IMPLEMENTASI
METODE
PROSEDUR DAN
EVALUASI PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DENGAN METODE PARTISIPATORI
A. Perencanaan
Seorang guru memerlukan perencanaan yang konkret ketika akan melakukan
pengajaran baik di dalam kelas maupun di luar kelas (outdoor). Sebelum
mengajar, seorang guru tentu berpikir tentang apa yang akan dilakukan dalam
kegiatan pembelajaran nanti. Bahan pembelajaran dan strategi apa yang akan
dilakukan ketika mengajar.
Gurubahasa
Indonesia ditingkat SMP/MTs yang akan mengajarkan tentang puisi dengan setting
di luar kelas hendaknya melakukan perencanaan yang matang berkaitan dengan
pembelajaran yang akan disampaikan. Adapun perencanaan yang dapat dilakukan
oleh guru adalah:
a.1. Mengadakan survey terlebih dahulu terhadap
lingkungan yang akan digunakan sebagai objek pembelajaran.
Lingkungan
tersebut sebaiknya dekat dengan sekolah dan tidak membahayakan pembelajar. Guru menghindari
tempat-tempat yang memungkinkan siswa berada jauh dari jangkauan, misalnya di
pantai, di hutan, di sungai, dan lain-lain.
a.2. Menentukan
objek yang akan digunakan pembelajar untuk membuat puisi (misalnya: tema
kebersihan lingkungan, tema tumbuh-tumbuhan, tema alam, dan sebagainya).
a.3. Menentukan tempat yang akan digunakan oleh pembelajar
untuk mengerjakan tugas pembuatan puisi.
Diusahakan
memilih tempat yang suasananya tenang, bukan jalan yang biasa digunakan untuk
lalu-lalang dan jauh dari keramaian (misalnya: halaman sekolah, taman sekolah,
belakang sekolah).
B. Persiapan
Pembelajaran bukan hanya berarti
mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap baru yang tumbuh saat
individu berinteraksi dengan informasi dan lingkungan, dan terjadi di setiap
waktu. Pembelajaran mencakup juga pemilihan, penyusunan, dan penyampaian informasi
dalam suatu lingkungan yang sesuai dengan situasi dan kondisi baik pengajar
maupun pembelajar.
Lingkungan tidak hanya tempat yang
digunakan saat pengajaran berlangsung tetapi juga metode, media, dan peralatan
yang diperlukan pengajar untuk menyampaikan informasi dan membimbing pembelajar
untuk belajar.
Jika pembelajaran bertumpu pada
kegiatan bagaimana siswa belajar (student centre) maka pengajar harus
menyampaikan rambu-rambu dan informasi yang sejelas-jelasnya kepada para siswa.
Hal yang harus dilakukan oleh guru
bahasa pada saat mengadakan kegiatan pembelajaran puisi di luar kelas adalah:
b.1. Guru
menyampaikan topik pembelajaran pada hari itu yaitu keterampilan menulis dengan
kompetensi dasar menulis puisi dengan tema bebas .
b.2. Guru
menyampaikan bahwa kegiatan pembelajaran berlangsung di luar kelas (outdoor)
dengan tempat yang tel;ah ditentukan.
b.3. Guru
menyampaikan tentang tugas yang harus dikerjakan siswa yaitu membuat puisi
dengan tema bebas (jumlah dan bentuk bait bisa juga disampaikan oleh guru).
C.
Pelaksanaan
c.1. Guru membagi siswa menjadi beberapa
kelompok
c.2. Setiap kelompok diberi tempat yang
berbeda untuk mengerjakan
c.3. Guru member batas waktu membuat puisi
c.4. Guru meminta siswa kembali ke kelas
dalam waktu yang telah ditentukan
c.5. Selama pelaksanaan, guru tetap
berada di tengah-tengah siswa (untuk mengantisipasi jika ada
pertanyaan-pertanyaan dan agar kegiatan tetap berlangsung dengan tertib).
D. Evaluasi
d.1. Guru
menyampaikan kriteria penilaian pembacaan puisi yang telah dibuat oleh siswa
d.2. Guru meminta setiap siswa menampilkan puisinya
d.3. Guru
memberikan apresiasi kepada siswa dengan penampilan terbaik sesuai dengan
penilaian guru dan tanggapan siswa
E. Refleksi
e.1. Guru
menanyakan kepada siswa tentang pembelajaran pada saat itu.
e.2. Guru
memberikan motivasi kepada siswa.
Hasil yang
diharapkan dalam pembelajaran:
1.
Siswa mendapat inspirasi dari
lingkungan sekitar untuk membuat puisi
2.
Siswa dapat mengembangkan imajinasi
3.
Siswa memperoleh kebebasan berkarya
4.
Siswa memperoleh banyak pilihan
objek yang akan dituangkan ke dalam puisinya
5.
Pembelajaran berlangsung
menyenangkan
6.
Meningkatkan keterampilan menulis
puisi
7.
Penulisan puisi menggugah rasa
bermain dengan kata-kata dan struktur kalimat. Kegiatan ini membantu
mengembangkan kesadaran akan pengibaratan, metafora, serta irama, sembari
memperlihatkan kekuatan dalam menulis singkat dan ringkas Mary Leonhardt, 2001:
57).
PENUTUP
A. Kesimpulan
Guru bahasa Indionesia diharapkan merupakan
guru yang inovatif dengan menciptakan berbagaimetode belajar yang menyenangkan.
Pembelajaran yang menyenagkan merupakan tolak ukur dari tercapainya tujuan
pembelajaran.
Metode partisipatori yang dipadukan
dengan pembelajaran di luar kelas dapat digunakan sebagai salah satu alternatif
pembelajaran yang menyenangkan khususnya pada pembelajaran penulisan puisi
dengan tema bebas.
B. Saran
1.
Guru perlu mencoba berbagai metode
pembelajaran dengan tujuan agar pembelajaran berlangsung dengan menyenangkan,
terukur, dan terarah.
2.
Metode partisipatori dengan
pembelajaran di luar ruang kelas (outdoor) dapat diujicobakan dalam
pembelajaran menulis puisi dengan tujuan mendekatkan objek dengan tema
pembelajaran.
DAFTAR
PUSTAKA
Alwasilah, A.Chaedar. 2001. Pemutakhiran Metode Pembelajaran Bahasa.
Materi Seminar sehari
Memperingati Bulan Bahasa.STKIP Garut: tidak diterbitkan.
Depdikbud. 1995. Kurikulum Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP).
Jakarta: Balai Pustaka.
Depdikbud. 1997. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Dimyati & Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:
Depdikbud dan Rineka Cipta
Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Lanjut
Pertama. 2004. Materi Pelatihan Terintegrasi Bahasa Indonesia. Jakarta:
Depdiknas.
Husamah. 2013. Pembelajaran Luar Kelas Outdoor Learning. Jakarta:
Prestasi Pustakaraya.
Leonhardt, Mary. 2001. Cara Menjadikan Anak Anda Bergairah Menulis.
Bandung: Kaifa
Pradopo, Rahmat Djoko. 2007. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada
University Press.
Tarigan, Henry Guntur.1982. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan
Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tarigan, Henry Guntur. 1984. Prinsip-Prinsip Dasar Sastra. Bandung:
Angkasa.
Wardoya, Sigit Mangun.2013. Teknik Menulis Puisi. Yogyakarta: Graha Ilmu
http://abdurrosyid.wordpress.com/2007/01/puisi-pengertian-dan-unsur-unsurnya diunduh
Minggu 28 Juni 2015
http://gozaimatsubayu.blogspot.com, diunduh
Minggu 28 Juni 2015
www.pengertianahli.com/2014/01/pengertian-menulis-dan-tujuan-menulis-html/ diunduh
Minggu 28 Juni 2015
Tidak ada komentar:
Posting Komentar