Minggu, 10 September 2017

SEPENGGAL KISAH

SEPENGGAL KISAH
Oleh: RinaPurwaningsih
Diamasihmembisu, terkaparsendiridalamgelapkamarnya. Baginyasudahtakadalagi yang patutdiperjuangkan, bahkanhidupnyasendiri. Segalanyaberubahdalamsekejap. Satutahun yang lalu, iamasihmaubergauldengan orang lain. Namun, setelahituiamemilihberdiamdiri di kamarkecilnya. Hanyasatu yang kiniiapikirkan, bagaimankeadaan Reno sekarang? Apakahsaatini Reno bahagia?.Entahlah, wanitaparuhbayaitumasihsajamemikirkanbanyakhal, mempertanyakandarimanaasalmuasalkejadiantersebutbermula.
“Ibukusayang”, suaralembuttersebutmenggema di balikpintukamar, Rea-anaksulungnya-setidaknyasudahpahamibunyatakakanmembalaspanggilantersebut. “Ibumakanya, Bu. Rea sedihkalauibusepertiiniterus”, gadiskeciltersebutterusmembujukibunya. Bahkanibunyatakbereaksisamasekali, diam. “Ibu, reasayangIbu, Reno pastijugaturutsedihkalaumelihatIbudiamterus”, akhirnyasisulungberanimenyebutnamaadiknya-Reno-dihadapan sang Ibu, sudahsatutahuniatakberanimenyebutnamaadikbungsunyaitu, bahkanhanyauntuksekedarmengingatpuniatakkuasa. Akhirnyausahanyapun berhasil, sang Ibutiba-tibamenolehkearah Rea dengantersenyum, takayalhaltersebutmembuat Rea bahagia, setidaknyaituadalahsenyumpertama yang ialihatsejakkejadianmemilukansatutahun yang lalu.
Lelaki yang iacintai, entahbagaimanamulanya, hariitudengantegamembantingtubuhmungil Reno. Ya, waktuitu Reno masihberumur 3 bulan. Emosinyamengalahkansegalanya, Reno yang sedangterlelaptidur di pangkuanIbunyatiba-tibaialemparkeluarrumah. Sri-sang istri-tanpasempatberbuatapa-apahanyasanggupmenatapapa yang barusajaterjadi. Iatidakpercaya, menangissejadi-jadinyasaatitu, digendongnya Reno yang telahberlumurdarah, ditimangnyakembaliberharapmasihterdengartangisanpadabayinyaitu. Tetapisemuasia-sia, bayiitutelahberhentibernafasuntukselamanya. Waktu yang teramatsingkatbagi Sri merawatsibungsu. Rea yang saatitumasihberumur 5 tahun, hanyaberanimenatapdaribalikpintusambilmenangis, iatakutdengankeramaian yang tiba-tibaterjadi di pelataranrumahnya. Mobil polisitelahterparkir, Rea takutdenganpetugasberseragamcoklatitu. Tapi, iasempatmelihattanganAyahnyatelahterborgoldanmasukkedalammobilpolisi. Dalamsekejapmobiltersebuttakterlihatlagi, tetapisuarasirinenyamasihterdengar, menyisakanIbu yang jalantergopohdititahtetanggasekitar.
Wanitatersebutkembaliteringatdengankejadiansatutahun yang lalu, air matanyamengalir, ditemanidengan Rea yang pula menangis.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

STRUKTUR PENGURUS OSIS SMA YA BAKII KESUGIHAN CILACAP

  SUSUNAN KEPENGURUSAN OSIS SMA YA BAKII 1 KESUGIHAN PERIODE 2023-2024     A.     Kepala Sekolah                                 ...