Selasa, 18 Juli 2017

2. PERANCANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



LEMBAR KERJA 2
ANALISIS PERANCANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                       : SMA Ya BAKII 1 Kesugihan
Mata pelajaran             : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : X/ Gasal
Alokasi Waktu            : 2 x Pertemuan


A.    Kompetensi Inti (KI)

KI 1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan  pengetahuan pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 3 Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
3.3  Menganalisis struktur, isi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi), kebahasaan  teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca

3.3.1        Mengidentifikasi struktur teks eksposisi

3.3.2        Mengindentifikasi karakteristik isi teks eksposisi

3.3.3   Mengindentifikasi kebahasaan teks eksposisi
4.3 Mengembangkan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi secara lisan dan / tulis.

4.3.2    Mengindentifikasi berbagai jenis teks eksposisi berdasarkan contoh
4.3.2        Mengindentifikasi topik-topik yang layak dikembangkan menjadi teks eksposisi
4.3.3        Mengumpulkan bahan sesuai topik yang dipilih
4.3.4        Menyusun kerangka teks eksposisi berdasarkan topik yang dipilih
4.3.5    Mengembangkan kerangka Teks eksposisi

C.    Materi Pembelajaran
Isi teks eksposisi:
·         pernyataan tesis;
·         argumen
·         pernyataan ulang; dan
·         kebahasaan
                 Komentar terhadap:
Kekurangan dan kelebihan dilihat dari isi (kejelasan tesis dan kekuatan argumenuntuk mendukung tesis).

D.    Metode Pembelajaran

 Metode            :    diskusi,  tanya jawab, penugasan
 Model               :   Discovery Learning

E.     Kegiatan Pembelajaran

Tahapan Pembelajaran
Deskripsi
Waktu
Pendahuluan

·      Peserta didik merespon salam tanda sukur pada anugerah Tu­han dan saling mendoakan.
·      Peserta didik merespon pertanyaan guru berkait dengan pembelajaran sebelumnya.
·      Peserta didik proaktif menerima informasi tentang keter­kaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·     Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang akan dipela­jari khususnya tentang jenis teks eksposisi, struktur, isi, dan kebahasaan.


Inti
Stimulation (stimulasi/pemberian rangsang)
·      Peserta didik menyaksikan tayangan video tentang contoh kegiatan wirausaha hasil laut dan wisata Alam
·      Peserta didik membaca teks eksposisi dengan topik Kebersihan Lingkungan
·     Peserta didik mendiskusikan konsep tentang struktur teks eksposisi dengan topik Kebersihan Lingkungan


Problem statement (pernyataan/ identifikasi masalah)
·      Peserta didik mencermati struktur teks eksposisi yang telah dibacanya.
·      Peserta didik mengidentifikasi ciri kebahasaan yang digunakan dalam teks eksposisi.
·     Peserta didik mencermati isi pokok teks eksposisi

Data collection (pengumpulan data)
·      Peserta didik mendiskusikan struktur teks eksposisi dari teks   eksposisi yang dibaca dengan teman satu meja.
·      Peserta didik mendiskusikan ciri kebahasaan yang digunakan dalam teks eksposisi dengan teman satu meja.
·      Peserta didik mendiskusikan isi pokok teks eksposisi dengan teman satu meja.


Data processing /pengolahan data
·      Peserta didik menyimpulkan struktur teks eksposisi yang dibaca.
·      Peserta didik menyimpulkan ciri kebahasaan teks eksposisi
·      Peserta didik menyimpulkan isi pokok teks eksposisi


Verification (pembuktian), Generalization
·      Peserta didik berdiskusi dengan teman sebangku atau berpasangan untuk menyusun teks eksposisi dengan pola penyajian yang berbeda.
·      Peserta didik mempresentasikan teks eksposisi yang telah disusun,


Penutup

·      Peserta didik melakukan konfirmasi dengan guru tentang struktur teks dan unsur kabahasaan teks eksposisi, serta pola penyajian teks eksposisi.
·      Peserta didik menerima penjelasan tugas mencari contoh teks eksposisi untuk berlatih menganalisis struktur dan kaidah kebahasaannya.



F.     Teknik Penilaian
1.      Penilaian Pengetahuan
1.1 Teknik Penilaian             : Tes Tertulis
1.2 Bentuk instrument          : Uraian
1.3  Kisi-kisi
1.4  Soal
1.5  Kunci Jawaban
1.6  Skor
2.      Penilaian Keterampilan
2.1
2.2

3.      Penilaian Sikap
3.1
3.2
2        Media/Alat, Bahan, dan Sumber Belajar
2.3.1.1 Media                                     : Video
2.3.1.2 Alat dan bahan                   : Teks Eksposisi
2.3.1.3 Sumber Belajar                   :
·         Buku Bahasa Indonesia SMA Kelas X
·         Internet

Mengetahui
Kroya, 17 Juli 2017
Kepala SMA Ya BAKII 1 Kesugihan






Moh.Khasbulloh Maulana,S.Pd.I
NIP -


Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia





Sukriniam
NIP -







Lampiran :

1.      Materi
1.1     Pengertian teks eksposisi adalah paragraf atau karangan yang terkandung sejumlah informasi dan pengetahuan yang disajikan secara singkat, padat, dan akurat. Paragraf eksposisi ini bersifat Ilmiah atau dapat dikatakan non fiksi.

1.2     Jenis-Jenis Teks Eksposisi
1.2.1        Eksposisi definisi
1.2.2        Eksposisi Proses
1.2.3        Eksposisi Klasifikasi
1.2.4        Eksposisi Ilustrasi
1.2.5        Ekskposisi Perbandingan
1.2.6        Eksposisi Laporan 
1.3     Ciri-Ciri Teks Eksposisi 
1.3.1        Menjelaskan informasi-informasi pengetahuan 
1.3.2        Gaya informasi yang mengajak 
1.3.3        Penyampaian secara lugas dan menggunakan bahasa yang baku 
1.3.4        Tidak memihak artinya tidak memaksakan kemauan penulis terhadap pembaca 
1.3.5        Fakta dibakai sebagai alat kontribusi dan alat kontritasi 
1.4     Struktur Teks Eksposisi
1.4.1        Tesis (Pembukaan)
1.4.2        Argumentasi (Isi)
1.4.3        Penegasan Ulang (Penegasan ulang)
1.5     Tujuan Teks Eksposisi
Tujuan teks eksposisi adalah untuk memaparkan atau menjelaskan infomasi-informasi tertentu sehingga pengetahuan para pembaca bertambah.

1.6 Contoh Teks Eksposisi
Mangga dan Agroklimat
Mangga adalah tanaman buah dengan tingkat ketergantungan yang tinggi pada agroklimat. Ada tanaman buah yang tidak begitu tergantung pada faktor agroklimat, misalnya nangka dan alpukat. Ada juga yang tingkat ketergantungannya pada agroklimat sangat tinggi, misalnya apel. Hampir tak ada tanaman yang dapat seratus persen bebas dari faktor agroklimat, kecuali tanaman itu dibudidayakan dalam green house yang tersolir dari udara luar dan lengkap dengan pengatur suhu dan kelembapan. Mangga memang tanaman buah tropis, tetapi dia justru tidak menyukai kelembapan dan curah hujan yang tinggi. Itulah sebabnya buah itu kemudian dibudidayakan di kawasan guru seperti Meksiko, Mesir, dan Israel, atau di kawasan subtropis seperti Australia dan Taiwan. Pokoknya, semakin kering dan panas suatu kawasan, tanaman mangga semakin menyukainya. Di Indonesia pun mangga hanya dapat tumbuh baik di dataran rendah dengan curah hujan sedikit seperti Indramayu, Pasuruan, dan Probolinggo 

Meskipun menyukai kawasan kering dengan udara panas, mangga tetap memerlukan banyak air. Unsur utama untuk membentuk buah memang air, udara (CO2) dan unsur hara. Dari tiga unsur tersebut, air diperlukan tanaman mangga dalam jumlah paling banyak. Oleh sebab itu, meskipun udara di Pasuruan dan Probolinggo cukup panas dan kering, air tanahnya cukup dangkal sehingga cocok untuk tanaman mangga. Di luar Jawa, kawasan yang agroklimatnya seperti itu antara lain di daerah lembah palu. 

Di dataran rendah yang kering, tanaman mangga dapat menerima sinar matahari selama 12 jam penuh sepanjang tahun. Sinar matahari berperan untuk pembentukan buah. Semakin intensif sinar matahari, semakin manis buah yang dihasilkan. Itulah sebabnya kawasan gurun dapat menghasilkan buah mangga yang cukup manis. Dengan sinar matahari penuh selama 12 jam, tanaman mangga dapat leluasa membentuk karbohidrat dan gula. 

Indonesia yang terletak di kawasan tropis memang mempunyai banyak variasi agroklimat. Ada kawasan yang ekstrem kering, ada juga yang ekstrem basah. Ada dataran tinggi yang dingin, ada pula dataran rendah yang panas. Kontur basah yang menggelombang dan berbukit-bukit juga menguntungkan karena memudahkan sistem pengairan dengan menggunakan sistem gravitasi-namun menggunakan mesin-mesin yang berat. Akan tetapi, secara keseluruhan, agroklimat di Indonesia sangat menguntungkan bagi pengembangan agrobisnis modern. 

Kondisi agroklimat yang menguntungkan itu kadang-kadang justru bisa berbalik menjadi ancaman. Selama ini kita selalu membanggakan tanah air kita yang subur dan makmur. Kita juga membanggakan jumlah koleks plasma nutfah mangga kita yang mencapai peringkat nomor dua di dunia setelah India. Akan tetapi, diam-diam Thailand, Mesir, Taiwan, dan Australia mengebunkannya. Di Australia tersedia lahan yang sangat luas, modal yang sangat besar, teknologi yang sangat canggih, dan agroklimat yang cocok untuk mangga.
1.6      
Isi teks eksposisi:
·         pernyataan tesis;
·         argumen
·         pernyataan ulang; dan
·         kebahasaan

                 Komentar terhadap:
Kekurangan dan kelebihan dilihat dari isi (kejelasan tesis dan kekuatan argumenuntuk mendukung tesis).


2.      Lembar Kerja Penilaian
3.      Kisi-kisi
No
Indikator
Butir Soal
1
Disediakan teks eksposisi, siswa dapat mengidentifikasi struktur teks eksposisi
Jelaskan bagian-bagian dari teks eksposisi!

2
Disediakan teks eksposisi siswa dapat mengindentifikasi karakteristik isi teks eksposisi
Sebutkan ciri-ciri isi dari teks eksposisi!


3
Disediakan teks eksposisi siswa dapat mengindentifikasi kebahasaan teks eksposisi

Jelaskan ciri khas kebahasaan dari teks eksposisi!

4
Disediakan teks eksposisi siswa dapat mengindentifikasi berbagai jenis teks eksposisi berdasarkan contoh.

Jelaskan ciri-ciri tiap jenis teks eksposisi!

5
Disediakan teks eksposisi siswa dapat mengindentifikasi topik-topik yang layak dikembangkan menjadi teks eksposisi.

Buatlah daftar  berisi topik  yang bisa dikembangkan menjadi teks eksposisi!

6
Disediakan teks eksposisi siswa dapat menyusun kerangka teks eksposisi berdasarkan topik yang dipilih

Susunlah kerangka teks eksposisi berdasarkan topik yang Anda pilih!

7
Disediakan teks eksposisi siswa dapat mengembangkan kerangka teks eksposisi


Kembangkan kerangka yang Anda susun menjadi teks eksposisi!


4.      Kunci Jawaban

1)      Teks eksposisi tentang Ekonomi

Ekonomi Indonesia
Tesis
Ekonomi Rakyat adalah “kegiatann ekonomi rakyat banyak”. Jika dikaitkan dengan kegiatann pertanian, maka yang dimaksudd dengan kegiatann ekonomi rakyat adalah kegiatann pertanian, maka yang dimaksud dengan kegiatan ekonomii rakyat adalah kegiatan ekonomi petanii atau petternak atau nelayan kecil, petani gurem, nelayan tanpa perahu, petani tanpa tanah dan sejenisnya; dan bukan peternak besar, MNC pertanian, perkebunan dan sejenisnya.
Argumentasi
Perspektif lain dari ekonomi rakyat dapat pula dilihat dengann menggunakan perspektif jargon:”ekonomi darii rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat”
“Dari rakyat”, berarti kegiatan ekonomi itu berkaitan dengan penguasaan rakyat dan aksesibilitas rakyat terhadap sumber daya ekonomii. Rakyat menguasai dan memilikii hak atas sumber dayaa untuk mendukung kegiatann produktif dan konsumtifnyaa.
“Oleh Rakyat”, berrarti proses produksi dan konsumsi dilakukan dan diputuskan oleh rakyat. Rakyat memiliki hak atas pengelolaan prosess produktif dan konsumtif tersebut. Berkaitan dengan sumberdayaa (produktif dan konsumtif), rakyat mempunyai alternatif untukk memilih dan menentuukan sistem pemanfaatann, seperti berapa banyak jumlahh yang harus dimanfaatkan, siapa yang memanfaatkan, bagaimana proses pemanfaatannya, bagaimana menjaga kelestariann bagi proses pemanfaatan berikutnyaa, dan sebagainya.
“Untuk rakyat”, berarti rakyat banyak merupakan ‘beneficiaries utama dari setiapp kegiatan produksii dan konsumsi. Rakyat menerima manfaatt, dan indikator kemanfaatan palingg utama adalah kepentingann rakyat.
Penegasan Ulang
Dalam hal ini butuh pula dikemukakan bahwaa ekonomi rakyat bisa berkaitan dengan siapa saja, dalam arti bahwa kegiatan transaksi bisa dilakukan juga dengan “non-ekonomi-rakyat”. Juga tak ada pembatasann mengenai besarann, jenis produk, permodalan, sifat usaha dan sebagainya. Ekonomi rakyatt tidak ekslusif tetapi inklusif dan terbbuka. Kendati demikian, sifat fundamental diatas telahh pula menciptakann suatu sistem ekonomii yang terdiri darii pelaku ekonomi, norma, kesepakatan dan mekanisme transaksi, yang umumnya telah memfasilitasi ekonomii rakyat untuk bisa bertahan hidup dan berkembang sejalann dengan perkembangan sosiall ekonomi masyarakatnnya.
2)       Ciri-ciri teks eksposisi
2.1  Menjelaskan informasi-informasi pengetahuan 
2.2  Gaya informasi yang mengajak 
2.3  Penyampaian secara lugas dan menggunakan bahasa yang baku 
2.4  Tidak memihak artinya tidak memaksakan kemauan penulis terhadap pembaca 
2.5  Fakta dipakai sebagai alat kontribusi dan alat kontritasi 

3)        Ciri Kebahasaan  teks eksposisi:
3.1Bersifat nonfiksi/ilmiah: teks eksposisi memaparkan informasi atau pengetahuan sering kali dilengkapi dengan  pendapat para ahli, contoh, dan fakta-fakta.
3.2  Bersifat informatif/menjelaskan /memaparkan: teks eksposisi bertujuan memberikan informasi atau penjelasan  dengan cara mengembangkan gagasan dengan harapan pembaca benar-benar mengetahui informasi atau penjelasan  yang disampaikan itu.
3.3  Berdasarkan fakta: teks eksposisi menggunakan fakta-fakta untuk membuat rumusan dan kaidah yang dikemukakan  itu lebih konkret.
3.4  Tidak memengaruhi: teks eksposisi tidak berusaha untuk memengaruhi pendapat orang lain, tetapi berusaha  menerangkan dan menguraikan suatu pokok pikiran yang dapat memperluas pandangan atau pengetahuan seseorang  setelah membaca uraiannya.
3.5  Sering menggunakan kata pronomina (kita atau saya).
3.6  Menggunakan istilah.
3.7  Menggunakan bahasa baku.
3.8  Akhir teks berupa penegasan: bagian akhir dari teks eksposisi berupa penguatan kembali atau penegasan terhadap pendapat yang telah ditunjang oleh fakta-fakta.
4)        Topik-topik yang bisa dikembangkan menjadi teks eksposisi
·         Gempa di yogyakarta.
·         Terjadinya tsunami di aceh.
·         Mengapa belanda ingin menyerang indonesia.
5.      Skor Penilaian

a.    Penskoran
No.
Aspek Penilaian
1.
Isi
Struktur teks
Kosakata
Kalimat
Mekanik

30
20
20
20
10

LEMBAR KERJA 2
ANALISIS PERANCANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah                       : SMA Negeri 1 Kroya
Mata pelajaran                        : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : X/1
Alokasi Waktu            : 4 x 45 menit (1 kali pertemuan)

A.  Kompetensi Inti (KI)

KI 1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan  pengetahuan pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 3 Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

B.  Kompetensi Dasar  dan Indikator

Kompetensi Dasar
Indikator
1.4.   Menganalisis  struktur dan kebahasaan teks eksposisi
3.4.1 Mengoreksi teks eksposisi yang ditulis teman dari segi struktur, isi, dan bahasa
3.4.2  Menyusun kembali teks eksposisi berdasarkan  hasil koreksi dari teman
1.5.   Mengonstruksikan teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan

3.4.1Mengoreksi teks eksposisi yangditulis teman dari segi struktur, isi, dan bahasa
3.4.2  Menyusun kembali teks eksposisi
  berdasarkan  hasil koreksi dari teman
4.4.1 Mengidentifikasi contoh-contoh teks eksposisi yang benar berdasarkan jenisnya
4.4.2Mengidentifikasi contoh-contoh teks eksposisi yang benar berdasarkan strukturnya
4.4.3Mengidentifikasi contoh-contoh teks eksposisi yang benar dari segi isinya
4.4.4Mengidentifikasi contoh-contoh teks eksposisi yang benar berdasarkan bahasanya
4.4.5 Menyusun teks eksposisi dengan memperhatikan jenis, struktur, isi, dan bahasanya.

C.  Materi Pembelajaran 
·         Struktur teks eksposisi
·         Kebahasaan
·         Pola penalaran
D.  Metode Pembelajaran

·         Metode            :    diskusi,  tanya jawab, penugasan
·         Model               :   Discovery Learning

E.  Kegiatan Pembelajaran
TAHAPAN PEMBELAJARAN
DESKRIPSI
WAKTU
Pendahuluan



1.   Peserta didik merespon salamt anda syukur pada anugerah Tu­han dan saling mendoakan.
2.   Peserta didik merespon pertanyaan guru berkait dengan pembelajaran sebelumnya.
3.   Peserta didik proaktif menerima informasi tentang keter­kaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.  Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang akan dipela­jari khususnya tentang jenis teks eksposisi, struktur, isi, dan kebahasaan.
10’
Inti
1.          Peserta didik mencari contoh teks eksposisi bertema wirausaha di internet.
2.          Peserta didik menukarkan teks eksposisi yang diperoleh dengan teman satu meja.
3.        Peserta didik mendiskusikan konsep tentang struktur teks eksposisi.
4.          Peserta didik mencermati struktur teks eksposisi yang telah dibacanya.
5.          Peserta didik mengidentfikasi ciri kebahasaan yang digunakan dalam teks eksposisi.
6.          Peserta didik mencermati isi pokok teks eksposisi
7.          Peserta didik mendiskusikan teks eksposisi dengan teman satu meja.
8.          Peserta didik mendiskusikan ciri kebahasaan yang digunakan dalam teks eksposisi dengan teman satu meja.
9.          Peserta didik mendiskusikan isi pokok teks eksposisi dengan teman satu meja.
10.       Peserta didik menyimpulkan struktur teks eksposisi yang dibaca.
11.       Peserta didik menyimpulkan ciri kebahasaan teks eksposisi
12.       Peserta didik menyimpulkan isi pokok teks eksposisi
13.       Peserta didik berdiskusi dengan teman satu meja berpasangan untuk menyusun teks eksposisi dengan pola penyajian yang berbeda.
14.       Peserta didik mempresentasikan teks eksposisi yang telah disusun,
15.       Kelompok lain memberikan koreksi terhadap teks eksposisi yang dipresentasikan teman
155’
Penutup
1.        Peserta didik melakukan konfirmasi dengan guru tentang struktur teks dan unsur kebahasaan teks eksposisi, serta pola penyajian teks eksposisi.
2.        Peserta didik menerima penjelasan tugas mencari contoh teks eksposisi untuk berlatih menganalisis struktur dan kaidah kebahasaannya.
15’

F.   Teknik penilaian
a.         Teknik penilaian     :  Testulis
b.        Bentuk instrument  :  Uraian
c.         Kisi-kisi, instrument, kriteria penilaian, dan rubrik penilaian terlampir

G. Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
a.              Media/alat          : teks eksposisi
b.             Bahan                 : wacana eksposisi
c.              Sumber Belajar : Buku Bahasa Indonesia SMA Kelas X diterbitkan Puskur,
                              Internet
Mengetahui
Kroya, 1 Juli 2016


Kepala SMAN 1 Kroya





Moh.Khasbulloh Maulana,S.Pd.I
NIP -


Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia





SUKRINIAM
NIP -



Lampiran-lampiran:

1.         Materi Pembelajaran
5.1     Struktur Teks Eksposisi
5.1.1        Tesis (Pembukaan)
5.1.2        Argumentasi (Isi)
5.1.3        Penegasan Ulang (Penegasan ulang)
 Struktur teks eksposisi:
·      pernyataan tesis (pendapat tentang suatu permasalahan);
·      argumen (data, fakta, dan pendapat untuk menguatkan tesis); dan
·      pernyataan ulang.
Kebahasaan:
·      kalimat nominal dan
·      kalimat verbal (aktif transitif dan aktif intransitif)
Pola penalaran:
·      deduksi dan
·      induksi

2.         Instrumen Penilaian
KISI-KISI   SOAL
NO
INDIKATOR
BUTIR SOAL

1.     Disediakan teks eksposisi siswa dapat mengoreksi teks eksposisi yang ditulis teman dari segi struktur, isi, dan bahasa
2.     Disediakan teks eksposisi siswa dapat menyusun kembali teks eksposisi berdasarkan hasil koreksi dari teman
3.     Disediakan teks eksposisi siswa dapat mengidentifikasi contoh-contoh teks eksposisi yang benar berdasarkan jenisnya
4.     Disediakan teks eksposisi siswa dapat mengidentifikasi contoh-contoh teks eksposisi yang benar berdasarkan strukturnya
5.     Disediakan teks eksposisi siswa dapat mengidentifikasi contoh-contoh teks eksposisi yang benar dari segi isinya
6.     Disediakan teks eksposisi siswa dapat mengidentifikasi contoh-contoh teks eksposisi yang benar berdasarkan bahasanya
7.     Disediakan teks eksposisi siswa dapat menyusun teks eksposisi dengan memerhatikan jenis, struktur, isi, dan bahasanya.
1.     Temukan kesalahan dalam teks yang di tulis teman dari segi struktur, isi, dan bahasa!

2.     Susunlah kembali teks eksposisi berdasarkan hasil koreksi dari teman!

3.     Kelompokkan teks eksposisi yang Anda anggap benar sesuai jenisnya!

4.     Kelompokkan teks eksposisi yang Anda anggap benar sesuai strukturnya!

5.     Kelompokkan teks eksposisi yang Anda anggap benar sesuai isinya!

6.     Kelompokkan teks eksposisi yang Anda anggap benar sesuai bahasanya!

7.     Buatlah teks eksposisi dengan memerhatikan jenis, struktur, isi, dan bahasanya.

Kunci  Jawaban
1.        Kesalahan yang ditemukan dalam teks dapat dilihat pada tabel berikut :

NO
NAMA SISWA
KESALAHAN YANG DITEMUKAN
PEMBETULAN
1



2.        \Sama dengan penilaian hasil menulis eksposisi
3.        Ditemukan eksposisi definisi sejumlah : …..proses: ….., klasifikasi:…… ilustrasi: ……..perbandingan:…….danlaporan:……
4.        Ditemukan teks eksposisi yang benar dari segi strukturnya, meliputi eksposisi definisi sejumlah : …..proses: ….., klasifikasi:…… ilustrasi: ……..perbandingan:……. Dan laporan:……
5.        Ditemukan teks eksposisi yang benar dari segi isinya, meliputi eksposisi definisi sejumlah : …..proses: ….., klasifikasi:…… ilustrasi: ……..perbandingan:……. Dan laporan:……
6.        Ditemukan teks eksposisi yang benar dari segi bahasanya, meliputi eksposisi definisi sejumlah : …..proses: ….., klasifikasi:…… ilustrasi: ……..perbandingan:……. Dan laporan:……
7.        Penilaian menggunakan rubrik berikut:
Rubrik Penilaian Menulis Eksposisi


No

Aspek Penilaian
Rentang Skor

Bobot
Skor Maksimal
1
2
3
4
1



2


3





4




5





Sistematika
a.    Pendahuluan
b.    Isi (Pembahasan)
c.    Penutup
Kejelasan Penalaran
a.    Pola deduktif
b.    Pola induktif
Pembuktian pendapat penulis
a.    Data otentik hasil penelitian
b.    Autoritas dari orang yang ahli dalam bidangnya
c.    Kesaksian orang yang pernah mengalami
Kepaduan (kohesi) dan keselarasan (koherensi)
a.     Pengulangan kata kunci
b.     Penggunaan kata penunjuk
c.     Tidak ada kalimat sumbang
Struktur kalimat efektif
a.    Kebakuan kosa kata/istilah
b.    Kejelasan subjek kalimat
c.    Ketepatan penggunaan kata penghubung
d.   Ketepatan ejaan (huruf besar dan tanda baca)





























































































1
2
2

3
3

2
1

1



2
2
2

1
1
1

1

4
8
8

12
12

8
4

4



8
8
8

4
4
4

4

Jumlah Skor Maksimal


100

Pedoman Penilaian Menulis Eksposisi

Nomor
Kategori
Rentang Nilai
1.
2.
3.
4.
5.
Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang
Sangat kurang
 90 – 100
77 – 89
64 – 76
51 – 63
 0  – 50
Penilain proses

Berupa penilaian terhadap keterampilan siswa menulis karangan eksposisi menggunakan lembar penilaian berikut :

NO

ASPEK PENILAIAN
SKOR
NOMOR PRESENSI SISWA
01
02
03
04
dst
1
2
3

4
5
Kerjasamadenganteman
Kegigihanmencarisumber
Keseriusanmengikuti proses pembelajaran
Semangatmenulisparagraf
Keseriusanmengoreksikaryateman
5-20
5-20
5-20

5-20
5-20






JUMLAH NILAI
100






Tes tulis diberikan menggunakan soal berikut:
Buatlah karangan eksposisi dalam berbagai jenis meliputi: eksposisi definisi, proses, klasifikasi, ilustrasi, perbandingan, dan laporan dengan memilih satu tema berikut: (satu siswa hanya memilih satu tema berdasarkan undian)
a.         Kenaikan Harga BBM
b.        Otonomi Daerah
c.         Isu pemanasan global (global warming)
d.        Pencemaran lingkungan
e.         TKI di Luar Negeri

Jurnal Penilaian Sikap
NO
HARI TANGGAL
NAMA PESERTA DIDIK
KEJADIAN
ASPEK YANG DINILAI
TINDAK LANJUT










Tidak ada komentar:

Posting Komentar

STRUKTUR PENGURUS OSIS SMA YA BAKII KESUGIHAN CILACAP

  SUSUNAN KEPENGURUSAN OSIS SMA YA BAKII 1 KESUGIHAN PERIODE 2023-2024     A.     Kepala Sekolah                                 ...