Senin, 11 September 2017

SURAT NIAGA











BAHASA INDONESIA






SURAT NIAGA






Surat niaga:

surat yang dikeluarkan oleh badan–badan atau perusahaan–perusahaan dalam rangka menjalankan usahanya.





Surat niaga yang akan kita bahas :

1.
Surat
Penawaran
2.
Surat
Permintaan Penawaran
3.
Surat
Pesanan
4.
Surat
Pengaduan





1. SURAT PENAWARAN



Surat penawaran (barang / jasa):






Surat yang berisi informasi keadaan suatu barang/ jasa yang hendak dijual kepada calon pihak yang dikirimi surat (calon pembeli/ pengguna jasa).












Sura penawara haru disusun
dengan teliti dan dapat menarik perhatian pembaca. Kepada pihak yang dikirimi surat harus ditunjukkan keunggulan kualitas barang yang ditawarkan.






Hal - hal yang perlu diperhatikan dalam
penyusunan surat penawaran:





a. nama/ jenis barang yang ditawarkan b. kualitas, merk barang
c. jumlah barang yang ditawarkan d. harga satuan
e. potongan harga yang diberikan f. syarat pembayaran
g. cara pengiriman




CONTOH SURAT PENAWARAN



 PT PUSTAKA WIDYA Jalan Pelajar 10 A Yogyakarta 55197





Nomor              : 45/ PB/ PW/ IV - 03             Yogyakarta 1 April 2003
Lampiran         : 2 ( dua) lembar
Hal                    : Penawaran Buku






Yth . Saudara Pemilik Toko Buku
Cerdas Abadi
Jalan Ki Hajar Dewantara no. 25
Surabaya





Dengan Hormat,





Menyongsong peringatan Hari Pendidikan Nasioanal 2003 dan diberlakukannya Kurikulum Berbasis Kompetensi, kami penerbit buku-buku pelajaran untuk SD sampai dengan perguruan tinggi, mengajak Saudara bekerja sama berpartisipasi mencerdaskan kehidupan bangsa.





Buku–buku kami telah mendapat
pengesahan dari Dirjen Dikdasmen Depdiknas, sebagai buku pelengkap disamping buku teks wajib yang telah diterbitkan oleh pemerintah.

Semoga Saudara berkeinginan meningkatkan kualitas pendidikan. Untuk itu kami lampirkan sebuah daftar buku dan sebuah blangko surat pesanan.






Kami juga memberikan diskon menarik dengan persentase tinggi kepada toko pengecer dengan ketentuan :
- Pembayaran tunai diskon 40 %
- Pembayaran maksimal 2 bulan diskon 35 %
- Pembayaran maksimal 4 bulan diskon 30 %




Pesananan Saudara sangat kami tunggu. Terima kasih.
Hormat kami, Kabid Pemasaran



A. Latief









2. SURAT PERMINTAAN PENAWARAN






Surat yang dikirimkan kepada penjual oleh calon pembeli dengan maksud meminta informasi mengenai harga dan keadaan barang, serta persyaratan mengenai jual- beli barang.










Surat ini biasanya dibuat karena

calon pembeli belum banyak mengenal suatu produk, baik
jenisnya maupun harganya. Mungkin juga karena ada perubahan harga dan jenis produk.





Agar calon pembeli memperoleh jawaban yang memuaskan dari penjual, maka surat ini perlu berisi pertanyaan mengenai :





a. nama / jenis barang b. harga satuan
c. potongan harga

d. cara dan syarat pembayaran e. cara pengiriman





CONTOH SURAT PERMINTAAN PENAWARAN


Bogor, 31 Januari 2003

YthDirektur PT Jati Murni di
Solo

Dengan hormat,

Kami akan sangat gembira jika Saudara dapat memberikan penjelasan mengenai jenis-jenis dan harga perabot rumah tangga produksi Jati Murni.






Jika ada kesesuaian harga, kami akan
memesan dalam jumlah besar. Informasi secepatnya sangat kami
harapkan. Terima kasih.




Hormat kami,





                                                                                                                                                                                                                           Sabrina







3. SURAT PESANAN






Surat pesanan merupakan surat dari pembeli yang dikirim kepada penjual yang berisi pesanan untuk membeli sejumlah barang atau memesan suatu jasa tertentu.

















Pada dasarnya penyusunan surat

jenis ini cukup singkat, padat, tetapi jelas sehingga tidak menimbulkan keraguan pada diri si penjual.





Hal-hal yang perlu diperhatikan
dalam penyusunan surat pesanan:






a. Menyebutkan surat pemesanan, berdasarkan  surat penawaran atau iklan dan sebagainya.

b. Menyebutkan jenis dan jumlah pesanan, jika perlu dibuat dalam bentuk daftar agar mudah melayani dan mengeceknya.












c.  Menyebutkan cara pengiriman
yang dikehendaki.

d.  Menyebutkan cara pembayaran. e.  Menyebutkan waktu pengiriman
yang dikehendaki.

f.   Menyebutkan cara pengepakan.






CONTOH SURAT PESANAN






                                                                                                   Bogor, 2 Maret 2005



Yth, Direktur PT Jati Murni

 dSolo

Dengan hormat,

Kami sangat bergembira menerima informasi tentang jenis-jenis dan harga perabot rumah tangga produksi Saudara.





Untuk itu kami mohon dikirimi perabot rumah
tangga sesuai dengan kode nomor : No. 15 sebanyak 7 buah
No. 17 sebanyak 8 buah
No. 25 sebanyak 10 buah
Harga sesuai penawaran, begitu pula cara pembayarannya.
Terima kasih atas kepercayaan terhadap pelanggan lama.



Hormat kami, Sabrina





4. SURAT PENGADUAN (KLAIM)





Surat pemberitahuan dari pemesan/ pembeli kepada penjual, karena barang-barang yang diterimanya tidak sesuai dengan pesanan.





Surat pengaduan dibuat karena :

jumlah/ mutu barang tidak sesuai, kerusakan, keterlambatan, atau pengingkaran isi perjanjian





Seseorang menulis surat pengaduan di

antaranya untuk:






a.  Menyelesaikan proses jual beli agar memuaskan kedua belah pihak

b.  Meningkatkan hubungan baik yang sudah dibina agar tidak sampai putus karena kesalahan yang tidak disengaja.







c.  Mengingatkan penjual agar memberikan pelayanan yang memuaskan karena pembeli adalah raja, sehingga pelayanan yang baik akan mendatangkan pelanggan yang setia.

d.  Meminta informasi atau keterangan kepada penjual, harus kepada
siapa dirinya menuntut ganti rugi jika kesalahan bukan pada pihak penjual.






Alternatif penyelesaian pengaduan di

antaranya :





a.Meminta potongan harga, jika pengaduan disebabkan oleh kesalahan dalam pengiriman barang.

b.Meminta pergantian barang, jika tidak mungkin untuk menjualnya karena rusak atau kesalahan mutu barang pesanan.












c.  Meminta pengiriman barang yang
kurang jika memang jumlah yang dikirim kurang.

d.  Meminta pengganti kerugian berupa uang, jika barangnya tidak diganti.






Untuk menyusun surat pengaduan,
sebaiknya memperhatikan hal-hal berikut ini :





a. Hubungkan dengan nomor dan tanggal surat pesanan.

b. Ungkapkan dengan bahasa yang sopan meskipun Anda merasa tidak puas.









c.  Sebutkan jenis dan jumlah barang yang Anda adukan.

d.  Jelaskan sebab-sebab atau alasan- alasan yang logis tentang pengaduan tersebut dengan bukti yang nyata.

e.  Jelaskan penyelesaian pengaduan yang Anda kehendaki dengan tidak merugiksn kedua belah pihak


CONTOH SURAT PENGADUAN


                                                TOKO BUMI ASIH

                                              Jalan MT. Haryono 53 Surabaya




             Nomor : 71/ BA/ VII – 03                                         14 Agustus 2003


Hal      : Pengaduan Kualitas

Barang




Yth . Pimpinan UD TANI MAKMUR Jalan H. Samanhudi 36
Sidoarjo









               Dengan Hormat,






              Kiriman saudara berupa 89 ton kedelai telah kami terima pada tanggal 12
              Agustus 2003. Hal ini berarti lebih cepat dari permintaan kami. Oleh                        karena itu kami ucapkan terima kasih.




              Perlu kami sampaikan bahwa setelah
              kami cek ada 20 karung kedelai yang mutunya tidak sesuai dengan pesanan.               Daripada 20 karung tersebut kami kembalikan, kami mohon potongan                          harga   sebesar 20 %.






Jika saudara tidak setuju dengan potongan harga, silakan                                                mengirim utusan untuk mengeceknya dan sekalian mohon                                   dibawakan penggantinya.

Atas perhatian dan kebijakan Saudara, kami ucapkan terima kasih.




Hormat kami,




Boy Wijaya
Pemilik Toko








SOAL-SOAL DAN EMBAHASANNYA





1. Perhatikan surat pengaduan berikut!





Seorang pembeli kecewa terhadap penjual/produsen karena barang yang dikirim tidak sesuai dengan barang yang dipesan.





Kalimat santun untuk penulisan surat

pengaduan sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ….





a Barang yang telah saya terima tidak sesuai dengan pesanan, saya kapok pesan barang pada Saudara.

b Barang yang telah saya terima tidak sesuai dengan pesanan, saya tidak puas dengan pelayanan Saudara.







c Barang yang telah saya terima tidak

sesuai dengan pesanan, saya sangat kecewa. Segera diganti.

d Barang yang telah saya terima tidak sesuai dengan pesanan, mohon diganti sesuai dengan pesanan saya.

e Barang yang telah saya terima tidak sesuai dengan pesanan, mohon ada ganti rugi atas kekecewaan saya.








Jawaban : d





Pembahasan :





Karena opsi d adalah kalimat pengaduan

yang santun dan jelas.







2. Kalimat yang berisi keluhan dengan

maksud yang jelas ialah ….






a.  Terima kasih atas kerja sama yang baik di antara kita. Mudah-mudahan tidak mengecewakan.

b.  Kiriman 10 unit yang telah kami terima

2 unit rusak. Mohon diganti.












c.  Meskipun kami sering mengeluh karena

keterlambatan pengiriman barang, Anda kurang memperhatikan hal itu.

d.  Kami cukupkan sekian, semoga kerja sama ini dapat diperbaiki.

e.  Biaya pengiriman barang yang rusak harap Anda tanggung.








Jawaban : b




Pembahasan :





Karena opsi b berisi keluhan yang jelas dan

santun.







3.  Barang pesanan kami yang Anda
kirimkan, mengalami keterlambatan dan banyak barang yang rusak. Oleh karena itu, ….

Pernyataan yang tepat untuk melengkapi surat pengaduan di atas adalah ….




a.  untuk pengiriman berikutnya kami mohon tidak terlambat lagi dan ada penggantian barang yang rusak

b.  pembelian kami batalkan













c.  kami minta potongan harga


d.  barang yang rusak akan segera kami kembalikan

e.  kami minta ganti rugi sebesar kerugian yang kami derita








Jawaban : a





Pembahasan :





Karena opsi a adalah pernyataan yang jelas

dan santun






4. Dengan hormat,

Surat pesanan Bapak tertanggal 24 Juli

2002 telah kami terima ….





Untuk melengkapi surat niaga di atas yang paling tepat ialah ….








a.  kami mengucapkan terima kasih
atas kepercayaan dan pesanan
Saudara kepada kami.

b.  selanjutnya kami segera merealisasikannya pada tanggal 1
Agustus 2002 sesuai permintaan
Bapak.






c.  namun pada surat itu tidak dijelaskan alasan mengapa Bapak memesannya kepada kami.

d.  dan kami berterima kasih banyak sekali atas kepercayaan Bapak. Alat-alat tulis itu pasti segera kami kirim.

e.  kami pasti segera memenuhi pesanan Bapak tersebut karena itu kami sangat berteriam kasih pesanannya.








Jawaban : b





Pembahasan :





Karena opsi b merupakan kalimat yang

tepat untuk melengkapi surat niaga di atas.








5. Di antara kalimat pembuka surat niaga
berikut yang berisi permintaan penawaran ialah ….





a.  Dengan ini saya menyampaikan kepada
Saudara produk baru usaha kami.

b.  Surat Saudara telah kami terima, maka berikut ini jawaban kami.














c.  Dengan ini saya berharap Anda dapat
memberikan daftar harga yang baru.

d.  Kami memerlukan informasi Anda tentang kebutuhan bulan ini.

e.  Dengan surat ini saya sertakan lampiran daftar harga produk baru kami.










Jawaban : c





Pembahasan :





Karena opsi c merupakan pernyataan

permintaan penawaran








6. Di antara kalimat berikut yang tepat
sebagai kalimat penutup surat pengaduan adalah ….






a. Terima kasih, kami tunggu kiriman
Anda

b. Harap maklu, pelayanan kami terbatas.















c. Harap keluhan kami mendapat
perhatian sepenuhnya.

d. Harap semua pembayaran dilakukan melalui Bank Mandiri.

e. Terima kasih, kami tunggu pesanan
Anda.






Jawaban : c





Pembahasan :





Karena opsi c merupakan kalimat penutup

surat pengaduan.








7. Di antara kalimat-kalimat penutup
berikut yang berisi keluhan ialah ….






a. Kiriman Anda telah samapai dengan selamat. Terima kasih

b. Barang yang Anda kirimkan telah samapi, tetapi agak terlambat.












c.  Baru hari ini pesanan kami sampai
dalam keadaan lengkap.

d.  Terima kasih, kiriman Anda telah kami terima hari ini.

e.  Hari ini kami sudah menerima pesanan secara lengkap.









Jawaban : b






Pembahasan :





Karena opsi b merupakan kalimat penutup

yang berisi keluhan.










8. Kalimat surat niaga berikut ini yang
berisi penawaran ialah ….





a.  Kami mohon penawaran Saudara segera dikirimkan.

b.  Siapapun dapat mengirimkan contoh barang kemari.











c.  Kami menawarkan TV Sony kualitas
ekspor dengan pembayaran cicilan dan barang dapat segera dikirimkan

d.  Semoga Anda senang dengan order kami ini.

e.  Kami tetap menunggu penawaran
Anda.







Jawaban : c






Pembahasan :





Karena opsi c adalah kalimat surat niaga

yang berisi penawaran.







9.  Di antara kalimat-kalimat berikut yang
berisi permintaan penawaran barang ialah ….




a.  Surat Saudara bertanggal 1 April lalu telah kami terima, maka dengan ini ….

b.  Dapatlah kiranya Anda mengirim daftar harga terbaru barang produksi Anda.












c.  Dengan penuh rasa gembira kami
menyampaikan kabar bahwa kiriman
Saudara telah kami terima.

d.  Klaim Saudara telah kami terima dan mohon sabar.

e.  Terima kasih atas kiriman Saudara bulan
Maret yang lalu.








Jawaban : b









Pembahasan :





Karena opsi b merupakan kalimat yang berisi

permintaan penawaran barang.








10. Di antara kalimat-kalimat penutup surat
pengaduan berikut yang tidak tepat ialah ….





a.  Kami berharap Saudara memperhatikan sepenuhnya pengaduan kami.

b.  Pengaduan ini harap ditanggapi dengan serius.












c.  Terima kasih atas kerja sama Saudara
dalam menyelesaikan pengaduan kami. d.  Hendaknya pengaduan kami ini
mendapat perhatian sepenuhnya.

e.  Kami berharap Saudara segera menanggapi








Jawaban : c







Pembahasan :





Karena opsi c bukan merupakan kalimat


pentutup surat pengaduan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

STRUKTUR PENGURUS OSIS SMA YA BAKII KESUGIHAN CILACAP

  SUSUNAN KEPENGURUSAN OSIS SMA YA BAKII 1 KESUGIHAN PERIODE 2023-2024     A.     Kepala Sekolah                                 ...