LEMBAR KERJA 2
ANALISIS PERANCANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA Ya BAKII 1 Kesugihan
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/ Gasal
Alokasi Waktu :
2 x Pertemuan
A. Kompetensi Inti (KI)
KI 1 Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 3 Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan
rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural
pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah.
KI 4 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.3 Menganalisis struktur, isi (permasalahan, argumentasi,
pengetahuan, dan rekomendasi), kebahasaan
teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca
|
3.3.1
Mengidentifikasi struktur
teks eksposisi
3.3.2
Mengindentifikasi
karakteristik isi teks eksposisi
3.3.3
Mengindentifikasi kebahasaan teks eksposisi
|
4.3 Mengembangkan
isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi
secara lisan dan / tulis.
|
4.3.2 Mengindentifikasi berbagai jenis teks eksposisi berdasarkan contoh
4.3.2
Mengindentifikasi
topik-topik yang layak dikembangkan menjadi teks eksposisi
4.3.3
Mengumpulkan bahan sesuai
topik yang dipilih
4.3.4
Menyusun kerangka teks
eksposisi berdasarkan topik yang dipilih
4.3.5 Mengembangkan kerangka Teks eksposisi
|
C.
Materi
Pembelajaran
Isi teks eksposisi:
·
pernyataan tesis;
·
argumen
·
pernyataan ulang; dan
·
kebahasaan
Komentar terhadap:
Kekurangan
dan kelebihan dilihat dari isi (kejelasan tesis dan kekuatan argumenuntuk
mendukung tesis).
D.
Metode Pembelajaran
Metode : diskusi, tanya jawab, penugasan
Model : Discovery
Learning
E.
Kegiatan Pembelajaran
Tahapan Pembelajaran
|
Deskripsi
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
||
|
· Peserta
didik merespon salam tanda sukur pada anugerah Tuhan dan saling mendoakan.
· Peserta
didik merespon pertanyaan guru berkait dengan pembelajaran sebelumnya.
· Peserta
didik proaktif menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran
sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·
Peserta didik menerima informasi
tentang hal-hal yang akan dipelajari khususnya tentang jenis teks eksposisi,
struktur, isi, dan kebahasaan.
|
|
Inti
|
||
Stimulation (stimulasi/pemberian
rangsang)
|
· Peserta
didik menyaksikan tayangan video tentang contoh kegiatan wirausaha hasil laut
dan wisata Alam
· Peserta
didik membaca teks eksposisi dengan topik Kebersihan
Lingkungan
·
Peserta didik mendiskusikan
konsep tentang struktur teks eksposisi dengan topik Kebersihan
Lingkungan
|
|
Problem
statement
(pernyataan/ identifikasi masalah)
|
· Peserta
didik mencermati struktur teks eksposisi yang telah dibacanya.
· Peserta
didik mengidentifikasi ciri kebahasaan yang digunakan dalam teks eksposisi.
·
Peserta didik mencermati isi
pokok teks eksposisi
|
|
Data
collection
(pengumpulan data)
|
· Peserta
didik mendiskusikan struktur teks eksposisi dari teks eksposisi yang dibaca dengan teman satu
meja.
· Peserta
didik mendiskusikan ciri kebahasaan yang digunakan dalam teks eksposisi
dengan teman satu meja.
· Peserta
didik mendiskusikan isi pokok teks eksposisi dengan teman satu meja.
|
|
Data
processing /pengolahan data
|
· Peserta
didik menyimpulkan struktur teks eksposisi yang dibaca.
· Peserta
didik menyimpulkan ciri kebahasaan teks eksposisi
· Peserta
didik menyimpulkan isi pokok teks eksposisi
|
|
Verification (pembuktian), Generalization |
·
Peserta didik
berdiskusi dengan teman sebangku atau berpasangan untuk menyusun teks
eksposisi dengan pola penyajian yang berbeda.
·
Peserta didik
mempresentasikan teks eksposisi yang telah disusun,
|
|
Penutup
|
||
|
·
Peserta didik melakukan konfirmasi dengan guru tentang struktur teks
dan unsur kabahasaan teks eksposisi, serta pola penyajian teks eksposisi.
·
Peserta didik menerima penjelasan tugas mencari contoh teks eksposisi
untuk berlatih menganalisis struktur dan kaidah kebahasaannya.
|
|
F.
Teknik
Penilaian
1.
Penilaian Pengetahuan
1.1 Teknik Penilaian
: Tes
Tertulis
1.2 Bentuk instrument : Uraian
1.3 Kisi-kisi
1.4 Soal
1.5 Kunci
Jawaban
1.6 Skor
2.
Penilaian Keterampilan
2.1
2.2
3.
Penilaian Sikap
3.1
3.2
2
Media/Alat,
Bahan, dan Sumber Belajar
2.3.1.1 Media : Video
2.3.1.2 Alat dan bahan
:
Teks Eksposisi
2.3.1.3 Sumber Belajar :
·
Buku Bahasa
Indonesia SMA Kelas X
·
Internet
Mengetahui
|
Kroya,
17 Juli 2017
|
Kepala
SMA Ya BAKII 1 Kesugihan
Moh.Khasbulloh Maulana,S.Pd.I
NIP -
|
Guru
Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Sukriniam
NIP
-
|
Lampiran :
1. Materi
1.1 Pengertian teks eksposisi adalah
paragraf atau karangan yang terkandung sejumlah informasi dan pengetahuan yang
disajikan secara singkat, padat, dan akurat. Paragraf eksposisi ini bersifat
Ilmiah atau dapat dikatakan non fiksi.
1.2
Jenis-Jenis Teks Eksposisi
1.2.1
Eksposisi definisi
1.2.2
Eksposisi Proses
1.2.3
Eksposisi Klasifikasi
1.2.4
Eksposisi Ilustrasi
1.2.5
Ekskposisi Perbandingan
1.2.6
Eksposisi Laporan
1.3
Ciri-Ciri Teks Eksposisi
1.3.1
Menjelaskan informasi-informasi pengetahuan
1.3.2
Gaya informasi yang mengajak
1.3.3
Penyampaian secara lugas dan menggunakan bahasa yang
baku
1.3.4
Tidak memihak artinya tidak memaksakan kemauan penulis
terhadap pembaca
1.3.5
Fakta dibakai sebagai alat kontribusi dan alat
kontritasi
1.4
Struktur Teks Eksposisi
1.4.1
Tesis (Pembukaan)
1.4.2
Argumentasi (Isi)
1.4.3
Penegasan Ulang (Penegasan ulang)
1.5
Tujuan Teks Eksposisi
Tujuan teks
eksposisi adalah untuk memaparkan atau menjelaskan infomasi-informasi tertentu
sehingga pengetahuan para pembaca bertambah.
1.6 Contoh Teks
Eksposisi
Mangga dan Agroklimat
Mangga
adalah tanaman buah dengan tingkat ketergantungan yang tinggi pada agroklimat.
Ada tanaman buah yang tidak begitu tergantung pada faktor agroklimat, misalnya
nangka dan alpukat. Ada juga yang tingkat ketergantungannya pada agroklimat
sangat tinggi, misalnya apel. Hampir tak ada tanaman yang dapat seratus persen
bebas dari faktor agroklimat, kecuali tanaman itu dibudidayakan dalam green
house yang tersolir dari udara luar dan lengkap dengan pengatur suhu dan
kelembapan. Mangga memang tanaman buah tropis, tetapi dia justru tidak menyukai
kelembapan dan curah hujan yang tinggi. Itulah sebabnya buah itu kemudian
dibudidayakan di kawasan guru seperti Meksiko, Mesir, dan Israel, atau di
kawasan subtropis seperti Australia dan Taiwan. Pokoknya, semakin kering dan
panas suatu kawasan, tanaman mangga semakin menyukainya. Di Indonesia pun
mangga hanya dapat tumbuh baik di dataran rendah dengan curah hujan sedikit
seperti Indramayu, Pasuruan, dan Probolinggo
Meskipun
menyukai kawasan kering dengan udara panas, mangga tetap memerlukan banyak air.
Unsur utama untuk membentuk buah memang air, udara (CO2) dan unsur hara. Dari
tiga unsur tersebut, air diperlukan tanaman mangga dalam jumlah paling banyak.
Oleh sebab itu, meskipun udara di Pasuruan dan Probolinggo cukup panas dan
kering, air tanahnya cukup dangkal sehingga cocok untuk tanaman mangga. Di luar
Jawa, kawasan yang agroklimatnya seperti itu antara lain di daerah lembah
palu.
Di dataran
rendah yang kering, tanaman mangga dapat menerima sinar matahari selama 12 jam
penuh sepanjang tahun. Sinar matahari berperan untuk pembentukan buah. Semakin
intensif sinar matahari, semakin manis buah yang dihasilkan. Itulah sebabnya
kawasan gurun dapat menghasilkan buah mangga yang cukup manis. Dengan sinar
matahari penuh selama 12 jam, tanaman mangga dapat leluasa membentuk
karbohidrat dan gula.
Indonesia
yang terletak di kawasan tropis memang mempunyai banyak variasi agroklimat. Ada
kawasan yang ekstrem kering, ada juga yang ekstrem basah. Ada dataran tinggi
yang dingin, ada pula dataran rendah yang panas. Kontur basah yang
menggelombang dan berbukit-bukit juga menguntungkan karena memudahkan sistem
pengairan dengan menggunakan sistem gravitasi-namun menggunakan mesin-mesin yang
berat. Akan tetapi, secara keseluruhan, agroklimat di Indonesia sangat
menguntungkan bagi pengembangan agrobisnis modern.
Kondisi
agroklimat yang menguntungkan itu kadang-kadang justru bisa berbalik menjadi
ancaman. Selama ini kita selalu membanggakan tanah air kita yang subur dan
makmur. Kita juga membanggakan jumlah koleks plasma nutfah mangga kita yang
mencapai peringkat nomor dua di dunia setelah India. Akan tetapi, diam-diam
Thailand, Mesir, Taiwan, dan Australia mengebunkannya. Di Australia tersedia
lahan yang sangat luas, modal yang sangat besar, teknologi yang sangat canggih,
dan agroklimat yang cocok untuk mangga.
1.6
Isi teks eksposisi:
·
pernyataan tesis;
·
argumen
·
pernyataan ulang; dan
·
kebahasaan
Komentar terhadap:
Kekurangan
dan kelebihan dilihat dari isi (kejelasan tesis dan kekuatan argumenuntuk
mendukung tesis).
2.
Lembar
Kerja Penilaian
3.
Kisi-kisi
No
|
Indikator
|
Butir Soal
|
1
|
Disediakan
teks eksposisi, siswa dapat mengidentifikasi struktur teks eksposisi
|
Jelaskan
bagian-bagian dari teks eksposisi!
|
2
|
Disediakan
teks eksposisi siswa dapat mengindentifikasi karakteristik isi teks eksposisi
|
Sebutkan
ciri-ciri isi dari teks eksposisi!
|
3
|
Disediakan
teks eksposisi siswa dapat mengindentifikasi kebahasaan teks eksposisi
|
Jelaskan
ciri khas kebahasaan dari teks eksposisi!
|
4
|
Disediakan
teks eksposisi siswa dapat mengindentifikasi berbagai jenis teks eksposisi
berdasarkan contoh.
|
Jelaskan
ciri-ciri tiap jenis teks eksposisi!
|
5
|
Disediakan
teks eksposisi siswa dapat mengindentifikasi topik-topik yang layak
dikembangkan menjadi teks eksposisi.
|
Buatlah
daftar berisi topik yang bisa dikembangkan menjadi teks
eksposisi!
|
6
|
Disediakan
teks eksposisi siswa dapat menyusun kerangka teks eksposisi berdasarkan topik
yang dipilih
|
Susunlah
kerangka teks eksposisi berdasarkan topik yang Anda pilih!
|
7
|
Disediakan
teks eksposisi siswa dapat mengembangkan kerangka teks eksposisi
|
Kembangkan
kerangka yang Anda susun menjadi teks eksposisi!
|
4.
Kunci
Jawaban
1) Teks eksposisi tentang Ekonomi
Ekonomi Indonesia
Tesis
Ekonomi Rakyat adalah “kegiatann ekonomi rakyat banyak”. Jika dikaitkan
dengan kegiatann pertanian, maka yang dimaksudd dengan kegiatann ekonomi rakyat
adalah kegiatann pertanian, maka yang dimaksud dengan kegiatan ekonomii rakyat
adalah kegiatan ekonomi petanii atau petternak atau nelayan kecil, petani
gurem, nelayan tanpa perahu, petani tanpa tanah dan sejenisnya; dan bukan
peternak besar, MNC pertanian, perkebunan dan sejenisnya.
Argumentasi
Perspektif lain dari ekonomi rakyat dapat pula dilihat dengann
menggunakan perspektif jargon:”ekonomi darii rakyat, oleh rakyat, dan untuk
rakyat”
“Dari rakyat”, berarti kegiatan ekonomi itu berkaitan dengan penguasaan
rakyat dan aksesibilitas rakyat terhadap sumber daya ekonomii. Rakyat menguasai
dan memilikii hak atas sumber dayaa untuk mendukung kegiatann produktif dan
konsumtifnyaa.
“Oleh Rakyat”, berrarti proses produksi dan konsumsi dilakukan dan
diputuskan oleh rakyat. Rakyat memiliki hak atas pengelolaan prosess produktif
dan konsumtif tersebut. Berkaitan dengan sumberdayaa (produktif dan konsumtif),
rakyat mempunyai alternatif untukk memilih dan menentuukan sistem pemanfaatann,
seperti berapa banyak jumlahh yang harus dimanfaatkan, siapa yang memanfaatkan,
bagaimana proses pemanfaatannya, bagaimana menjaga kelestariann bagi proses
pemanfaatan berikutnyaa, dan sebagainya.
“Untuk rakyat”, berarti rakyat banyak merupakan ‘beneficiaries utama
dari setiapp kegiatan produksii dan konsumsi. Rakyat menerima manfaatt, dan
indikator kemanfaatan palingg utama adalah kepentingann rakyat.
Penegasan Ulang
Dalam hal ini butuh pula dikemukakan bahwaa ekonomi rakyat bisa
berkaitan dengan siapa saja, dalam arti bahwa kegiatan transaksi bisa dilakukan
juga dengan “non-ekonomi-rakyat”. Juga tak ada pembatasann mengenai besarann,
jenis produk, permodalan, sifat usaha dan sebagainya. Ekonomi rakyatt tidak
ekslusif tetapi inklusif dan terbbuka. Kendati demikian, sifat fundamental
diatas telahh pula menciptakann suatu sistem ekonomii yang terdiri darii pelaku
ekonomi, norma, kesepakatan dan mekanisme transaksi, yang umumnya telah
memfasilitasi ekonomii rakyat untuk bisa bertahan hidup dan berkembang sejalann
dengan perkembangan sosiall ekonomi masyarakatnnya.
2)
Ciri-ciri
teks eksposisi
2.1 Menjelaskan
informasi-informasi pengetahuan
2.2 Gaya
informasi yang mengajak
2.3 Penyampaian
secara lugas dan menggunakan bahasa yang baku
2.4 Tidak
memihak artinya tidak memaksakan kemauan penulis terhadap pembaca
2.5 Fakta dipakai
sebagai alat kontribusi dan alat kontritasi
3)
Ciri Kebahasaan teks eksposisi:
3.1Bersifat nonfiksi/ilmiah: teks eksposisi memaparkan informasi atau pengetahuan sering kali dilengkapi dengan pendapat para ahli, contoh, dan fakta-fakta.
3.1Bersifat nonfiksi/ilmiah: teks eksposisi memaparkan informasi atau pengetahuan sering kali dilengkapi dengan pendapat para ahli, contoh, dan fakta-fakta.
3.2
Bersifat informatif/menjelaskan /memaparkan: teks eksposisi bertujuan memberikan informasi atau penjelasan
dengan cara mengembangkan gagasan dengan harapan pembaca benar-benar mengetahui informasi atau penjelasan
yang disampaikan itu.
3.3
Berdasarkan fakta: teks eksposisi menggunakan fakta-fakta untuk membuat rumusan dan kaidah yang dikemukakan
itu lebih konkret.
3.4
Tidak memengaruhi: teks eksposisi tidak berusaha untuk memengaruhi pendapat orang lain, tetapi berusaha
menerangkan dan menguraikan suatu pokok pikiran yang dapat memperluas pandangan atau pengetahuan seseorang
setelah membaca uraiannya.
3.5
Sering menggunakan kata pronomina (kita atau saya).
3.6
Menggunakan istilah.
3.7
Menggunakan bahasa baku.
3.8
Akhir teks berupa penegasan: bagian akhir dari teks eksposisi berupa penguatan kembali atau penegasan terhadap pendapat yang telah ditunjang oleh fakta-fakta.
4)
Topik-topik
yang bisa dikembangkan menjadi teks eksposisi
·
Gempa di
yogyakarta.
·
Terjadinya
tsunami di aceh.
·
Mengapa belanda ingin menyerang indonesia.
5.
Skor
Penilaian
a. Penskoran
No.
|
Aspek
Penilaian
|
||||
1.
|
Isi
|
Struktur
teks
|
Kosakata
|
Kalimat
|
Mekanik
|
|
30
|
20
|
20
|
20
|
10
|
LEMBAR KERJA 2
ANALISIS PERANCANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMA Negeri 1 Kroya
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/1
Alokasi Waktu :
4 x 45 menit (1 kali pertemuan)
A.
Kompetensi Inti (KI)
KI 1
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan
pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah.
KI 3 Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
C. Materi Pembelajaran
·
Struktur teks eksposisi
·
Kebahasaan
·
Pola penalaran
D.
Metode Pembelajaran
·
Metode : diskusi, tanya jawab, penugasan
·
Model : Discovery
Learning
E.
Kegiatan Pembelajaran
F.
Teknik penilaian
a.
Teknik penilaian : Testulis
b.
Bentuk instrument :
Uraian
c.
Kisi-kisi, instrument, kriteria
penilaian, dan rubrik penilaian terlampir
G.
Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
a.
Media/alat :
teks eksposisi
b.
Bahan : wacana eksposisi
c.
Sumber Belajar : Buku Bahasa Indonesia SMA Kelas X
diterbitkan Puskur,
Internet
Lampiran-lampiran:
1.
Materi Pembelajaran
5.1
Struktur Teks Eksposisi
5.1.1
Tesis (Pembukaan)
5.1.2
Argumentasi (Isi)
5.1.3
Penegasan Ulang (Penegasan ulang)
Struktur
teks eksposisi:
· pernyataan
tesis (pendapat tentang suatu permasalahan);
· argumen
(data, fakta, dan pendapat untuk menguatkan tesis); dan
· pernyataan
ulang.
Kebahasaan:
· kalimat
nominal dan
· kalimat
verbal (aktif transitif dan aktif intransitif)
Pola penalaran:
· deduksi
dan
· induksi
2.
Instrumen Penilaian
KISI-KISI
SOAL
|
Kunci Jawaban
1.
Kesalahan yang
ditemukan dalam teks dapat dilihat pada tabel berikut :
NO
|
NAMA SISWA
|
KESALAHAN YANG DITEMUKAN
|
PEMBETULAN
|
1
|
|
|
|
2.
\Sama dengan penilaian
hasil menulis eksposisi
3.
Ditemukan eksposisi definisi sejumlah : …..proses: ….., klasifikasi:……
ilustrasi: ……..perbandingan:…….danlaporan:……
4.
Ditemukan teks eksposisi yang benar dari segi strukturnya, meliputi
eksposisi definisi sejumlah : …..proses: ….., klasifikasi:…… ilustrasi:
……..perbandingan:……. Dan laporan:……
5.
Ditemukan teks eksposisi yang benar dari segi isinya, meliputi eksposisi
definisi sejumlah : …..proses: ….., klasifikasi:…… ilustrasi:
……..perbandingan:……. Dan laporan:……
6.
Ditemukan teks eksposisi yang benar dari segi bahasanya, meliputi eksposisi
definisi sejumlah : …..proses: ….., klasifikasi:…… ilustrasi:
……..perbandingan:……. Dan laporan:……
7.
Penilaian menggunakan
rubrik berikut:
Rubrik Penilaian Menulis Eksposisi
No
|
Aspek Penilaian
|
Rentang Skor
|
Bobot
|
Skor Maksimal
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
1
2
3
4
5
|
Sistematika
a.
Pendahuluan
b.
Isi (Pembahasan)
c.
Penutup
Kejelasan Penalaran
a.
Pola deduktif
b.
Pola induktif
Pembuktian pendapat penulis
a.
Data otentik hasil penelitian
b.
Autoritas dari orang yang ahli dalam
bidangnya
c.
Kesaksian orang yang pernah mengalami
Kepaduan (kohesi) dan keselarasan (koherensi)
a.
Pengulangan kata kunci
b.
Penggunaan kata penunjuk
c.
Tidak ada kalimat sumbang
Struktur kalimat efektif
a.
Kebakuan kosa kata/istilah
b.
Kejelasan subjek kalimat
c.
Ketepatan penggunaan kata penghubung
d.
Ketepatan ejaan (huruf besar dan tanda
baca)
|
|
|
|
|
1
2
2
3
3
2
1
1
2
2
2
1
1
1
1
|
4
8
8
12
12
8
4
4
8
8
8
4
4
4
4
|
Jumlah
Skor Maksimal
|
100
|
Pedoman
Penilaian Menulis Eksposisi
Nomor
|
Kategori
|
Rentang Nilai
|
1.
2.
3.
4.
5.
|
Sangat
Baik
Baik
Cukup
Kurang
Sangat
kurang
|
90 – 100
77 – 89
64 – 76
51 – 63
0 –
50
|
Penilain proses
Berupa
penilaian terhadap keterampilan siswa menulis karangan eksposisi menggunakan lembar penilaian berikut :
NO
|
ASPEK PENILAIAN
|
SKOR
|
NOMOR PRESENSI SISWA
|
||||
01
|
02
|
03
|
04
|
dst
|
|||
1
2
3
4
5
|
Kerjasamadenganteman
Kegigihanmencarisumber
Keseriusanmengikuti proses pembelajaran
Semangatmenulisparagraf
Keseriusanmengoreksikaryateman
|
5-20
5-20
5-20
5-20
5-20
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH NILAI
|
100
|
|
|
|
|
|
Tes tulis
diberikan menggunakan soal berikut:
Buatlah karangan eksposisi dalam berbagai jenis meliputi: eksposisi definisi, proses,
klasifikasi, ilustrasi, perbandingan, dan laporan dengan memilih satu tema berikut: (satu siswa hanya memilih satu tema
berdasarkan undian)
a.
Kenaikan Harga
BBM
b.
Otonomi Daerah
c.
Isu pemanasan global
(global warming)
d.
Pencemaran
lingkungan
e.
TKI di Luar
Negeri
Jurnal Penilaian Sikap
NO
|
HARI TANGGAL
|
NAMA PESERTA
DIDIK
|
KEJADIAN
|
ASPEK YANG
DINILAI
|
TINDAK LANJUT
|
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar