Surat Lamaran Pekerjaan
A. Pengertian Surat Lamaran
Pekerjaan
Surat Lamaran kerja adalah surat yang dibuat sepanjang
satu halaman penuh yang berisi tentang informasi pelamar kerja dan permohonan
untuk menempati posisi tertentu, biasanya surat lamaran kerja dikirim beserta
surat riwayat. Dalam penulisan surat lamaran kerja, terdapat tiga paragraf penting yang harus anda perhatikan
dengan cermat, paragraf pertama berisi tentang bagaimana anda mendapatkan informasi tentang lowongan
pekerjaan tersebut dan juga posisi yang ingin anda tempati dan juga alasan anda
mengapa menginginkan posisi tersebut, ayo katakan dengan jujur, mau uang atau
menambah pengalaman anda dan atau untuk mengembangkan diri anda sendiri. Paragraf
kedua berisi tentang ketrampilan anda, pendidikan
terakhir, pengalaman kerja, atau sesuatu yang berkaitan dengan kelebihan anda
sendiri yang berkaitan dengan lowongan tersebut dan yakinkanlah pembaca surat
anda bahwa anda memang benar-benar cocok untuk bekerja di sana dan ini sangat penting
menurut saya. Di bagian paragraf ketiga tuliskanlah perasaan anda bila diundang untuk tes wawancara dan pastikan
anda dapat dihubungi kapanpun di manapun untuk memastikan waktu dan tempat
untuk mengikuti tes wawancara. Dalam penulisan surat lamaran kerja yang anda
buat pastikan menulis nama perusahaan dan posisi yang anda inginkan dengan
benar dan jangan lupa untuk membaca kembali surat anda untuk mengecek tulisan
dan tata bahasa anda. Selamat bekerja.
Surat lamaran
atau surat permohonan pekerjaan adalah surat yang dibuat oleh seseorang untuk dapat
memperoleh pekerjaan. Dengan demikian, surat lamaran pada prinsipnya sama
dengan surat penawaran. Dalam surat lamaran pekerjaan seseorang menawarkan jasa
yang akan diberikan pelamar pada kantor/ instansi yang dilamar. Jasa yang
ditawarkan tersebut dapat berupa pendidikan, pengetahuan, pengalaman,
kecakapan, keterampilan, ataupun kepribadian seseorang yang ditulis secara
singkat. Data yang ditulis lengkap dan singkat disebut data kualifikasi.
Surat lamaran kerja adalah surat
yang dibuat oleh seseorang untuk melamar pekerjaan di suatu perusahaan, kantor
atau instansi tertentu. Secara garis besar surat lamaran kerja terbagi menjadi
dua macam yaitu surat lamaran kerja berdasarkan iklan dan surat lamaran kerja
berdasarkan inisiatif sendiri. surat lamaran kerja termasuk kedalam golongan
surat resmi atau dinas sehingga dalam penulisannya terdapat aspek-aspek
tertentu yang harus di perhatikan.
Kesimpulan:
Surat lamaran
pekerjaan adalah surat yang dibuat seseorang yang berisi tentang informasi atau
data diri pelamar kerja dan permohonan untuk menempatkan posisi tertentu.Dan
posisi yang diinginkan dalam surat lamaran kerja biasanya sesuai dengan
pendidikan, pengetahuan ,pengalaman, kecakapan ataupun ketrampulan seseorang
tersebut.
B. Struktur Kebahasaan Surat Lamaran Pekerjaan (Sesuai
EYD)
Penulisan surat
lamaran pekerjaan harus menggunakan bahasa yang baik, sopan dan simpatik agar
menarik hati orang yang memberikan lowongan pekerjaan tersebut. Dalam penulisan
tersebut, kamu juga harus menggunakan kalimat yang efektif dan komunikatif,
penggunaan bahasa baku, serta ejaan yang tepat dan benar. Semua itu harus
ditulis atau diketik dengan rapi dan jelas.
Saat menulis surat lamaran pekerjaan, selain memperhatikan sistematikanya, kamu pun harus memperhatikan penggunaan kebahasaannya, seperti struktur, diksi, kejelasan kalimat, kaitan antarkalimat, dan EYD.
Saat menulis surat lamaran pekerjaan, selain memperhatikan sistematikanya, kamu pun harus memperhatikan penggunaan kebahasaannya, seperti struktur, diksi, kejelasan kalimat, kaitan antarkalimat, dan EYD.
Dalam hal struktur,
kamu dapat melihat dari susunan kalimat, seperti contoh ini :
Atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih. ( benar)
Atas perhatiannya, saya mengucapkan terima kasih. (salah)
Atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih. ( benar)
Atas perhatiannya, saya mengucapkan terima kasih. (salah)
Diksi atau pilihan
kata dalam surat lamaran pekerjaan harus tepat. Hal ini dapat dilihat
dalamcontoh berikut.
Dengan hormat, (benar)
Dengan salam, (salah)
Dengan salam, (salah)
Penggunaan kalimat
pun harus disingkat dan jelas. Jangan menulis dengan panjang lebar karena akan
membuat jenuh saat membacanya. Berikut contoh kalimat yang singkat, tetapi
jelas
Demikian permohonan saya, agar dapat dipertimbangkan.
Adapun mengenai kaitan antarkalimat (kohesi), haruslah saling berkaitan antara kalimat yang satu dengan yang lainnya. Selain itu tanda baca pun harus diperhatikan. Contoh :
PT. GAS Surabaya (salah)
Seharusnya “PT” tidak diikutu dengan tanda baca titik (.)
PT GAS Surabaya (benar)
Adapun lampiran surat lamaran pekerjaan diantaranya ialah :
1. fotokopi identitas diri;
2. fotokopi ijazah terakhir;
3. surat keterangan kelakuan baik;
4. surat keterangan pencari kerja;
5. daftar riwayat hidup;
6. foto.
Demikian permohonan saya, agar dapat dipertimbangkan.
Adapun mengenai kaitan antarkalimat (kohesi), haruslah saling berkaitan antara kalimat yang satu dengan yang lainnya. Selain itu tanda baca pun harus diperhatikan. Contoh :
PT. GAS Surabaya (salah)
Seharusnya “PT” tidak diikutu dengan tanda baca titik (.)
PT GAS Surabaya (benar)
Adapun lampiran surat lamaran pekerjaan diantaranya ialah :
1. fotokopi identitas diri;
2. fotokopi ijazah terakhir;
3. surat keterangan kelakuan baik;
4. surat keterangan pencari kerja;
5. daftar riwayat hidup;
6. foto.
Surat lamaran
pekerjaan biasanya dibuat berdasarkan iklan lowongan pekerjaan yang dimuat di
surat kabar atau majalah. Adapula yang berdasarkan iklan media elektronik
seperti radio dan televisi.penulisannya harus mencantumkan iklan media cetak
tersebut.
Atas dasar apa atau
dari mana informasi lowongan pekerjaan itu didapatkan.selain itu anda harus
mencantumkan curriculum vitae. Kemudian, jelaskan pula beberapa kemampuan yang
kita miliki :nilai jual”sehingga dapat “dibeli” oleh perusahaan. Kita harus
jujur menuliskan segala hal yang berkaitan dengan kita sebab hal ini merupakan
langkah awal untuk tampil sebagai seorang professional sejati. Akhirnya, kita mencantumkan
cap diri atau tanda tangan sebagai bukti tanggung jawab atas beberapa
keterangan dalam surat tersebut. Setelah itu, kamu dapat membuat surat lamaran
pekerjaan bedasarkan iklan lowongan kerja.
Surat lamaran
pekerjaan barfungsi mengajukan permohonan untuk berkerja disuatu perusahaan
atau seseorang dengan syarat- syarat yang ditentukan, seperti diperuntukan bagi
pria dan wanita, pendidikan SMA, dan usia minimal 20 tahun, dan sebagainya
BERIKUT KOREKSI NYA
1. untuk Hal ialah singkatan dari perihal atau permasalahan atau tujuan kenapa surat itu dikirim. penempatanya selalu di pojok kiri atas, untuk hal kamu tulis sajalah Melamar Pekerjaan
hal biasanya di ikuti dengan lampiran dibawahnya atau bisa ditulis:
Hal : Melamar Pekerjaan
Lampiran : 5 Lembar
-hal dan lampiran menggunakan huruf awal kapital begitupun dengan isinya
2. yang kedua ialah tanggal, penempatannya di pojok kanan atas, usahakan untuk menulis nama tempat harus sesuai dengan kaidah EYD juga berikut contohnya:
Bandung , 20 April 2015
-selalu menggunakan koma setelah tempat
-bulan menggunakan huruf kapital begitupun dengan tempat
3. untuk yang satu ini letaknya tepat di bawah HAL, kamu bisa melihat contohnya seperti gambar diatas untuk penulisannya seperti ini:
Yth.
Bapak/Ibu personalia PT Monica Indah Lestari
di tempat
- untuk beberapa orang mungkin akan menggunakan kata "Kepada" sebelum kata Yth. tapi menurut guru saya dulu sih itu merupakan penghamburan kata jadi Yth. saja cukup, tapi itu tetap saja tergantung agan semua
- menulis Bapak/Ibu menggunakan kapital
- menulis kata PT tanpa menggunakan titik oke
- nama perusahaan semua ditulis dengan kapital
4. menulis kata pembuka contoh berikut dibawah:
Dengan hormat,
berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari koran Priangan tanggal 20-04-2015 bahwa perusahaan sedang membutuhkan karyawan posisi Admin Stock, saya mengajukan diri untuk melamar diperusahaan. Saya yang beratas nama,
- "Dengan hormat" di awali dengan huruf kapital diikuti dengan tanda koma
- kata "berdasarkan"di alinea baru masih huruf kecil ya karena diikuti tanda koma di paragraf sebelumnya.
- selalu sertakan dengan jelas darimana kamu dapat informsi lowongan tersebut. misalnya kalau internet sebutin websitenya apa , kalau dari koran sebutin korannya apa dan terbit tanggal berapa,kalau dari teman tulis saja
-selalu sertakan dengan jelas posisi yang anda lamar "bahwa perusahaan sedang membutuhkan karyawan sebagai Admin Stock"
- nama objek, tempat , nama orang selalu diawali dengan huruf kapital
-setelah kalimat pembuka biasanya di teruskan dengan informasi data diri, usahakan selalu memakai tanda koma bukan titik di akhir
5. yang satu ini ialah informasi agan semua harap diisi dengan sebenar-benarnya
nama : Fikri Wildan Nugraha
tempat,tanggal lahir : Tasikmalaya,20 April 1995
agama : Islam
pendidikan terakhir : Sarjana Informasi dan Telekomunikasi , Institut Tekhonolgi Bandung
alamat : Jl Soekarno Hatta no 333 Bandung
email : fikriwildannugraha@gmail.com
nomer handphone : 083826236393
- kebanyakan orang-orang menggunakan huruf kapital di kata "nama , tempat tanggal lahir , agama ,dst" karena dialinea kalimat pembuka sebelumnya menggunakan tanda koma jadi kita menggunakan huruf kecil saja ya, tapi itu tetap saja terserah agan
- nama orang, nama tempat , nama bulan ,nama universitas tulis dengan huruf kapital
- penulisan tanggal lahir disesuaikan, contoh misalnya "tempat(koma)tanggal lahir" maka isinya juga harus disesuaikan memakai koma dan sesuai urutan. jika memakai garis miring contoh misalnya "tempat/tanggal lahir" maka isinya juga jadi "Tasikmalaya/20 April 1995"
6. untuk yang ke enam ini kalimat setelah biodata diri, untuk yang satu ini jangan lihat contoh yang atas ya :
Demikianlah permohonan ini saya buat dengan sebenar-benarnya, besar harapan saya untuk dapat bergabung di perusahaan , atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terimakasih.
- karena alinea baru maka kata "Demikian" menggunakan huruf kapital
- kamu bisa merombak lagi kata-kata di atas menjadi lebih kreatif atau kamu juga bisa menyisipkan sebuah alinia yang menceritakan tentang diri dan motivasi anda sebelum aliniea terakhir ini. buatlah semenraik mungkin tetapi ingat jangan bertele-tele , ringkas tetapi kena di hati (cyaela)
7. yang ini letakan setelah kata akhiran contoh:
Hormat saya,
Fikri Wildan Nugraha
- karena tadi kita menggunakan kalimat pembuka "Dengan hormat," maka akhirnya jadi "Hormat saya," . tetapi apabila tadi kamu menggunakan kalimat "Asalamualaikum w.w" maka akhirnya juga jadi "Wasalamualaikum w.w"
-selalu gunakan tanda koma di akhir
8. untuk yang kedelapan ini karena contohnya tidak ada maka disimak saja ya, yang kedelapan ialah DAFTAR LAMPIRAN kamu bisa meletakanya di paling bawah Contoh:
Bersama ini saya lampirkan :
1. Copy KTP
2. Copy SIM C
3. Riwayat Hidup
4. Copy Ijazah Terakhir
5. Foto 4x6 berwarna terbaru
6. Copy SKCK
1. untuk Hal ialah singkatan dari perihal atau permasalahan atau tujuan kenapa surat itu dikirim. penempatanya selalu di pojok kiri atas, untuk hal kamu tulis sajalah Melamar Pekerjaan
hal biasanya di ikuti dengan lampiran dibawahnya atau bisa ditulis:
Hal : Melamar Pekerjaan
Lampiran : 5 Lembar
-hal dan lampiran menggunakan huruf awal kapital begitupun dengan isinya
2. yang kedua ialah tanggal, penempatannya di pojok kanan atas, usahakan untuk menulis nama tempat harus sesuai dengan kaidah EYD juga berikut contohnya:
Bandung , 20 April 2015
-selalu menggunakan koma setelah tempat
-bulan menggunakan huruf kapital begitupun dengan tempat
3. untuk yang satu ini letaknya tepat di bawah HAL, kamu bisa melihat contohnya seperti gambar diatas untuk penulisannya seperti ini:
Yth.
Bapak/Ibu personalia PT Monica Indah Lestari
di tempat
- untuk beberapa orang mungkin akan menggunakan kata "Kepada" sebelum kata Yth. tapi menurut guru saya dulu sih itu merupakan penghamburan kata jadi Yth. saja cukup, tapi itu tetap saja tergantung agan semua
- menulis Bapak/Ibu menggunakan kapital
- menulis kata PT tanpa menggunakan titik oke
- nama perusahaan semua ditulis dengan kapital
4. menulis kata pembuka contoh berikut dibawah:
Dengan hormat,
berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari koran Priangan tanggal 20-04-2015 bahwa perusahaan sedang membutuhkan karyawan posisi Admin Stock, saya mengajukan diri untuk melamar diperusahaan. Saya yang beratas nama,
- "Dengan hormat" di awali dengan huruf kapital diikuti dengan tanda koma
- kata "berdasarkan"di alinea baru masih huruf kecil ya karena diikuti tanda koma di paragraf sebelumnya.
- selalu sertakan dengan jelas darimana kamu dapat informsi lowongan tersebut. misalnya kalau internet sebutin websitenya apa , kalau dari koran sebutin korannya apa dan terbit tanggal berapa,kalau dari teman tulis saja
-selalu sertakan dengan jelas posisi yang anda lamar "bahwa perusahaan sedang membutuhkan karyawan sebagai Admin Stock"
- nama objek, tempat , nama orang selalu diawali dengan huruf kapital
-setelah kalimat pembuka biasanya di teruskan dengan informasi data diri, usahakan selalu memakai tanda koma bukan titik di akhir
5. yang satu ini ialah informasi agan semua harap diisi dengan sebenar-benarnya
nama : Fikri Wildan Nugraha
tempat,tanggal lahir : Tasikmalaya,20 April 1995
agama : Islam
pendidikan terakhir : Sarjana Informasi dan Telekomunikasi , Institut Tekhonolgi Bandung
alamat : Jl Soekarno Hatta no 333 Bandung
email : fikriwildannugraha@gmail.com
nomer handphone : 083826236393
- kebanyakan orang-orang menggunakan huruf kapital di kata "nama , tempat tanggal lahir , agama ,dst" karena dialinea kalimat pembuka sebelumnya menggunakan tanda koma jadi kita menggunakan huruf kecil saja ya, tapi itu tetap saja terserah agan
- nama orang, nama tempat , nama bulan ,nama universitas tulis dengan huruf kapital
- penulisan tanggal lahir disesuaikan, contoh misalnya "tempat(koma)tanggal lahir" maka isinya juga harus disesuaikan memakai koma dan sesuai urutan. jika memakai garis miring contoh misalnya "tempat/tanggal lahir" maka isinya juga jadi "Tasikmalaya/20 April 1995"
6. untuk yang ke enam ini kalimat setelah biodata diri, untuk yang satu ini jangan lihat contoh yang atas ya :
Demikianlah permohonan ini saya buat dengan sebenar-benarnya, besar harapan saya untuk dapat bergabung di perusahaan , atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terimakasih.
- karena alinea baru maka kata "Demikian" menggunakan huruf kapital
- kamu bisa merombak lagi kata-kata di atas menjadi lebih kreatif atau kamu juga bisa menyisipkan sebuah alinia yang menceritakan tentang diri dan motivasi anda sebelum aliniea terakhir ini. buatlah semenraik mungkin tetapi ingat jangan bertele-tele , ringkas tetapi kena di hati (cyaela)
7. yang ini letakan setelah kata akhiran contoh:
Hormat saya,
Fikri Wildan Nugraha
- karena tadi kita menggunakan kalimat pembuka "Dengan hormat," maka akhirnya jadi "Hormat saya," . tetapi apabila tadi kamu menggunakan kalimat "Asalamualaikum w.w" maka akhirnya juga jadi "Wasalamualaikum w.w"
-selalu gunakan tanda koma di akhir
8. untuk yang kedelapan ini karena contohnya tidak ada maka disimak saja ya, yang kedelapan ialah DAFTAR LAMPIRAN kamu bisa meletakanya di paling bawah Contoh:
Bersama ini saya lampirkan :
1. Copy KTP
2. Copy SIM C
3. Riwayat Hidup
4. Copy Ijazah Terakhir
5. Foto 4x6 berwarna terbaru
6. Copy SKCK
C. Unsur-unsur dalam pembuatan surat lamran kerja:
Dalam surat lamaran
pekerjaan, terdapat unsur- unsur surat, yaitu :
1. kepala surat
2. alamat yang dituju
3. tanggal penulisan surat
4. salam pembuka
5. pembuka surat
6. isi
7. identitas atau jati diri pelamar
8. tujuan surat lamaran pekerjaan
9. lampiran persyaratan yabg ditentukan
10. penutup surat
11. tanda tangan dan nama jelas pelamar
Karena sifatnya memohon dan berkeinginan untuk dikabulkan, maka dalam menulis surat lamaran perlu memperhatikan hal- hal berikut ini :
1. pergunakan kertas putih dan bersih.
2. sebaiknya ditulis tangan dengan menggunakan bolpoin tinta hitam atau sesuai dengan permintaan.
3. menggunakan bahasa yang efektif dan bersahaja dengan kalimat yang singkat dan jelas.
4. memenuhi syarat- syarat yang diminta dengan melampirkan bukti fisiknya.
D. Sistematika dan Ciri Surat Lamaran Pekerjaan
Sistematika Surat Lamaran Kerja :
1.
Tempat dan Tanggal Lahir
2.
Lampiran dan perihal
3.
Alamat surat
4.
Salam pembuka
5.
Alinea pembuka
6.
Isi
7.
Penutup
8.
Tanda tangan dan nama terang
Ciri-ciri
Surat Lamaran Pekerjaan :
1. Tempat
dan tanggal lahir
Tempat dan tanggal lahir ditempatkan di pojok kanan atas tanpa titik di akhir,
karena bukan merupakan kalamat. Contoh : Bumiayu, 28 Agustus 2013
2. Lampiran
dan perihal
Ø Kata ‘Lampiran’ dan
‘perihal’ tidak disingkat seperti lamp. atau hal.
Ø Angka dalam kolom lampiran
ditulis menggunakan huruf.
Contoh :
Lampiran : Empat lembar
Perihal :
Pemberitahuan
3. Alamat
surat
Ø Tidak menggunakan kata
“Kepada”
Ø Alamat disarankan tidak
lebih dari tiga baris
Ø Jabatan tidak boleh
menggunakan jenis kelamin seperti bapak atau ibu
Ø Tulisan “Jalan pada alamat tidak
boleh disingkat
Ø Tidak menggunakan titik di
masing – masing akhir barisnya
Contoh :
Yth. Manager Sukses Mandiri
Jalan M. Yamin No. 02, Kalibata
Jakarta
4. Salam
Pembuka
Ø Setelah kata “Dengan
Hormat” menggunakan koma
Ø Kata dengan hormat sebaiknya
dijadikan satu dengan kalimat selanjutnya, walaupun diganti baris seperti biasa
juga tetap dapat digunakan.
Contoh :
Dengan Hormat, berdasarkan . . . . . . . . .
. ( yang dianjurkan
)
Dengan Hormat,
Berdasarkan . . . . . . . . .
.
( tetap dapat digunakan )
5. Alinea
pembuka
Dalam alinea pembuka sebaiknya menggunakan bahasa yang baik dan sopan serta
membuat instansi yang membacanya tidakAA tersinggung.
6. Isi
Dalam isi terdapat :
Ø Identitas
Yaitu keterangan berupa nama, tempat tanggal lahir, alamat, pendidikan
terakhir dan dapat dtambah lagi sesuai dengan kebutuhan. Dalam menuliskan
keterangan diatas, awalan kata tidak menggunakan huruf besar.
Contoh :
nama
: Nitriana Safitri
tempat tanggal
lahir
: Jakarta, 7 Januari 1995
pendidikan
terakhir
: S1 Sastra Inggris
alamat
: Dukuhturi, Bumiayu, Brebes, 52273
Ø Maksud dan tujuan
Merupakan keterangan tentang alasan pengirim atau pelamar pekerjaan menulis
surat itu.
Ø Menyatakan lampiran
Dalam lamaran pekerjaan terdapat beberapa lampiran tentang syarat yang
telah diminta oleh instansi yang membutuhkan pekerja, maka sang pelamar harus
memenuhi lampiran yang diminta tersebut.
Dalam lampiran ini setiap akhir kalimatnya menggunakan tanda titik dua, dan
di akhir lampiran mengggunakan titik.
Contoh :
1. Fotokopi
ijazah yang telah dilegalisir;
2. Fotokopi kartu
tanda penduduk;
3. Foto ukuran
3x4 dua lembar.
7. Penutup
Dalam penutup kita harus menunjukan keantusiasan kita dalam melamar
pekerjaan pada instansi yang kita tuju.
Contoh : Demikian surat lamaran pekerjaan yang saya buat, besar harapan
saya untuk dapat menjadi bagian dari perusahaan . . . . . . . . .
8. Tanda
tangan dan nama terang
9. Tanda
tangan ini berada di pojok kanan bawah surat, kemudiandibawahnya ditulis nama
lengkap.
Contoh : Hormat
saya,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar