INOVASI
PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPETENSI
YUNI
ERNAWATI
NIM
1420104041
PENGERTIAN
INOVASI PEMBELAJARAN KOMPETENSI
Inovasi
adalah suatu ide, kejadian, barang, metode, yang dirasakan atau diamati sebagai
suatu hal yang baru bagi seseorang atau kelompok orang (masyarakat), baik itu
beruoa hasil, inventasi, maupun discoveri.
Kata pembelajaran adalah terjemahan
dari intrucsion yang banyak dipakai dalam dunia pendidikan diluar negeri, yang
menempatkan siswa sebagai sumber dari kegiatan. Dalam pembelajaran kompetensi,
siswa sebagai subjek belajar yang memegang peranan utama, sehinnga dalam
setting belajar mengajar siswa dituntut kreativitas secara penuh bahkan secara
individu mempelajari bahan pembelajaran. Dengan demikian peran guru disini
sebagai fasilitator berbagai sumber dan fasilitas untuk dipelajari siswa.
Terdapat karakteristik penting dari pembelajaran kompetensi, seperti proses
kegiatan belajar mengajar dalam KBK. Tidak hanya sekedar menyampaikan materi
saja, akan tetapi diselenggarakan untuk membentuk watak, peradaban, dan mutu
kehidupan peserta didik.
Dalam implementasinya, pembelajaran
tidak dimaksudkan menghilangkan peran guru sebagai pengajar, sebab secara
konseptual istilah mengajar juga bermakna membelajarkan siswa. Mengajar,
belajar, adalah dua istilah yang tidak dapat dipisahkan, mengajar
menitikberatkan perbuatan guru yang menyebabkan siswa belajar. Dengan demikian,
dalam istilah mengajar juga terkandung proses belajar siswa, itulah makna
pembelajaran.
Pembelajaran menunjukkan pada usaha
siswa mempelajari bahan pelajaran sebagai akibat perlakuan guru. Proses
pembelajaran yang dilakukan siswa tidak mungkin terjadi tanpa perlakuan guru.
Jadi pembelajaran yaitu suatu proses interaksi antara siswa dengan guru untuk
suatu tujuan tertentu dari beberapa pesan yang harus disampaikan kepada siswa.
Kompetensi dapat diartikan sebagai
kemampuan dasar yang dapat dilakukan oleh para siswa pada tahap pengetahuan,
keterampilan, dan bersikap. Kemampuan dasar ini akan dijadikan sebagai landasan
melakukan proses pembelajaran dan penilaian siswa. Kompetensi merupakan target,
sasaran, standar sebagaimana telah dijelaskan oleh Benyamin S.Bloom (1964) dan
Gagne (1979) dalam teori-teorinya, bahwa menyampaikan materi pelajaran kepada
siswa penekanannya adalah tercapai sasaran dan tujuan pembelajaran
(instruksional).
Jadi pembelajaran kompetensi
menunjukkan pada usaha siswa mempelajari bahan pelajaran sebagain akibat
perlakuan guru dalam mengelola pembelajaran yang menekankan pada kemampuan dasar
yang dilakukan oleh siswa pada tahap pengetahuan, keterampilan, dan sikap.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar