RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah
|
:
|
YA BAKII KESUGIHAN
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia
|
Kelas/Semester
|
:
|
XI / Genap
|
Tahun Pelajaran
|
:
|
2019//
2020
|
Materi Pokok
|
:
|
Resensi
|
Alokasi Waktu
|
:
|
3
Minggu x 4 Jam pelajaran @ 45 Menit
|
A. Kompetensi Inti
·
KI-1 dan KI-2:Menghayati
dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam
berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan,
keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara,
kawasan regional, dan kawasan internasional”.
·
KI 3: Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
·
KI4: Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah
keilmuan
B. Kompetensi Dasar
dan Indikator Pencapaian Indikator
Kompetensi Dasar Pengetahuan
|
Kompetensi Dasar Keterampilan
|
1.
2.
3.
3.1.
3.2.
3.3.
3.4.
3.5.
3.6.
3.7.
3.8.
3.9.
3.10.
3.11.
3.12.
3.13.
3.14.
3.15.
3.16. Membandingkan
isi berbagai resensi untuk menemukan sistematika sebuah resensi
|
4.
4.1.
4.2.
4.3.
4.4.
4.5.
4.6.
4.7.
4.8.
4.9.
4.10.
4.11.
4.12.
4.13.
4.14.
4.15.
4.16. Menyusun
sebuah resensi dengan memerhatikan hasil perbandingan beberapa teks resensi
|
IPK Pengetahuan
|
IPK Keterampilan
|
1.
2.
3.
3.1.
3.2.
3.3.
3.4.
3.5.
3.6.
3.7.
3.8.
3.9.
3.10.
3.11.
3.12.
3.13.
3.14.
3.15.
3.16.
3.16.1. Menentukan
persamaan dan perbedaan isi dan sistematika beberapa resensi.
3.16.2. Menyusun
sebuah resensi buku dengan memperhatikan kelengkapan unsur-unsurnya.
|
4.16.1.
Mempresentasikan, menanggapi,
dan merevisi resensi hasil kerja dalam diskusi kelas.
|
Kompetensi Dasar Pengetahuan
|
Kompetensi Dasar Keterampilan
|
1.
2.
3.
3.1.
3.2.
3.3.
3.4.
3.5.
3.6.
3.7.
3.8.
3.9.
3.10.
3.11.
3.12.
3.13.
3.14.
3.15.
3.16.
3.17. Menganalisis
kebahasaan resensi setidaknya dua karya yang berbeda
|
4.
4.1.
4.2.
4.3.
4.4.
4.5.
4.6.
4.7.
4.8.
4.9.
4.10.
4.11.
4.12.
4.13.
4.14.
4.15.
4.16.
4.17. Mengkonstruksi
sebuah resensi dari buku kumpulan cerita pendek atau novel yang sudah dibaca
|
IPK Pengetahuan
|
IPK Keterampilan
|
1.
2.
3.
3.1.
3.2.
3.3.
3.4.
3.5.
3.6.
3.7.
3.8.
3.9.
3.10.
3.11.
3.12.
3.13.
3.14.
3.15.
3.16.
3.17.
3.17.1. Mengidentifikasi
kebahasaan resensi
3.17.2. Mengonstruksi
sebuah resensi dari buku kumpulan cerpen atau novel.
|
4.17.1.
Mempresentasikan, menanggapi,
dan merevisi resensi hasil kerja dalam diskusi kelas.
|
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah kegiatan belajar mengajar selesai, peserta didik
dapat :
1. Menghayati dan mengamalkan materi Resensisebagai
bentuk penghayatan dan pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2. Menguasai materi Resensidengan menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (gotong royong), kerja sama, toleran, damai), santun, responsive,
dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta menempatkan
diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan factual,
konseptual, procedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusia,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian materi Resensiyang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah kongkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari materi Resensiyang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai
kaidah keilmuan.
D. Materi Pembelajaran
Fakta
Topik : Resensi
· Isi Resesnsi
Konsep
Unsur Kebahasaan
· Kebahasaan dalam resensi
Prinsip
Fungsi Sosial
· Unsur-unsur resensi
Prosedur
Sturktur
· Sistematika resensi
· Membuat resensi
· merekonstruksi resensi.
E. Metode Pembelajaran
Pendekatan : Scientific Learning
Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan) dan
Problem
Based
Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah )/ projek
F. Media Pembelajaran
Media/Alat:
Ø
Worksheet atau lembar kerja (siswa)
Ø
Lembar penilaian
Ø
Penggaris,
spidol, papan tulis
Ø
Laptop &
infocus
Ø
Audio: kaset dan CD.
Ø
Audio-cetak: kaset atau
CD audio yang dilengkapi dengan teks.
Ø
Proyeksi visual diam:
OUT dan film bingkai.
Ø
Proyeksi audio visual:
film dan bingkai (slide) bersuara.
Ø
Audio visual gerak: VCD,
DVD, dan W.
Ø
Visual gerak: film bisu.
Ø
Objek fisik: Benda
nyata, model, dan spesimen.
Ø
Komputer.
Ø
Cetak: buku, modul,
brosur, leaflet, dan gambar.
Bahan :
Ø Spidol / kapur berwarna
G. Sumber Belajar
Ø
Buku penunjang kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa IndonesiaKelas XI Kemendikbud, tahun 2013
Ø
Pengalaman peserta didik dan guru
Ø Manusia dalam lingkungan:
guru, pustakawan, laboran, dan penutur nativ.
H. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan Ke –
1 Materi : Resensi
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
Waktu
|
Sintak Model Pembelajaran
|
90 menit
|
KEGIATAN PENDAHULUAN
|
15 menit
|
Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan)
|
Guru
:
Orientasi
- Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan
materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik
dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya, yaitu :menyusun
karya ilmiah.
- Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
- Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari
dalam kehidupan sehari-hari.
- Apabila
materi / tema / projek ini kerjakan
dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi isi resensi
- Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan
pertanyaan.
Pemberian
Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas
pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada
pertemuan yang berlangsung
- Pembagian
kelompok belajar
- Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
|
Problem
Statemen (pertanyaan/
identifikasi masalah)
|
KEGIATAN
LITERASI
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar
yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar,
·
Melihat
(tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/video tentang materi isi resensi
“Apa
yang kalian pikirkan tentang foto/gambar tersebut?”
Ø lembar
kerja materi isi resensi
Ø pemberian
contoh-contoh materi isi resensi untuk dapat dikembangkan peserta didik,
dari media interaktif, dsb
- Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca materi isi resensi dari buku
paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan
dengan lingkungan
pemberian materi isi resensi oleh guru
·
Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan secara garis
besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi isi resensi, untuk melatih
kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
·
Menulis
Peserta
didik menulis resume tentang apa yang telah dibaca, diamati dan didengarkan
sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL
THINKING (BERPIKIR KRITIK)
·
Mengajukan pertanyaan tentang materi isi
resensi yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk
mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari
pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk
mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan
untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat. Misalnya :
Ø Apa
yang dimaksud dengan isi resensi?
Ø Terdiri
dari apakah isi resensi tersebut?
Ø Seperti
apakah isi resensi tersebut?
Ø Bagaimana
isi resensi itu bekerja?
Ø Apa
fungsi isi resensi?
Ø Bagaimanakah
materi isi resensi itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa
depan peserta didik?
|
KEGIATAN INTI
|
60 menit
|
Data Collection (pengumpulan data)
|
KEGIATAN
LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan
untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
- Mengamati
obyek/kejadian,
mengamati
dengan seksama materi isi resensi yang sedang dipelajari dalam bentuk
gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya
- Membaca
sumber lain selain buku teks,
mencari
dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah
pengetahuan dan pemahaman tentang materi isi resensi yang sedang dipelajari
menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
isi resensi yang sedang dipelajari
- Wawancara/tanya
jawab dengan nara sumber
mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi isi resensi yang tekah disusun dalam
daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION
(KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket
mengenai materi isi resensi
mencatat
semua informasi tentang materi isi resensi yang telah diperoleh pada buku
catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik
dan benar
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi isi resensi sesuai dengan pemahamannya
|
Data Processing (pengolahan Data)
|
COLLABORATION
(KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah
data hasil pengamatan dengan cara :
·
Saling tukar
informasi tentang materi isi
resensi dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok
lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan
sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah
yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang
disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan,
menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan
kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari,
mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
- Berdiskusi
tentang data dari materi isi resensi yang sudah
dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
- Mengolah informasi dari
materi isi resensi yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun
hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang
sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar
kerja.
- Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi isi
resensi
|
KEGIATAN PENUTUP
|
15 menit
|
Verification (pembuktian)
|
CRITICAL
THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi
untuk menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada
buku sumber melalui kegiatan :
- Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang
bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat
yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan
menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif
dalam membuktikan tentang materi : isi
resensi, antara lain dengan
: Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban
soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
- Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi isi resensi berupa kesimpulan
berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya
untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir
sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang mteri : isi resensi
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan
tentanag materi isi resensi dan
ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya
atas presentasi tentang materi isi
resensi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang isi
resensi
- Menjawab
pertanyaan tentang isi resensi yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah
disediakan.
- Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa
berkaitan dengan materi isi
resensi yang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi isi
resensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek
penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Generalizatio (menarik kesimpulan)
|
CREATIVITY
(KREATIVITAS)
Peserta didik :
- Membuat
resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran isi
resensi yang baru dilakukan.
- Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran isi resensi yang baru diselesaikan.
- Mengagendakan
materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau
dirumah.
Guru :
- Memeriksa
pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa
untuk materi pelajaran isi
resensi.
- Peserta
didik yang selesai mengerjakan
tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi
paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas projek /produk
/portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran isi resensi
- Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran isi
resensi kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik
|
CATATAN :
|
Selama
pembelajaran isi resensi berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam
menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa,
kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri,
berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawab, rasa ingin
tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan
untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi
dirinya dan orang lain. (Karakter
Kepramukaan, Kebangsaan, dan Kewirausahaan)
|
|
Pertemuan Ke –
2 Materi : Resensi
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
Waktu
|
Sintak Model Pembelajaran
|
90 menit
|
KEGIATAN PENDAHULUAN
|
15 menit
|
Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan)
|
Guru
:
Orientasi
- Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan
materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik
dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya, yaitu : isi resensi
- Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
- Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari
dalam kehidupan sehari-hari.
- Apabila
materi / tema / projek ini kerjakan
dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi kebahasaan dalam resensi
- Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan
pertanyaan.
Pemberian
Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas
pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada
pertemuan yang berlangsung
- Pembagian
kelompok belajar
- Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
|
Problem
Statemen (pertanyaan/
identifikasi masalah)
|
KEGIATAN
LITERASI
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar
yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar,
·
Melihat
(tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/video tentang materi kebahasaan dalam resensi
“Apa
yang kalian pikirkan tentang foto/gambar tersebut?”
Ø lembar
kerja materi kebahasaan dalam resensi
Ø pemberian
contoh-contoh materi kebahasaan dalam resensi untuk dapat dikembangkan
peserta didik, dari media interaktif, dsb
- Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca materi kebahasaan dalam resensi
dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan lingkungan
pemberian materi kebahasaan dalam resensi
oleh guru
·
Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan secara garis
besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi kebahasaan dalam resensi, untuk
melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
·
Menulis
Peserta
didik menulis resume tentang apa yang telah dibaca, diamati dan didengarkan
sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL
THINKING (BERPIKIR KRITIK)
·
Mengajukan pertanyaan tentang materi kebahasaan
dalam resensi yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan
untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari
pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk
mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan
untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat. Misalnya :
Ø Apa
yang dimaksud dengan kebahasaan dalam resensi?
Ø Terdiri
dari apakah kebahasaan dalam resensi
tersebut?
Ø Seperti
apakah kebahasaan dalam resensi tersebut?
Ø Bagaimana
kebahasaan dalam resensi itu bekerja?
Ø Apa
fungsi kebahasaan dalam resensi?
Ø Bagaimanakah
materi kebahasaan dalam resensi itu berperan dalam kehidupan sehari-hari
dan karir masa depan peserta didik?
|
KEGIATAN INTI
|
60 menit
|
Data Collection (pengumpulan data)
|
KEGIATAN
LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan
untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
- Mengamati
obyek/kejadian,
mengamati
dengan seksama materi kebahasaan dalam resensi yang sedang dipelajari dalam
bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya
- Membaca
sumber lain selain buku teks,
mencari
dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah
pengetahuan dan pemahaman tentang materi kebahasaan dalam resensi yang
sedang dipelajari
menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
kebahasaan dalam resensi yang sedang dipelajari
- Wawancara/tanya
jawab dengan nara sumber
mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi kebahasaan dalam resensi yang tekah
disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION
(KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket
mengenai materi kebahasaan dalam resensi
mencatat
semua informasi tentang materi kebahasaan dalam resensi yang telah
diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa
Indonesia yang baik dan benar
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi kebahasaan dalam resensi sesuai dengan
pemahamannya
|
Data Processing (pengolahan Data)
|
COLLABORATION
(KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah
data hasil pengamatan dengan cara :
·
Saling tukar
informasi tentang materi kebahasaan
dalam resensi dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok
lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan
sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah
yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang
disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan,
menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan
kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari,
mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
- Berdiskusi
tentang data dari materi kebahasaan dalam resensi yang
sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
- Mengolah informasi dari
materi kebahasaan dalam resensi yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun
hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang
sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar
kerja.
- Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi kebahasaan
dalam resensi
|
KEGIATAN PENUTUP
|
15 menit
|
Verification (pembuktian)
|
CRITICAL
THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan
memverifikasi untuk menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau
teori pada buku sumber melalui kegiatan :
- Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang
bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat
yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan
menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif
dalam membuktikan tentang materi : kebahasaan
dalam resensi, antara lain
dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas
jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
- Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi kebahasaan dalam resensi berupa
kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau
media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi,
kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang mteri : kebahasaan dalam resensi
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan
tentanag materi kebahasaan dalam
resensi dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya
atas presentasi tentang materi kebahasaan
dalam resensi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang kebahasaan
dalam resensi
- Menjawab
pertanyaan tentang kebahasaan
dalam resensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
lembar kerja yang telah disediakan.
- Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa
berkaitan dengan materi kebahasaan
dalam resensi yang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi kebahasaan
dalam resensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek
penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Generalizatio (menarik kesimpulan)
|
CREATIVITY
(KREATIVITAS)
Peserta didik :
- Membuat
resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran kebahasaan
dalam resensi yang baru dilakukan.
- Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran kebahasaan dalam resensi yang baru diselesaikan.
- Mengagendakan
materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau
dirumah.
Guru :
- Memeriksa
pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa
untuk materi pelajaran kebahasaan
dalam resensi.
- Peserta
didik yang selesai mengerjakan
tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi
paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas projek /produk
/portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran kebahasaan dalam resensi
- Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran kebahasaan
dalam resensi kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama
yang baik
|
CATATAN :
|
Selama
pembelajaran kebahasaan dalam resensi berlangsung, guru mengamati sikap
siswa dalam menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang
Maha Esa, kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja, disiplin, rasa
percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawab,
rasa ingin tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa Indonesia, serta
kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat bernilai dan
berguna bagi dirinya dan orang lain. (Karakter
Kepramukaan, Kebangsaan, dan Kewirausahaan)
|
|
Pertemuan Ke –
3 Materi : Resensi
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
Waktu
|
Sintak Model Pembelajaran
|
90 menit
|
KEGIATAN PENDAHULUAN
|
15 menit
|
Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan)
|
Guru
:
Orientasi
- Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran
yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu
: kebahasaan dalam resensi
- Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
- Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari
dalam kehidupan sehari-hari.
- Apabila
materi / tema / projek ini kerjakan
dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi membuat resensi
- Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan
pertanyaan.
Pemberian
Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas
pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada
pertemuan yang berlangsung
- Pembagian
kelompok belajar
- Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
|
Problem
Statemen (pertanyaan/
identifikasi masalah)
|
KEGIATAN
LITERASI
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar
yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar,
·
Melihat
(tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/video tentang materi membuat resensi
“Apa
yang kalian pikirkan tentang foto/gambar tersebut?”
Ø lembar
kerja materi membuat resensi
Ø pemberian
contoh-contoh materi membuat resensi untuk dapat dikembangkan peserta
didik, dari media interaktif, dsb
- Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca materi membuat resensi dari buku
paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan
dengan lingkungan
pemberian materi membuat resensi oleh
guru
·
Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan secara garis
besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi membuat resensi, untuk melatih
kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
·
Menulis
Peserta
didik menulis resume tentang apa yang telah dibaca, diamati dan didengarkan
sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL
THINKING (BERPIKIR KRITIK)
·
Mengajukan pertanyaan tentang materi membuat
resensi yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk
mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari
pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk
mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan
untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat. Misalnya :
Ø Apa
yang dimaksud dengan membuat resensi?
Ø Terdiri
dari apakah membuat resensi
tersebut?
Ø Seperti
apakah membuat resensi tersebut?
Ø Bagaimana
membuat resensi itu bekerja?
Ø Apa
fungsi membuat resensi?
Ø Bagaimanakah
materi membuat resensi itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir
masa depan peserta didik?
|
KEGIATAN INTI
|
60 menit
|
Data Collection (pengumpulan data)
|
KEGIATAN
LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan
untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
- Mengamati
obyek/kejadian,
mengamati
dengan seksama materi membuat resensi yang sedang dipelajari dalam bentuk
gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya
- Membaca
sumber lain selain buku teks,
mencari
dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah
pengetahuan dan pemahaman tentang materi membuat resensi yang sedang
dipelajari
menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
membuat resensi yang sedang dipelajari
- Wawancara/tanya
jawab dengan nara sumber
mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi membuat resensi yang tekah disusun
dalam daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION
(KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket
mengenai materi membuat resensi
mencatat
semua informasi tentang materi membuat resensi yang telah diperoleh pada
buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang
baik dan benar
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi membuat resensi sesuai dengan
pemahamannya
|
Data Processing (pengolahan Data)
|
COLLABORATION
(KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data
hasil pengamatan dengan cara :
·
Saling tukar
informasi tentang materi membuat
resensi dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok
lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan
sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah
yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang
disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan,
menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
- Berdiskusi
tentang data dari materi membuat resensi yang sudah
dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
- Mengolah informasi dari
materi membuat resensi yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun
hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang
sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar
kerja.
- Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi membuat
resensi
|
KEGIATAN PENUTUP
|
15 menit
|
Verification (pembuktian)
|
CRITICAL
THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi
untuk menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada
buku sumber melalui kegiatan :
- Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang
bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat
yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan
menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif
dalam membuktikan tentang materi : membuat
resensi, antara lain dengan
: Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban
soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
- Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi membuat resensi berupa
kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau
media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi,
kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang mteri : membuat resensi
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan
tentanag materi membuat resensi dan
ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya
atas presentasi tentang materi membuat
resensi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang membuat
resensi
- Menjawab
pertanyaan tentang membuat
resensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar
kerja yang telah disediakan.
- Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa
berkaitan dengan materi membuat
resensi yang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi membuat
resensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek
penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Generalizatio (menarik kesimpulan)
|
CREATIVITY
(KREATIVITAS)
Peserta didik :
- Membuat
resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran membuat
resensi yang baru dilakukan.
- Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran membuat resensi yang baru diselesaikan.
- Mengagendakan
materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau
dirumah.
Guru :
- Memeriksa
pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa
untuk materi pelajaran membuat
resensi.
- Peserta
didik yang selesai mengerjakan
tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi
paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas projek /produk
/portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran membuat resensi
- Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran membuat
resensi kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik
|
CATATAN :
|
Selama
pembelajaran membuat resensi berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam
menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa,
kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri,
berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawab, rasa ingin
tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan
untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi
dirinya dan orang lain. (Karakter
Kepramukaan, Kebangsaan, dan Kewirausahaan)
|
|
Pertemuan Ke –
4 Materi : Resensi
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
Waktu
|
Sintak Model Pembelajaran
|
90 menit
|
KEGIATAN PENDAHULUAN
|
15 menit
|
Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan)
|
Guru
:
Orientasi
- Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan
materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik
dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya, yaitu : membuat
resensi
- Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
- Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari
dalam kehidupan sehari-hari.
- Apabila
materi / tema / projek ini kerjakan
dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi unsur-unsur resensi
- Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan
pertanyaan.
Pemberian
Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas
pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada
pertemuan yang berlangsung
- Pembagian
kelompok belajar
- Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
|
Problem
Statemen (pertanyaan/
identifikasi masalah)
|
KEGIATAN
LITERASI
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar
yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar,
·
Melihat
(tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/video tentang materi unsur-unsur resensi
“Apa
yang kalian pikirkan tentang foto/gambar tersebut?”
Ø lembar
kerja materi unsur-unsur resensi
Ø pemberian
contoh-contoh materi unsur-unsur resensi untuk dapat dikembangkan peserta
didik, dari media interaktif, dsb
- Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca materi unsur-unsur resensi dari
buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan lingkungan
pemberian materi unsur-unsur resensi oleh
guru
·
Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan secara garis
besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi unsur-unsur resensi, untuk melatih
kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
·
Menulis
Peserta
didik menulis resume tentang apa yang telah dibaca, diamati dan didengarkan
sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL
THINKING (BERPIKIR KRITIK)
·
Mengajukan pertanyaan tentang materi unsur-unsur
resensi yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk
mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari
pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk
mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan
untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat. Misalnya :
Ø Apa
yang dimaksud dengan unsur-unsur resensi?
Ø Terdiri
dari apakah unsur-unsur resensi
tersebut?
Ø Seperti
apakah unsur-unsur resensi tersebut?
Ø Bagaimana
unsur-unsur resensi itu bekerja?
Ø Apa
fungsi unsur-unsur resensi?
Ø Bagaimanakah
materi unsur-unsur resensi itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan
karir masa depan peserta didik?
|
KEGIATAN INTI
|
60 menit
|
Data Collection (pengumpulan data)
|
KEGIATAN
LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan
untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
- Mengamati
obyek/kejadian,
mengamati
dengan seksama materi unsur-unsur resensi yang sedang dipelajari dalam
bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya
- Membaca
sumber lain selain buku teks,
mencari
dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah
pengetahuan dan pemahaman tentang materi unsur-unsur resensi yang sedang
dipelajari
menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
unsur-unsur resensi yang sedang dipelajari
- Wawancara/tanya
jawab dengan nara sumber
mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi unsur-unsur resensi yang tekah disusun
dalam daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION
(KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket
mengenai materi unsur-unsur resensi
mencatat
semua informasi tentang materi unsur-unsur resensi yang telah diperoleh
pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia
yang baik dan benar
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi unsur-unsur resensi sesuai dengan
pemahamannya
|
Data Processing (pengolahan Data)
|
COLLABORATION
(KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah
data hasil pengamatan dengan cara :
·
Saling tukar
informasi tentang materi unsur-unsur
resensi dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok
lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan
sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah
yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang
disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan,
menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan
kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari,
mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
- Berdiskusi
tentang data dari materi unsur-unsur resensi yang sudah
dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
- Mengolah informasi dari
materi unsur-unsur resensi yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun
hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang
sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar
kerja.
- Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi unsur-unsur
resensi
|
KEGIATAN PENUTUP
|
15 menit
|
Verification (pembuktian)
|
CRITICAL
THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan
memverifikasi untuk menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau
teori pada buku sumber melalui kegiatan :
- Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang
bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat
yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan
menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif
dalam membuktikan tentang materi : unsur-unsur
resensi, antara lain dengan
: Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban
soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
- Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi unsur-unsur resensi berupa
kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau
media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi,
kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang mteri : unsur-unsur resensi
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan
tentanag materi unsur-unsur
resensi dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya
atas presentasi tentang materi unsur-unsur
resensi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang unsur-unsur
resensi
- Menjawab
pertanyaan tentang unsur-unsur
resensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar
kerja yang telah disediakan.
- Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa
berkaitan dengan materi unsur-unsur
resensi yang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi unsur-unsur
resensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan
siswa terhadap materi pelajaran
|
Generalizatio (menarik kesimpulan)
|
CREATIVITY
(KREATIVITAS)
Peserta didik :
- Membuat
resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran unsur-unsur
resensi yang baru dilakukan.
- Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran unsur-unsur resensi yang baru diselesaikan.
- Mengagendakan
materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa
pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa
untuk materi pelajaran unsur-unsur
resensi.
- Peserta
didik yang selesai mengerjakan
tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi
paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas projek /produk
/portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran unsur-unsur resensi
- Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran unsur-unsur
resensi kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik
|
CATATAN :
|
Selama
pembelajaran unsur-unsur resensi berlangsung, guru mengamati sikap siswa
dalam menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa,
kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri,
berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawab, rasa ingin
tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan
untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi
dirinya dan orang lain. (Karakter
Kepramukaan, Kebangsaan, dan Kewirausahaan)
|
|
Pertemuan Ke –
5 Materi : Resensi
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
Waktu
|
Sintak Model Pembelajaran
|
90 menit
|
KEGIATAN PENDAHULUAN
|
15 menit
|
Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan)
|
Guru
:
Orientasi
- Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan
materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik
dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya, yaitu : unsur-unsur
resensi
- Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
- Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari
dalam kehidupan sehari-hari.
- Apabila
materi / tema / projek ini kerjakan
dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi sistematika resensi
- Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan
pertanyaan.
Pemberian
Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas
pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada
pertemuan yang berlangsung
- Pembagian
kelompok belajar
- Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
|
Problem
Statemen (pertanyaan/
identifikasi masalah)
|
KEGIATAN
LITERASI
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar
yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar,
·
Melihat
(tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/video tentang materi sistematika resensi
“Apa
yang kalian pikirkan tentang foto/gambar tersebut?”
Ø lembar
kerja materi sistematika resensi
Ø pemberian
contoh-contoh materi sistematika resensi untuk dapat dikembangkan peserta
didik, dari media interaktif, dsb
- Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca materi sistematika resensi dari
buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan lingkungan
pemberian materi sistematika resensi oleh
guru
·
Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan secara garis
besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi sistematika resensi, untuk melatih
kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
·
Menulis
Peserta
didik menulis resume tentang apa yang telah dibaca, diamati dan didengarkan
sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL
THINKING (BERPIKIR KRITIK)
·
Mengajukan pertanyaan tentang materi sistematika
resensi yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk
mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari
pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk
mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan
untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat. Misalnya :
Ø Apa
yang dimaksud dengan sistematika resensi?
Ø Terdiri
dari apakah sistematika resensi
tersebut?
Ø Seperti
apakah sistematika resensi tersebut?
Ø Bagaimana
sistematika resensi itu bekerja?
Ø Apa
fungsi sistematika resensi?
Ø Bagaimanakah
materi sistematika resensi itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan
karir masa depan peserta didik?
|
KEGIATAN INTI
|
60 menit
|
Data Collection (pengumpulan data)
|
KEGIATAN
LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan
untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
- Mengamati
obyek/kejadian,
mengamati
dengan seksama materi sistematika resensi yang sedang dipelajari dalam
bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya
- Membaca
sumber lain selain buku teks,
mencari
dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah
pengetahuan dan pemahaman tentang materi sistematika resensi yang sedang
dipelajari
menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
sistematika resensi yang sedang dipelajari
- Wawancara/tanya
jawab dengan nara sumber
mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi sistematika resensi yang tekah disusun
dalam daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION
(KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket
mengenai materi sistematika resensi
mencatat
semua informasi tentang materi sistematika resensi yang telah diperoleh
pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia
yang baik dan benar
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi sistematika resensi sesuai dengan
pemahamannya
|
Data Processing (pengolahan Data)
|
COLLABORATION
(KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah
data hasil pengamatan dengan cara :
·
Saling tukar
informasi tentang materi sistematika
resensi dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok
lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan
sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah
yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang
disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan,
menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan
kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari,
mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
- Berdiskusi
tentang data dari materi sistematika resensi yang sudah
dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
- Mengolah informasi dari
materi sistematika resensi yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun
hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang
sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar
kerja.
- Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi sistematika
resensi
|
KEGIATAN PENUTUP
|
15 menit
|
Verification (pembuktian)
|
CRITICAL
THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan
memverifikasi untuk menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau
teori pada buku sumber melalui kegiatan :
- Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang
bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat
yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan
menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif
dalam membuktikan tentang materi : sistematika
resensi, antara lain dengan
: Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban
soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
- Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi sistematika resensi berupa
kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau
media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi,
kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang mteri : sistematika resensi
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan
tentanag materi sistematika
resensi dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya
atas presentasi tentang materi sistematika
resensi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang sistematika
resensi
- Menjawab
pertanyaan tentang sistematika
resensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar
kerja yang telah disediakan.
- Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa
berkaitan dengan materi sistematika
resensi yang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi sistematika
resensi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan
siswa terhadap materi pelajaran
|
Generalizatio (menarik kesimpulan)
|
CREATIVITY
(KREATIVITAS)
Peserta didik :
- Membuat
resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran sistematika
resensi yang baru dilakukan.
- Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran sistematika resensi yang baru diselesaikan.
- Mengagendakan
materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa
pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa
untuk materi pelajaran sistematika
resensi.
- Peserta
didik yang selesai mengerjakan
tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi
paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas projek /produk
/portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran sistematika resensi
- Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran sistematika
resensi kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik
|
CATATAN :
|
Selama
pembelajaran sistematika resensi berlangsung, guru mengamati sikap siswa
dalam menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa,
kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri,
berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawab, rasa ingin
tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan
untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi
dirinya dan orang lain. (Karakter
Kepramukaan, Kebangsaan, dan Kewirausahaan)
|
|
Pertemuan Ke –
6 Materi : Resensi
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
Waktu
|
Sintak Model Pembelajaran
|
90 menit
|
KEGIATAN PENDAHULUAN
|
15 menit
|
Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan)
|
Guru
:
Orientasi
- Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan
materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik
dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya, yaitu : sistematika
resensi
- Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
- Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari
dalam kehidupan sehari-hari.
- Apabila
materi / tema / projek ini kerjakan
dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi merekonstruksi resensi
- Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan
pertanyaan.
Pemberian
Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas
pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada
pertemuan yang berlangsung
- Pembagian
kelompok belajar
- Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
|
Problem
Statemen (pertanyaan/
identifikasi masalah)
|
KEGIATAN
LITERASI
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar
yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar,
·
Melihat
(tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/video tentang materi merekonstruksi resensi
“Apa
yang kalian pikirkan tentang foto/gambar tersebut?”
Ø lembar
kerja materi merekonstruksi resensi
Ø pemberian
contoh-contoh materi merekonstruksi resensi untuk dapat dikembangkan
peserta didik, dari media interaktif, dsb
- Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca materi merekonstruksi resensi
dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan lingkungan
pemberian materi merekonstruksi resensi
oleh guru
·
Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan secara garis
besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi merekonstruksi resensi, untuk
melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
·
Menulis
Peserta
didik menulis resume tentang apa yang telah dibaca, diamati dan didengarkan
sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL
THINKING (BERPIKIR KRITIK)
·
Mengajukan pertanyaan tentang materi merekonstruksi
resensiyang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk
mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari
pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk
mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan
untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat. Misalnya :
Ø Apa
yang dimaksud dengan merekonstruksi resensi?
Ø Terdiri
dari apakah merekonstruksi resensi
tersebut?
Ø Seperti
apakah merekonstruksi resensi tersebut?
Ø Bagaimana
merekonstruksi resensi itu bekerja?
Ø Apa
fungsi merekonstruksi resensi?
Ø Bagaimanakah
materi merekonstruksi resensi itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan
karir masa depan peserta didik?
|
KEGIATAN INTI
|
60 menit
|
Data Collection (pengumpulan data)
|
KEGIATAN
LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan
untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
- Mengamati
obyek/kejadian,
mengamati
dengan seksama materi merekonstruksi resensi yang sedang dipelajari dalam
bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya
- Membaca
sumber lain selain buku teks,
mencari
dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah
pengetahuan dan pemahaman tentang materi merekonstruksi resensi yang sedang
dipelajari
menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
merekonstruksi resensi yang sedang dipelajari
- Wawancara/tanya
jawab dengan nara sumber
mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi merekonstruksi resensi yang tekah
disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION
(KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket
mengenai materi merekonstruksi resensi
mencatat
semua informasi tentang materi merekonstruksi resensi yang telah diperoleh
pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia
yang baik dan benar
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi merekonstruksi resensi sesuai dengan
pemahamannya
|
Data Processing (pengolahan Data)
|
COLLABORATION
(KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah
data hasil pengamatan dengan cara :
·
Saling tukar
informasi tentang materi merekonstruksi
resensi dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok
lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan
sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah
yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang
disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan,
menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan
kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari,
mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
- Berdiskusi
tentang data dari materi merekonstruksi resensiyang
sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
- Mengolah informasi dari
materi merekonstruksi resensiyang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun
hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang
sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar
kerja.
- Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi merekonstruksi
resensi
|
KEGIATAN PENUTUP
|
15 menit
|
Verification (pembuktian)
|
CRITICAL
THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan
memverifikasi untuk menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau teori
pada buku sumber melalui kegiatan :
- Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang
bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat
yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan
menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif
dalam membuktikan tentang materi : merekonstruksi
resensi, antara lain dengan
: Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban
soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
- Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi merekonstruksi resensiberupa
kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau
media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi,
kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang mteri : merekonstruksi resensi
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan
tentanag materi merekonstruksi
resensidan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya
atas presentasi tentang materi merekonstruksi
resensiyang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang merekonstruksi
resensi
- Menjawab
pertanyaan tentang merekonstruksi
resensiyang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar
kerja yang telah disediakan.
- Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa
berkaitan dengan materi merekonstruksi
resensiyang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi merekonstruksi
resensiyang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek
penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Generalizatio (menarik kesimpulan)
|
CREATIVITY
(KREATIVITAS)
Peserta didik :
- Membuat
resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran merekonstruksi
resensiyang baru dilakukan.
- Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran merekonstruksi resensi yang baru diselesaikan.
- Mengagendakan
materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau
dirumah.
Guru :
- Memeriksa
pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa
untuk materi pelajaran merekonstruksi
resensi.
- Peserta
didik yang selesai mengerjakan
tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi
paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas projek /produk
/portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran merekonstruksi resensi
- Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran merekonstruksi
resensikepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik
|
CATATAN :
|
Selama
pembelajaran merekonstruksi resensi berlangsung, guru mengamati sikap siswa
dalam menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa,
kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri,
berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawab, rasa ingin
tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan
untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi
dirinya dan orang lain. (Karakter
Kepramukaan, Kebangsaan, dan Kewirausahaan)
|
|
I.
Penilaian
Sikap
Jurnal
LEMBAR PENILAIAN SIKAP - JURNAL
Nama Siswa : ………………..
Kelas : ………………
No.
|
Hari/Tanggal
|
Sikap/Perilaku
|
Keterangan
|
Positif
|
Negatif
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Penilaian Sikap - Jurnal
|
Nama Peserta Didik :
…………...........................................……..
Kelas :
…………...........................................……..
Aspek yang diamati :
…………...........................................……..
No
|
Hari/tanggal
|
Kejadian
|
Keterangan /
Tindak Lanjut
|
1
|
|
|
|
….
|
|
|
|
Nilai jurnal menggunakan skala
Sangat Baik (SB)= 100, Baik (B) = 75, Cukup (C) = 50, dan Kurang (K) = 25
|
Pengetahuan
-
Tertulis Pilihan Ganda (lihat lampiran)
-
Tertulis Uraian(lihat lampiran)
-
Tes Lisan / Observasi terhadap Diskusi Tanya Jawab dan Percakapan
Praktek Monolog atau Dialog
Penilaian Aspek Percakapan
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Skala
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
25
|
50
|
75
|
100
|
1
|
Intonasi
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Pelafalan
|
|
|
|
|
3
|
Kelancaran
|
|
|
|
|
4
|
Ekspresi
|
|
|
|
|
5
|
Penampilan
|
|
|
|
|
6
|
Gestur
|
|
|
|
|
-
Penugasan(lihat lampiran)
Tugas Rumah
a)
Peserta didik menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku
peserta didik
b)
Peserta didik memnta tanda tangan orangtua sebagai bukti
bahwa mereka telah mengerjakan tugas rumah dengan baik
c)
Peserta didik mengumpulkan jawaban dari tugas rumah yang
telah dikerjakan untuk mendapatkan penilaian
Keterampilan
-
Penilaian Unjuk Kerja
Contoh instrumen penilaian unjuk
kerja dapat dilihat pada instrumen penilaian ujian keterampilan berbicara
sebagai berikut:
Instrumen Penilaian
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Sangat
Baik
(100)
|
Baik
(75)
|
Kurang
Baik
(50)
|
Tidak
Baik
(25)
|
1
|
Kesesuaian respon
dengan pertanyaan
|
|
|
|
|
2
|
Keserasian pemilihan
kata
|
|
|
|
|
3
|
Kesesuaian penggunaan
tata bahasa
|
|
|
|
|
4
|
Pelafalan
|
|
|
|
|
Kriteria penilaian (skor)
100 = Sangat Baik 50 = Kurang
Baik
75 = Baik 25 = Tidak
Baik
Cara mencari nilai (N) = Jumalah skor yang diperoleh siswa dibagi jumlah
skor maksimal dikali skor ideal (100)
Instrumen Penilaian
Diskusi
No
|
Aspek yang
Dinilai
|
100
|
75
|
50
|
25
|
1
|
Penguasaan materi diskusi
|
|
|
|
|
2
|
Kemampuan menjawab pertanyaan
|
|
|
|
|
3
|
Kemampuan mengolah kata
|
|
|
|
|
4
|
Kemampuan menyelesaikan masalah
|
|
|
|
|
Keterangan :
100 = Sangat Baik 50 = Kurang
Baik
75 = Baik 25 = Tidak
Baik
KESUGIHAN,
24 JUNI 2019
Mengetahui
Kepala SMA YA
BAKII Guru
Mata Pelajaran
MOH. HASBULLOH MAULANA,S.Pd.I SUKRINIAM,S.Ag.M.Pd.
NIP/NRK. NIP/NRK.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar