Sabtu, 02 November 2019

INOVASI PENDIDIKAN




INOVASI PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPETENSI
YUNI ERNAWATI
NIM 1420104041

PENGERTIAN INOVASI PEMBELAJARAN KOMPETENSI
            Inovasi adalah suatu ide, kejadian, barang, metode, yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau kelompok orang (masyarakat), baik itu beruoa hasil, inventasi, maupun discoveri.
            Kata pembelajaran adalah terjemahan dari intrucsion yang banyak dipakai dalam dunia pendidikan diluar negeri, yang menempatkan siswa sebagai sumber dari kegiatan. Dalam pembelajaran kompetensi, siswa sebagai subjek belajar yang memegang peranan utama, sehinnga dalam setting belajar mengajar siswa dituntut kreativitas secara penuh bahkan secara individu mempelajari bahan pembelajaran. Dengan demikian peran guru disini sebagai fasilitator berbagai sumber dan fasilitas untuk dipelajari siswa. Terdapat karakteristik penting dari pembelajaran kompetensi, seperti proses kegiatan belajar mengajar dalam KBK. Tidak hanya sekedar menyampaikan materi saja, akan tetapi diselenggarakan untuk membentuk watak, peradaban, dan mutu kehidupan peserta didik.
            Dalam implementasinya, pembelajaran tidak dimaksudkan menghilangkan peran guru sebagai pengajar, sebab secara konseptual istilah mengajar juga bermakna membelajarkan siswa. Mengajar, belajar, adalah dua istilah yang tidak dapat dipisahkan, mengajar menitikberatkan perbuatan guru yang menyebabkan siswa belajar. Dengan demikian, dalam istilah mengajar juga terkandung proses belajar siswa, itulah makna pembelajaran.
            Pembelajaran menunjukkan pada usaha siswa mempelajari bahan pelajaran sebagai akibat perlakuan guru. Proses pembelajaran yang dilakukan siswa tidak mungkin terjadi tanpa perlakuan guru. Jadi pembelajaran yaitu suatu proses interaksi antara siswa dengan guru untuk suatu tujuan tertentu dari beberapa pesan yang harus disampaikan kepada siswa.
            Kompetensi dapat diartikan sebagai kemampuan dasar yang dapat dilakukan oleh para siswa pada tahap pengetahuan, keterampilan, dan bersikap. Kemampuan dasar ini akan dijadikan sebagai landasan melakukan proses pembelajaran dan penilaian siswa. Kompetensi merupakan target, sasaran, standar sebagaimana telah dijelaskan oleh Benyamin S.Bloom (1964) dan Gagne (1979) dalam teori-teorinya, bahwa menyampaikan materi pelajaran kepada siswa penekanannya adalah tercapai sasaran dan tujuan pembelajaran (instruksional).
            Jadi pembelajaran kompetensi menunjukkan pada usaha siswa mempelajari bahan pelajaran sebagain akibat perlakuan guru dalam mengelola pembelajaran yang menekankan pada kemampuan dasar yang dilakukan oleh siswa pada tahap pengetahuan, keterampilan, dan sikap.
             

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

STRUKTUR PENGURUS OSIS SMA YA BAKII KESUGIHAN CILACAP

  SUSUNAN KEPENGURUSAN OSIS SMA YA BAKII 1 KESUGIHAN PERIODE 2023-2024     A.     Kepala Sekolah                                 ...