cipta puisi lebih cepat.
2.    Peserta didik dengan guru  melakukan doa atas terselesaikannya kerja menulis puisi
10 menit

                                                                  





E.      Teknik penilaian

No.
Aspek Penilaian
Jenis Penilaian
Bentuk Instrumen
1

2
Pengetahuan

Keterampilan
Tes tertulis

Tes praktik
Tes uraian menganalisis unsur-unsur pembangun puisi (Soal, terlampir)
Instrumen Penilaian berupa skala penilaian yang dilengkapi rubrik
(rubrik dan skala, terlampir)


                  
F.      Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1. Media/alat           :   Power point,  LCD,  Komputer
2. Bahan                  :  Contoh  puisi
3. Sumber Belajar :   Buku Bahasa Indonesia, Kelas X,  Anonim,  Kemdikbud, tahun  
                                      terbit 2015




Mengetahui
Kepala SMA Ya BAKII 1 Kesugihan




Moh.Khasbulloh Maulana                              
NIP -

Kroya, 1 Juni  2016
Guru Pengampu




SUKRINIAM
NIP -



















Lampiran-Lampiran :
1.       Materi Pembelajaran Pertemuan 1
2.       Instrumen  Penilaian Pertemuan 1
3.       Materi Pembelajaran Pertemuan 2
4.       Instrumen Penilaian Pertemuan  2




Lampiran 1 :  Materi Pembelajaran Pertemuan 1

Lampiran 1 : Materi Pembelajaran Pertemuan I
1.      Definisi Puisi  :
a.  suatu ungkapan jiwa yang dikemas dalam bentuk bahasa yang plastis.
b. ungkapan/ekspresi jiwa yang dikemas dalam  bentuk dan bahasa  yang puitis  
    (menggunakan bahasa yang padat, kias,penuh makna,  multitafsir)

2.      Unsur-unsur pembangun puisi yaitu :
a.       Tema : hal pokok yang dibicarakan dalam puisi
              Tema adalah ide dasar yang mendasari sebuah tulisan, termasuk puisi.
              Tema puisi menjadi inti dari makna atau pesan yang ingin disampaikan    
               penyair  dalam puisinya
              Tema puisi akan sangat menentukan penyair dalam memiih kata-kata yang  
              digunakan dalam puisinya .
b.      Suasana : perasaan yang ditimbulkan setelah seseorang membaca/mendengarkan puisi
Setelah membaca puisi, seringkali perasaan kita jadi terpengaruh oleh isinya. Kadang kita menjadi sedih, marah, atau bersemangat. Puisi yang baik senantiasa mampu meninggalkan kesan mendalam bagi perasaanmu. Misalnya, sebuah puisi cinta yang membuat hatimu menjadi berbunga-bunga atau puisi kritik sosial yang membuat perasaan kemanusiaanmu tersentuh.
Itulah yang disebut sebagai suasana, yaitu keadaan jiwa pembaca setelah membaca puisi itu. Dengan kata lain, suasana merupakan akibat psikologis yang ditimbulkan puisi itu terhadap pembaca. Suasana ialah keadaan jiwa pembaca setelah membaca puisi itu. Contoh analisis suasana dalam puisi tersebut.

c.       Diksi :  kecermatan pilihan kata yang mendukung penyampaian tema, suasana, dan   
             pesan  puisi
Dalam menulis puisi, penyair harus dengan cermat memilih kata-kata agar dapat mewakili makna yang hendak disampaikan serta dapat menimbulkan efek estetis (keindahan) yang diinginkan. Kata-kata yang dipilih penyair dipilih berdasarkan pertimbangan dari aspek makna, efek pengucapannya, serta dapat mewakili pikiran dan suasana hati penyair.
d.      Imaji :Penggunaan kiasan,perlambang sehingga menimbulkan kesan/imaji tertentu.
Larik binatang jalang dari kumpulannya terbuang dapat diartikan orang yang selalu bersikap memberontak dan berada di luar organisasi formal. Penyair memilih kata ‘binatang jalang’ untuk menggambarkan bahwa ‘aku lirik’ adalah orang yang tidak bisa mengikuti aturan atau norma sosial yang berlaku. Dan dalam kehidupan nyata orang-orang seprti ini menjadi orang terbuang, tidak diakui keberadaannya. Oleh karena itu, Chairil memilih kata ‘terbuang.’
Dalam puisi tersebut kata ‘kandang’ menjadi simbol rumah. Penyair memilih kata ‘kandang’ karena kandang merupakan simbol tempat tinggal bagi binatang piaraannya, dan di dalamnya tersedia kebutuhan pangan yang cukup bagi binatang piaraan tersebut. Sama seperti rumah orang tua yang menjadi tempat berlindung bagi anak-anak. Di dalam rumah tersebut anak-anak mendapatkan kasih sayang dan semua yang ia butuhkan.


Lampiran 2 : Instrumen Penilaian Pertemuan I

Lampiran 3 : Materi Pembelajaran Pertemuan II
a.       Langkah-Langkah Menulis Puisi
1)      Menentukan Tema
2)      Memilih diksi
3)      Menulis Puisi
4)      Mengecek puisi yang ditulis
5)      Merevisi hal-hal yang perlu disempurnakan
6)      Memberi judul

Instrumen 4 : Instrumen Penilaian Pertemuan II

Lampiran 2 : Instrumen Soal Pertemuan I
Cermati  puisi berikut ! (puisi menyusul)
                   Tes Pertemuan Pertama
1.      Jelaskan   suasana puisi tersebut !
2.      Sebutkan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan puisi !

Lampiran 3 : Materi Pembelajaran Pertemuan II
Lampiran 4 : Instrumen Soal Pertemuan II

Tes Pertemuan Kedua

1.       Tulislah puisi bertema keindahan alam  dengan memperhatikan unsur-unsur puisi !


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

STRUKTUR PENGURUS OSIS SMA YA BAKII KESUGIHAN CILACAP

  SUSUNAN KEPENGURUSAN OSIS SMA YA BAKII 1 KESUGIHAN PERIODE 2023-2024     A.     Kepala Sekolah                                 ...