RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah
|
:
|
YA BAKII KESUGIHAN
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Indonesia
|
Kelas/Semester
|
:
|
XI / Genap
|
Tahun Pelajaran
|
:
|
20…. /
20……
|
Materi Pokok
|
:
|
Drama
|
Alokasi Waktu
|
:
|
4
Minggu x 4 Jam pelajaran @ 45 Menit
|
A. Kompetensi Inti
·
KI-1 dan KI-2:Menghayati
dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam
berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan,
keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara,
kawasan regional, dan kawasan internasional”.
·
KI 3: Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
·
KI4: Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah
keilmuan
B. Kompetensi Dasar
dan Indikator Pencapaian Indikator
Kompetensi Dasar Pengetahuan
|
Kompetensi Dasar Keterampilan
|
1.
2.
3.
3.1.
3.2.
3.3.
3.4.
3.5.
3.6.
3.7.
3.8.
3.9.
3.10.
3.11.
3.12.
3.13.
3.14.
3.15.
3.16.
3.17.
3.18. Mengidentifikasi
alur cerita, babak demi babak, dan konflik dalam drama yang dibaca atau
ditonton
|
4.
4.1.
4.2.
4.3.
4.4.
4.5.
4.6.
4.7.
4.8.
4.9.
4.10.
4.11.
4.12.
4.13.
4.14.
4.15.
4.16.
4.17.
4.18. Mempertunjukkan
salah satu tokoh dalam drama yang dibaca atau ditonton secara lisan
|
IPK Pengetahuan
|
IPK Keterampilan
|
1.
2.
3.
3.1.
3.2.
3.3.
3.4.
3.5.
3.6.
3.7.
3.8.
3.9.
3.10.
3.11.
3.12.
3.13.
3.14.
3.15.
3.16.
3.17.
3.18.
3.18.1. Mendata,
alur, konfliks, penokohan, dan hal yang menarik dalam drama yang dipentaskan.
3.18.2. Memerankan
salah satu tokoh dalam naskah drama
yang dibaca sesuai dengan watak tokoh tersebut
|
4.18.1.
Memberi tanggapan, serta
memperbaiki hasil kerja dalam diskusi kelas.
|
Kompetensi Dasar Pengetahuan
|
Kompetensi Dasar Keterampilan
|
1.
2.
3.
3.1.
3.2.
3.3.
3.4.
3.5.
3.6.
3.7.
3.8.
3.9.
3.10.
3.11.
3.12.
3.13.
3.14.
3.15.
3.16.
3.17.
3.18.
3.19. Menganalisis
isi dan kebahasaan drama yang dibaca atau ditonton
|
4.
4.1.
4.2.
4.3.
4.4.
4.5.
4.6.
4.7.
4.8.
4.9.
4.10.
4.11.
4.12.
4.13.
4.14.
4.15.
4.16.
4.17.
4.18.
4.19. Mendemonstrasikan
sebuah naskah drama dengan memerhatikan isi dan kebahasaan
|
IPK Pengetahuan
|
IPK Keterampilan
|
1.
2.
3.
3.1.
3.2.
3.3.
3.4.
3.5.
3.6.
3.7.
3.8.
3.9.
3.10.
3.11.
3.12.
3.13.
3.14.
3.15.
3.16.
3.17.
3.18.
3.19.
3.19.1. Mengidentifikasi
isi dan kebahasaan drama yang dibaca atau ditonton.
3.19.2. Merancang
pementasan dan mendemonstrasikan drama
sebagai seni pertunjukan dengan memperhatikan tata panggung, kostum,
tata musik, dan sebagainya.
|
4.19.1.
Memberikan tanggapan terhadap
pementasan drama kelompok lain.
|
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah kegiatan belajar mengajar selesai, peserta didik
dapat :
1. Menghayati dan mengamalkan materi drama sebagai bentuk
penghayatan dan pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2. Menguasai materi drama dengan menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong), kerja sama, toleran, damai),
santun, responsive, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan
alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan factual,
konseptual, procedural, berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusia,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian materi drama yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah kongkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari materi drama yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
D. Materi Pembelajaran
Fakta
Topik : Drama
· Alur dalam drama
· Isi drama
Konsep
Unsur Kebahasaan
· Babak dalam drama
· Penokohan dalam drama
· Kebahasaan drama
Prinsip
Fungsi Sosial
· Konflik dalam drama
Prosedur
Sturktur
· Persiapan mementaskan drama.
· Pementasan drama
E. Metode Pembelajaran
Pendekatan : Scientific Learning
Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan) dan
Problem
Based
Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah )/ projek
F. Media Pembelajaran
Media/Alat:
Ø
Worksheet atau lembar kerja (siswa)
Ø
Lembar penilaian
Ø
Penggaris,
spidol, papan tulis
Ø
Laptop &
infocus
Ø
Audio: kaset dan CD.
Ø
Audio-cetak: kaset atau
CD audio yang dilengkapi dengan teks.
Ø
Proyeksi visual diam:
OUT dan film bingkai.
Ø
Proyeksi audio visual:
film dan bingkai (slide) bersuara.
Ø
Audio visual gerak: VCD,
DVD, dan W.
Ø
Visual gerak: film bisu.
Ø
Objek fisik: Benda
nyata, model, dan spesimen.
Ø
Komputer.
Ø
Cetak: buku, modul,
brosur, leaflet, dan gambar.
Bahan :
Ø Spidol / kapur berwarna
G. Sumber Belajar
Ø
Buku penunjang kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa IndonesiaKelas XI Kemendikbud, tahun 2013
Ø
Pengalaman peserta didik dan guru
Ø Manusia dalam lingkungan:
guru, pustakawan, laboran, dan penutur nativ.
H. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan Ke –
1 Materi : Drama
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
Waktu
|
Sintak Model Pembelajaran
|
90 menit
|
KEGIATAN PENDAHULUAN
|
15 menit
|
Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan)
|
Guru
:
Orientasi
- Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan
materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik
dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya, yaitu : merekonstruksi
resensi
- Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
- Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari
dalam kehidupan sehari-hari.
- Apabila
materi / tema / projek ini kerjakan
dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi Alur dalam drama
- Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan
pertanyaan.
Pemberian
Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas
pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada
pertemuan yang berlangsung
- Pembagian
kelompok belajar
- Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
|
Problem
Statemen (pertanyaan/
identifikasi masalah)
|
KEGIATAN
LITERASI
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar
yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar,
·
Melihat
(tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/video tentang materi Alur dalam drama
“Apa
yang kalian pikirkan tentang foto/gambar tersebut?”
Ø lembar
kerja materi Alur dalam drama
Ø pemberian
contoh-contoh materi Alur dalam drama untuk dapat dikembangkan peserta
didik, dari media interaktif, dsb
- Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca materi Alur dalam drama dari buku
paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan
dengan lingkungan
pemberian materi Alur dalam drama oleh
guru
·
Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan secara garis
besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi Alur dalam drama, untuk melatih
kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
·
Menulis
Peserta
didik menulis resume tentang apa yang telah dibaca, diamati dan didengarkan
sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL
THINKING (BERPIKIR KRITIK)
·
Mengajukan pertanyaan tentang materi Alur
dalam drama yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan
untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari
pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk
mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan
untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat. Misalnya :
Ø Apa
yang dimaksud dengan Alur dalam drama?
Ø Terdiri
dari apakah Alur dalam drama
tersebut?
Ø Seperti
apakah Alur dalam drama tersebut?
Ø Bagaimana
Alur dalam drama itu bekerja?
Ø Apa
fungsi Alur dalam drama?
Ø Bagaimanakah
materi Alur dalam drama itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir
masa depan peserta didik?
|
KEGIATAN INTI
|
60 menit
|
Data Collection (pengumpulan data)
|
KEGIATAN
LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan
untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
- Mengamati
obyek/kejadian,
mengamati
dengan seksama materi Alur dalam drama yang sedang dipelajari dalam bentuk
gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya
- Membaca
sumber lain selain buku teks,
mencari
dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah
pengetahuan dan pemahaman tentang materi Alur dalam drama yang sedang
dipelajari
menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
Alur dalam drama yang sedang dipelajari
- Wawancara/tanya
jawab dengan nara sumber
mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi Alur dalam drama yang tekah disusun
dalam daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION
(KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket
mengenai materi Alur dalam drama
mencatat
semua informasi tentang materi Alur dalam drama yang telah diperoleh pada
buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang
baik dan benar
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi Alur dalam drama sesuai dengan
pemahamannya
|
Data Processing (pengolahan Data)
|
COLLABORATION
(KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah
data hasil pengamatan dengan cara :
·
Saling tukar
informasi tentang materi Alur
dalam drama dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok
lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai
bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang
disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan,
menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan
kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari,
mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
- Berdiskusi
tentang data dari materi Alur dalam drama yang sudah
dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
- Mengolah informasi dari
materi Alur dalam drama yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun
hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang
sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar
kerja.
- Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Alur
dalam drama
|
KEGIATAN PENUTUP
|
15 menit
|
Verification (pembuktian)
|
CRITICAL
THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan
memverifikasi untuk menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau
teori pada buku sumber melalui kegiatan :
- Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang
bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat
yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan
menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif
dalam membuktikan tentang materi : Alur
dalam drama, antara lain
dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas
jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
- Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi Alur dalam drama berupa
kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau
media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi,
kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang mteri : Alur dalam drama
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan
tentanag materi Alur dalam drama
dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya
atas presentasi tentang materi Alur
dalam drama yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang Alur
dalam drama
- Menjawab
pertanyaan tentang Alur dalam
drama yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar
kerja yang telah disediakan.
- Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa
berkaitan dengan materi Alur
dalam drama yang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Alur
dalam drama yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek
penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Generalizatio (menarik kesimpulan)
|
CREATIVITY
(KREATIVITAS)
Peserta didik :
- Membuat
resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran Alur
dalam drama yang baru dilakukan.
- Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Alur dalam drama yang baru diselesaikan.
- Mengagendakan
materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau
dirumah.
Guru :
- Memeriksa
pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa untuk
materi pelajaran Alur dalam
drama.
- Peserta
didik yang selesai mengerjakan
tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi
paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas projek /produk
/portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran Alur dalam drama
- Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Alur
dalam drama kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama
yang baik
|
CATATAN :
|
Selama
pembelajaran Alur dalam drama berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam
menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa,
kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri,
berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawab, rasa ingin
tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan
untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi
dirinya dan orang lain. (Karakter
Kepramukaan, Kebangsaan, dan Kewirausahaan)
|
|
Pertemuan Ke –
2 Materi : Drama
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
Waktu
|
Sintak Model Pembelajaran
|
90 menit
|
KEGIATAN PENDAHULUAN
|
15 menit
|
Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan)
|
Guru
:
Orientasi
- Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan
materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik
dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya, yaitu : Alur dalam
drama
- Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
- Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari
dalam kehidupan sehari-hari.
- Apabila
materi / tema / projek ini kerjakan
dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi Babak dalam drama
- Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan
pertanyaan.
Pemberian
Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas
pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada
pertemuan yang berlangsung
- Pembagian
kelompok belajar
- Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
|
Problem
Statemen (pertanyaan/
identifikasi masalah)
|
KEGIATAN
LITERASI
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar
yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar,
·
Melihat
(tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/video tentang materi Babak dalam drama
“Apa
yang kalian pikirkan tentang foto/gambar tersebut?”
Ø lembar
kerja materi Babak dalam drama
Ø pemberian
contoh-contoh materi Babak dalam drama untuk dapat dikembangkan peserta
didik, dari media interaktif, dsb
- Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca materi Babak dalam drama dari
buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan lingkungan
pemberian materi Babak dalam drama oleh
guru
·
Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan secara garis
besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi Babak dalam drama, untuk melatih
kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
·
Menulis
Peserta
didik menulis resume tentang apa yang telah dibaca, diamati dan didengarkan
sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL
THINKING (BERPIKIR KRITIK)
·
Mengajukan pertanyaan tentang materi Babak
dalam drama yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan
untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari
pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk
mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan
untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat. Misalnya :
Ø Apa
yang dimaksud dengan Babak dalam drama?
Ø Terdiri
dari apakah Babak dalam drama
tersebut?
Ø Seperti
apakah Babak dalam drama tersebut?
Ø Bagaimana
Babak dalam drama itu bekerja?
Ø Apa
fungsi Babak dalam drama?
Ø Bagaimanakah
materi Babak dalam drama itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir
masa depan peserta didik?
|
KEGIATAN INTI
|
60 menit
|
Data Collection (pengumpulan data)
|
KEGIATAN
LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan
untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
- Mengamati
obyek/kejadian,
mengamati
dengan seksama materi Babak dalam drama yang sedang dipelajari dalam bentuk
gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya
- Membaca
sumber lain selain buku teks,
mencari
dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah
pengetahuan dan pemahaman tentang materi Babak dalam drama yang sedang
dipelajari
menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
Babak dalam drama yang sedang dipelajari
- Wawancara/tanya
jawab dengan nara sumber
mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi Babak dalam drama yang tekah disusun
dalam daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION
(KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai
materi Babak dalam drama
mencatat
semua informasi tentang materi Babak dalam drama yang telah diperoleh pada
buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang
baik dan benar
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi Babak dalam drama sesuai dengan
pemahamannya
|
Data Processing (pengolahan Data)
|
COLLABORATION
(KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah
data hasil pengamatan dengan cara :
·
Saling tukar
informasi tentang materi Babak
dalam drama dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok
lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan
sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah
yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang
disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan,
menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan
kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari,
mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
- Berdiskusi
tentang data dari materi Babak dalam drama yang sudah
dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
- Mengolah informasi dari
materi Babak dalam drama yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun
hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang
sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar
kerja.
- Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Babak
dalam drama
|
KEGIATAN PENUTUP
|
15 menit
|
Verification (pembuktian)
|
CRITICAL
THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan
memverifikasi untuk menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau
teori pada buku sumber melalui kegiatan :
- Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang
bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat
yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan
menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif
dalam membuktikan tentang materi : Babak
dalam drama, antara lain
dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas
jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
- Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi Babak dalam drama berupa
kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau
media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi,
kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang mteri : Babak dalam drama
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan
tentanag materi Babak dalam
drama dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya
atas presentasi tentang materi Babak
dalam drama yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang Babak
dalam drama
- Menjawab
pertanyaan tentang Babak dalam
drama yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar
kerja yang telah disediakan.
- Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa
berkaitan dengan materi Babak
dalam drama yang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Babak
dalam drama yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek
penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Generalizatio (menarik kesimpulan)
|
CREATIVITY
(KREATIVITAS)
Peserta didik :
- Membuat
resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran Babak
dalam drama yang baru dilakukan.
- Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Babak dalam drama yang baru diselesaikan.
- Mengagendakan
materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau
dirumah.
Guru :
- Memeriksa
pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa untuk
materi pelajaran Babak dalam
drama.
- Peserta
didik yang selesai mengerjakan
tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi
paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas projek /produk
/portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran Babak dalam drama
- Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Babak
dalam drama kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama
yang baik
|
CATATAN :
|
Selama
pembelajaran Babak dalam drama berlangsung, guru mengamati sikap siswa
dalam menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa,
kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri,
berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawab, rasa ingin
tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan
untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi
dirinya dan orang lain. (Karakter
Kepramukaan, Kebangsaan, dan Kewirausahaan)
|
|
Pertemuan Ke –
3 Materi : Drama
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
Waktu
|
Sintak Model Pembelajaran
|
90 menit
|
KEGIATAN PENDAHULUAN
|
15 menit
|
Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan)
|
Guru
:
Orientasi
- Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan
materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik
dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya, yaitu : Babak dalam
drama
- Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
- Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari
dalam kehidupan sehari-hari.
- Apabila
materi / tema / projek ini kerjakan
dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi Konflik dalam drama
- Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan
pertanyaan.
Pemberian
Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas
pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada
pertemuan yang berlangsung
- Pembagian
kelompok belajar
- Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
|
Problem
Statemen (pertanyaan/
identifikasi masalah)
|
KEGIATAN
LITERASI
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar
yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar,
·
Melihat
(tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/video tentang materi Konflik dalam drama
“Apa
yang kalian pikirkan tentang foto/gambar tersebut?”
Ø lembar
kerja materi Konflik dalam drama
Ø pemberian
contoh-contoh materi Konflik dalam drama untuk dapat dikembangkan peserta
didik, dari media interaktif, dsb
- Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca materi Konflik dalam drama dari
buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan lingkungan
pemberian materi Konflik dalam drama oleh
guru
·
Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan secara garis
besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi Konflik dalam drama, untuk melatih
kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
·
Menulis
Peserta
didik menulis resume tentang apa yang telah dibaca, diamati dan didengarkan
sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL
THINKING (BERPIKIR KRITIK)
·
Mengajukan pertanyaan tentang materi Konflik
dalam drama yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan
untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari
pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk
mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan
untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat. Misalnya :
Ø Apa
yang dimaksud dengan Konflik dalam drama?
Ø Terdiri
dari apakah Konflik dalam drama
tersebut?
Ø Seperti
apakah Konflik dalam drama tersebut?
Ø Bagaimana
Konflik dalam drama itu bekerja?
Ø Apa
fungsi Konflik dalam drama?
Ø Bagaimanakah
materi Konflik dalam drama itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan
karir masa depan peserta didik?
|
KEGIATAN INTI
|
60 menit
|
Data Collection (pengumpulan data)
|
KEGIATAN
LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan
untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
- Mengamati
obyek/kejadian,
mengamati
dengan seksama materi Konflik dalam drama yang sedang dipelajari dalam
bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya
- Membaca
sumber lain selain buku teks,
mencari
dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah
pengetahuan dan pemahaman tentang materi Konflik dalam drama yang sedang
dipelajari
menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
Konflik dalam drama yang sedang dipelajari
- Wawancara/tanya
jawab dengan nara sumber
mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi Konflik dalam drama yang tekah disusun
dalam daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION
(KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket
mengenai materi Konflik dalam drama
mencatat
semua informasi tentang materi Konflik dalam drama yang telah diperoleh
pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia
yang baik dan benar
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi Konflik dalam drama sesuai dengan
pemahamannya
|
Data Processing (pengolahan Data)
|
COLLABORATION
(KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah
data hasil pengamatan dengan cara :
·
Saling tukar
informasi tentang materi Konflik
dalam drama dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok
lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan
sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah
yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang
disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan,
menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan
kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari,
mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
- Berdiskusi
tentang data dari materi Konflik dalam drama yang sudah
dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
- Mengolah informasi dari
materi Konflik dalam drama yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun
hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang
sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar
kerja.
- Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Konflik
dalam drama
|
KEGIATAN PENUTUP
|
15 menit
|
Verification (pembuktian)
|
CRITICAL
THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan
memverifikasi untuk menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau
teori pada buku sumber melalui kegiatan :
- Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang
bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat
yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan
menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif
dalam membuktikan tentang materi : Konflik
dalam drama, antara lain
dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas
jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
- Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi Konflik dalam drama berupa
kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau
media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi,
kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang mteri : Konflik dalam drama
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan
tentanag materi Konflik dalam
drama dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya
atas presentasi tentang materi Konflik
dalam drama yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang Konflik
dalam drama
- Menjawab
pertanyaan tentang Konflik dalam
drama yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar
kerja yang telah disediakan.
- Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa
berkaitan dengan materi Konflik
dalam drama yang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Konflik
dalam drama yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek
penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Generalizatio (menarik kesimpulan)
|
CREATIVITY
(KREATIVITAS)
Peserta didik :
- Membuat
resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran Konflik
dalam drama yang baru dilakukan.
- Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Konflik dalam drama yang baru diselesaikan.
- Mengagendakan
materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa
pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa
untuk materi pelajaran Konflik
dalam drama.
- Peserta
didik yang selesai mengerjakan
tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi
paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas projek /produk
/portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran Konflik dalam drama
- Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Konflik
dalam drama kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama
yang baik
|
CATATAN :
|
Selama
pembelajaran Konflik dalam drama berlangsung, guru mengamati sikap siswa
dalam menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa,
kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri,
berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawab, rasa ingin
tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan
untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi
dirinya dan orang lain. (Karakter
Kepramukaan, Kebangsaan, dan Kewirausahaan)
|
|
Pertemuan Ke –
4 Materi : Drama
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
Waktu
|
Sintak Model Pembelajaran
|
90 menit
|
KEGIATAN PENDAHULUAN
|
15 menit
|
Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan)
|
Guru
:
Orientasi
- Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan
materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik
dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya, yaitu : Konflik
dalam drama
- Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
- Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari
dalam kehidupan sehari-hari.
- Apabila
materi / tema / projek ini kerjakan
dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi Penokohan dalam drama
- Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan
pertanyaan.
Pemberian
Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas
pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada
pertemuan yang berlangsung
- Pembagian
kelompok belajar
- Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
|
Problem
Statemen (pertanyaan/
identifikasi masalah)
|
KEGIATAN
LITERASI
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar
yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar,
·
Melihat
(tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/video tentang materi Penokohan dalam drama
“Apa
yang kalian pikirkan tentang foto/gambar tersebut?”
Ø lembar
kerja materi Penokohan dalam drama
Ø pemberian
contoh-contoh materi Penokohan dalam drama untuk dapat dikembangkan peserta
didik, dari media interaktif, dsb
- Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca materi Penokohan dalam drama dari
buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang
berhubungan dengan lingkungan
pemberian materi Penokohan dalam drama
oleh guru
·
Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan secara garis
besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi Penokohan dalam drama, untuk melatih
kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
·
Menulis
Peserta
didik menulis resume tentang apa yang telah dibaca, diamati dan didengarkan
sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL
THINKING (BERPIKIR KRITIK)
·
Mengajukan pertanyaan tentang materi Penokohan
dalam drama yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan
untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari
pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk
mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan
untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat. Misalnya :
Ø Apa
yang dimaksud dengan Penokohan dalam drama?
Ø Terdiri
dari apakah Penokohan dalam drama
tersebut?
Ø Seperti
apakah Penokohan dalam drama tersebut?
Ø Bagaimana
Penokohan dalam drama itu bekerja?
Ø Apa
fungsi Penokohan dalam drama?
Ø Bagaimanakah
materi Penokohan dalam drama itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan
karir masa depan peserta didik?
|
KEGIATAN INTI
|
60 menit
|
Data Collection (pengumpulan data)
|
KEGIATAN
LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan
untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
- Mengamati
obyek/kejadian,
mengamati
dengan seksama materi Penokohan dalam drama yang sedang dipelajari dalam bentuk
gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya
- Membaca
sumber lain selain buku teks,
mencari
dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah
pengetahuan dan pemahaman tentang materi Penokohan dalam drama yang sedang
dipelajari
menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
Penokohan dalam drama yang sedang dipelajari
- Wawancara/tanya
jawab dengan nara sumber
mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi Penokohan dalam drama yang tekah
disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION
(KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket
mengenai materi Penokohan dalam drama
mencatat
semua informasi tentang materi Penokohan dalam drama yang telah diperoleh
pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia
yang baik dan benar
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi Penokohan dalam drama sesuai dengan
pemahamannya
|
Data Processing (pengolahan Data)
|
COLLABORATION
(KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah
data hasil pengamatan dengan cara :
·
Saling tukar
informasi tentang materi Penokohan
dalam drama dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok
lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan
sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah
yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang
disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan,
menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan
kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari,
mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
- Berdiskusi tentang
data dari materi Penokohan dalam drama yang
sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
- Mengolah informasi dari
materi Penokohan dalam drama yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun
hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang
sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar
kerja.
- Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Penokohan
dalam drama
|
KEGIATAN PENUTUP
|
15 menit
|
Verification (pembuktian)
|
CRITICAL
THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan
memverifikasi untuk menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau
teori pada buku sumber melalui kegiatan :
- Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang
bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat
yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan
menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif
dalam membuktikan tentang materi : Penokohan
dalam drama, antara lain
dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas
jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
- Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi Penokohan dalam drama berupa
kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau
media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi,
kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang mteri : Penokohan dalam drama
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan
tentanag materi Penokohan dalam
drama dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya
atas presentasi tentang materi Penokohan
dalam drama yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang Penokohan
dalam drama
- Menjawab
pertanyaan tentang Penokohan
dalam drama yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
lembar kerja yang telah disediakan.
- Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa
berkaitan dengan materi Penokohan
dalam drama yang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Penokohan
dalam drama yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek
penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Generalizatio (menarik kesimpulan)
|
CREATIVITY
(KREATIVITAS)
Peserta didik :
- Membuat
resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran Penokohan
dalam drama yang baru dilakukan.
- Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Penokohan dalam drama yang baru diselesaikan.
- Mengagendakan
materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau
dirumah.
Guru :
- Memeriksa
pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa
untuk materi pelajaran Penokohan
dalam drama.
- Peserta
didik yang selesai mengerjakan
tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi
paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas projek /produk
/portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran Penokohan dalam drama
- Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Penokohan
dalam drama kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama
yang baik
|
CATATAN :
|
Selama
pembelajaran Penokohan dalam drama berlangsung, guru mengamati sikap siswa
dalam menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa,
kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri,
berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawab, rasa ingin
tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan
untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi
dirinya dan orang lain. (Karakter
Kepramukaan, Kebangsaan, dan Kewirausahaan)
|
|
Pertemuan Ke –
5 Materi : Drama
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
Waktu
|
Sintak Model Pembelajaran
|
90 menit
|
KEGIATAN PENDAHULUAN
|
15 menit
|
Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan)
|
Guru
:
Orientasi
- Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan
materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik
dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya, yaitu : Penokohan
dalam drama
- Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
- Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari
dalam kehidupan sehari-hari.
- Apabila
materi / tema / projek ini kerjakan
dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi isi drama
- Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan
pertanyaan.
Pemberian
Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas
pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada
pertemuan yang berlangsung
- Pembagian
kelompok belajar
- Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
|
Problem
Statemen (pertanyaan/
identifikasi masalah)
|
KEGIATAN
LITERASI
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar
yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar,
·
Melihat
(tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/video tentang materi isi drama
“Apa
yang kalian pikirkan tentang foto/gambar tersebut?”
Ø lembar
kerja materi isi drama
Ø pemberian
contoh-contoh materi isi drama untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari
media interaktif, dsb
- Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca materi isi drama dari buku paket
atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
lingkungan
pemberian materi isi drama oleh guru
·
Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan secara garis
besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi isi drama, untuk melatih
kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
·
Menulis
Peserta
didik menulis resume tentang apa yang telah dibaca, diamati dan didengarkan
sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL
THINKING (BERPIKIR KRITIK)
·
Mengajukan pertanyaan tentang materi isi
drama yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk
mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari
pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk
mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan
untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat. Misalnya :
Ø Apa
yang dimaksud dengan isi drama?
Ø Terdiri
dari apakah isi drama tersebut?
Ø Seperti
apakah isi drama tersebut?
Ø Bagaimana
isi drama itu bekerja?
Ø Apa
fungsi isi drama?
Ø Bagaimanakah
materi isi drama itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa
depan peserta didik?
|
KEGIATAN INTI
|
60 menit
|
Data Collection (pengumpulan data)
|
KEGIATAN
LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan
untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
- Mengamati
obyek/kejadian,
mengamati
dengan seksama materi isi drama yang sedang dipelajari dalam bentuk
gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya
- Membaca
sumber lain selain buku teks,
mencari
dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah
pengetahuan dan pemahaman tentang materi isi drama yang sedang dipelajari
menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
isi drama yang sedang dipelajari
- Wawancara/tanya
jawab dengan nara sumber
mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi isi drama yang tekah disusun dalam
daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION
(KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket
mengenai materi isi drama
mencatat
semua informasi tentang materi isi drama yang telah diperoleh pada buku
catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik
dan benar
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi isi drama sesuai dengan pemahamannya
|
Data Processing (pengolahan Data)
|
COLLABORATION
(KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah
data hasil pengamatan dengan cara :
·
Saling tukar
informasi tentang materi isi
drama dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya
sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai
bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang
disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan,
menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan
kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari,
mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
- Berdiskusi
tentang data dari materi isi drama yang sudah
dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
- Mengolah informasi dari
materi isi drama yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun
hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang
sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar
kerja.
- Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi isi
drama
|
KEGIATAN PENUTUP
|
15 menit
|
Verification (pembuktian)
|
CRITICAL
THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan
memverifikasi untuk menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau
teori pada buku sumber melalui kegiatan :
- Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang
bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat
yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan
menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif
dalam membuktikan tentang materi : isi
drama, antara lain dengan
: Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban
soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
- Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi isi drama berupa kesimpulan
berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya
untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir
sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang mteri : isi drama
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan
tentanag materi isi drama dan
ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya
atas presentasi tentang materi isi
drama yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang isi
drama
- Menjawab
pertanyaan tentang isi drama yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah
disediakan.
- Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa
berkaitan dengan materi isi
drama yang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi isi
drama yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek
penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Generalizatio (menarik kesimpulan)
|
CREATIVITY
(KREATIVITAS)
Peserta didik :
- Membuat
resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran isi
drama yang baru dilakukan.
- Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran isi drama yang baru diselesaikan.
- Mengagendakan
materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau
dirumah.
Guru :
- Memeriksa
pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa
untuk materi pelajaran isi drama.
- Peserta
didik yang selesai mengerjakan
tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi
paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas projek /produk
/portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran isi drama
- Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran isi
drama kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik
|
CATATAN :
|
Selama
pembelajaran isi drama berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam
menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa,
kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri,
berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawab, rasa ingin
tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan
untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi
dirinya dan orang lain. (Karakter
Kepramukaan, Kebangsaan, dan Kewirausahaan)
|
|
Pertemuan Ke –
6 Materi : Drama
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
Waktu
|
Sintak Model Pembelajaran
|
90 menit
|
KEGIATAN PENDAHULUAN
|
15 menit
|
Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan)
|
Guru
:
Orientasi
- Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan
materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik
dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya, yaitu : isi drama
- Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
- Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari
dalam kehidupan sehari-hari.
- Apabila
materi / tema / projek ini kerjakan
dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi kebahasaan drama
- Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan
pertanyaan.
Pemberian
Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas
pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada
pertemuan yang berlangsung
- Pembagian
kelompok belajar
- Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
|
Problem
Statemen (pertanyaan/
identifikasi masalah)
|
KEGIATAN
LITERASI
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar
yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar,
·
Melihat
(tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/video tentang materi kebahasaan drama
“Apa
yang kalian pikirkan tentang foto/gambar tersebut?”
Ø lembar
kerja materi kebahasaan drama
Ø pemberian
contoh-contoh materi kebahasaan drama untuk dapat dikembangkan peserta
didik, dari media interaktif, dsb
- Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca materi kebahasaan drama dari buku
paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan
dengan lingkungan
pemberian materi kebahasaan drama oleh
guru
·
Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan secara garis
besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi kebahasaan drama, untuk melatih
kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
·
Menulis
Peserta
didik menulis resume tentang apa yang telah dibaca, diamati dan didengarkan
sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL
THINKING (BERPIKIR KRITIK)
·
Mengajukan pertanyaan tentang materi kebahasaan
drama yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk
mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari
pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk
mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan
untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat. Misalnya :
Ø Apa
yang dimaksud dengan kebahasaan drama?
Ø Terdiri
dari apakah kebahasaan drama
tersebut?
Ø Seperti
apakah kebahasaan drama tersebut?
Ø Bagaimana
kebahasaan drama itu bekerja?
Ø Apa
fungsi kebahasaan drama?
Ø Bagaimanakah
materi kebahasaan drama itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir
masa depan peserta didik?
|
KEGIATAN INTI
|
60 menit
|
Data Collection (pengumpulan data)
|
KEGIATAN
LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan
untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
- Mengamati
obyek/kejadian,
mengamati
dengan seksama materi kebahasaan drama yang sedang dipelajari dalam bentuk
gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya
- Membaca
sumber lain selain buku teks,
mencari
dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah
pengetahuan dan pemahaman tentang materi kebahasaan drama yang sedang
dipelajari
menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
kebahasaan drama yang sedang dipelajari
- Wawancara/tanya
jawab dengan nara sumber
mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi kebahasaan drama yang tekah disusun
dalam daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION
(KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai
materi kebahasaan drama
mencatat
semua informasi tentang materi kebahasaan drama yang telah diperoleh pada
buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang
baik dan benar
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi kebahasaan drama sesuai dengan
pemahamannya
|
Data Processing (pengolahan Data)
|
COLLABORATION
(KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah
data hasil pengamatan dengan cara :
·
Saling tukar
informasi tentang materi kebahasaan
drama dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya
sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai
bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang
disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan,
menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan
kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari,
mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
- Berdiskusi
tentang data dari materi kebahasaan drama yang sudah
dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
- Mengolah informasi dari
materi kebahasaan drama yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun
hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang
sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar
kerja.
- Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi kebahasaan
drama
|
KEGIATAN PENUTUP
|
15 menit
|
Verification (pembuktian)
|
CRITICAL
THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan
memverifikasi untuk menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau
teori pada buku sumber melalui kegiatan :
- Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang
bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat
yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan
menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif
dalam membuktikan tentang materi : kebahasaan
drama, antara lain dengan
: Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban
soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
- Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi kebahasaan drama berupa
kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau
media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi,
kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang mteri : kebahasaan drama
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan
tentanag materi kebahasaan drama
dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya
atas presentasi tentang materi kebahasaan
drama yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang kebahasaan
drama
- Menjawab
pertanyaan tentang kebahasaan
drama yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar
kerja yang telah disediakan.
- Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa
berkaitan dengan materi kebahasaan
drama yang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi kebahasaan
drama yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek
penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Generalizatio (menarik kesimpulan)
|
CREATIVITY
(KREATIVITAS)
Peserta didik :
- Membuat
resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran kebahasaan
drama yang baru dilakukan.
- Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran kebahasaan drama yang baru diselesaikan.
- Mengagendakan
materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau
dirumah.
Guru :
- Memeriksa
pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa
untuk materi pelajaran kebahasaan
drama.
- Peserta
didik yang selesai mengerjakan
tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi
paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas projek /produk
/portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran kebahasaan drama
- Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran kebahasaan
drama kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik
|
CATATAN :
|
Selama
pembelajaran kebahasaan drama berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam
menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa,
kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri,
berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawab, rasa ingin
tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan
untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi
dirinya dan orang lain. (Karakter
Kepramukaan, Kebangsaan, dan Kewirausahaan)
|
|
Pertemuan Ke –
7 Materi : Drama
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
Waktu
|
Sintak Model Pembelajaran
|
90 menit
|
KEGIATAN PENDAHULUAN
|
15 menit
|
Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan)
|
Guru
:
Orientasi
- Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan
materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik
dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya, yaitu : kebahasaan
drama
- Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
Motivasi
- Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari
dalam kehidupan sehari-hari.
- Apabila
materi / tema / projek ini kerjakan
dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi Persiapan mementaskan drama.
- Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan
pertanyaan.
Pemberian
Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas
pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada
pertemuan yang berlangsung
- Pembagian
kelompok belajar
- Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
|
Problem
Statemen (pertanyaan/
identifikasi masalah)
|
KEGIATAN
LITERASI
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar
yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar,
·
Melihat
(tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/video tentang materi Persiapan mementaskan drama.
“Apa
yang kalian pikirkan tentang foto/gambar tersebut?”
Ø lembar
kerja materi Persiapan mementaskan drama.
Ø pemberian
contoh-contoh materi Persiapan mementaskan drama. untuk dapat dikembangkan
peserta didik, dari media interaktif, dsb
- Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca materi Persiapan mementaskan
drama. dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi
yang berhubungan dengan lingkungan
pemberian materi Persiapan mementaskan
drama. oleh guru
·
Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan secara garis
besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi Persiapan mementaskan drama., untuk
melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
·
Menulis
Peserta
didik menulis resume tentang apa yang telah dibaca, diamati dan didengarkan
sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL
THINKING (BERPIKIR KRITIK)
·
Mengajukan pertanyaan tentang materi Persiapan
mementaskan drama. yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau
pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati
(dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø Apa
yang dimaksud dengan Persiapan mementaskan drama.?
Ø Terdiri
dari apakah Persiapan mementaskan drama.
tersebut?
Ø Seperti
apakah Persiapan mementaskan drama. tersebut?
Ø Bagaimana
Persiapan mementaskan drama. itu bekerja?
Ø Apa
fungsi Persiapan mementaskan drama.?
Ø Bagaimanakah
materi Persiapan mementaskan drama. itu berperan dalam kehidupan
sehari-hari dan karir masa depan peserta didik?
|
KEGIATAN INTI
|
60 menit
|
Data Collection (pengumpulan data)
|
KEGIATAN
LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan
untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
- Mengamati
obyek/kejadian,
mengamati
dengan seksama materi Persiapan mementaskan drama. yang sedang dipelajari
dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya
- Membaca
sumber lain selain buku teks,
mencari
dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah
pengetahuan dan pemahaman tentang materi Persiapan mementaskan drama. yang
sedang dipelajari
menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
Persiapan mementaskan drama. yang sedang dipelajari
- Wawancara/tanya
jawab dengan nara sumber
mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi Persiapan mementaskan drama. yang tekah
disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION
(KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai
materi Persiapan mementaskan drama.
mencatat
semua informasi tentang materi Persiapan mementaskan drama. yang telah
diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa
Indonesia yang baik dan benar
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi Persiapan mementaskan drama. sesuai
dengan pemahamannya
|
Data Processing (pengolahan Data)
|
COLLABORATION
(KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah
data hasil pengamatan dengan cara :
·
Saling tukar
informasi tentang materiPersiapan mementaskan drama. dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan
dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai
pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
- Berdiskusi
tentang data dari materi Persiapan mementaskan drama. yang
sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
- Mengolah informasi dari
materi Persiapan mementaskan drama. yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun
hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang
sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar
kerja.
- Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Persiapan
mementaskan drama.
|
KEGIATAN PENUTUP
|
15 menit
|
Verification (pembuktian)
|
CRITICAL
THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan
memverifikasi untuk menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau
teori pada buku sumber melalui kegiatan :
- Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang
bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat
yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan
menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif
dalam membuktikan tentang materi : Persiapan
mementaskan drama., antara
lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas
jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
- Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi Persiapan mementaskan drama. berupa
kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau
media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi,
kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang mteri :Persiapan mementaskan drama.
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan
tentanag materi Persiapan
mementaskan drama. dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
- Bertanya
atas presentasi tentang materi Persiapan
mementaskan drama. yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang Persiapan
mementaskan drama.
- Menjawab
pertanyaan tentang Persiapan
mementaskan drama. yang terdapat pada buku pegangan peserta didik
atau lembar kerja yang telah disediakan.
- Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa
berkaitan dengan materi Persiapan
mementaskan drama. yang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Persiapan
mementaskan drama. yang terdapat pada buku pegangan peserta didik
atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Generalizatio (menarik kesimpulan)
|
CREATIVITY
(KREATIVITAS)
Peserta didik :
- Membuat
resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran Persiapan
mementaskan drama. yang baru dilakukan.
- Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Persiapan mementaskan drama. yang baru diselesaikan.
- Mengagendakan
materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau
dirumah.
Guru :
- Memeriksa
pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa
untuk materi pelajaran Persiapan
mementaskan drama..
- Peserta
didik yang selesai mengerjakan
tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi
paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas projek /produk
/portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran Persiapan mementaskan drama.
- Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Persiapan
mementaskan drama. kepada kelompok yang memiliki kinerja dan
kerjasama yang baik
|
CATATAN :
|
Selama
pembelajaran Persiapan mementaskan drama. berlangsung, guru mengamati sikap
siswa dalam menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang
Maha Esa, kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja, disiplin, rasa
percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawab,
rasa ingin tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa Indonesia, serta
kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat bernilai dan
berguna bagi dirinya dan orang lain. (Karakter
Kepramukaan, Kebangsaan, dan Kewirausahaan)
|
|
Pertemuan Ke –
8 Materi : Drama
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
Waktu
|
Sintak Model Pembelajaran
|
90 menit
|
KEGIATAN PENDAHULUAN
|
15 menit
|
Stimulation (stimullasi/ pemberian rangsangan)
|
Guru
:
Orientasi
- Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik
dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan
materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik
dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya, yaitu :Persiapan
mementaskan drama.
- Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
- Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari
dalam kehidupan sehari-hari.
- Apabila
materi / tema / projek ini kerjakan
dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi Pementasan drama
- Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan
pertanyaan.
Pemberian
Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas
pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada
pertemuan yang berlangsung
- Pembagian
kelompok belajar
- Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
|
Problem
Statemen (pertanyaan/
identifikasi masalah)
|
KEGIATAN
LITERASI
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar
yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar,
·
Melihat
(tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/video tentang materi Pementasan drama
“Apa
yang kalian pikirkan tentang foto/gambar tersebut?”
Ø lembar
kerja materi Pementasan drama
Ø pemberian
contoh-contoh materi Pementasan drama untuk dapat dikembangkan peserta
didik, dari media interaktif, dsb
- Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
membaca materi Pementasan drama dari buku
paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan
dengan lingkungan
pemberian materi Pementasan drama oleh
guru
·
Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan secara garis
besar/global tentang materi pelajaran
mengenai materi Pementasan drama, untuk melatih
kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
·
Menulis
Peserta
didik menulis resume tentang apa yang telah dibaca, diamati dan didengarkan
sebagai pembiasaan dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL
THINKING (BERPIKIR KRITIK)
·
Mengajukan pertanyaan tentang materi Pementasan
drama yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk
mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari
pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk
mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan
untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar
sepanjang hayat. Misalnya :
Ø Apa
yang dimaksud dengan Pementasan drama?
Ø Terdiri
dari apakah Pementasan drama
tersebut?
Ø Seperti
apakah Pementasan drama tersebut?
Ø Bagaimana
Pementasan drama itu bekerja?
Ø Apa
fungsi Pementasan drama?
Ø Bagaimanakah
materi Pementasan drama itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir
masa depan peserta didik?
|
KEGIATAN INTI
|
60 menit
|
Data Collection (pengumpulan data)
|
KEGIATAN
LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan
untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
- Mengamati
obyek/kejadian,
mengamati
dengan seksama materi Pementasan drama yang sedang dipelajari dalam bentuk
gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba
menginterprestasikannya
- Membaca
sumber lain selain buku teks,
mencari
dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah
pengetahuan dan pemahaman tentang materi Pementasan drama yang sedang
dipelajari
menyusun
daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan
mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi
Pementasan drama yang sedang dipelajari
- Wawancara/tanya
jawab dengan nara sumber
mengajukan
pertanyaan berkaiatan dengan materi Pementasan drama yang tekah disusun
dalam daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION
(KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai
materi Pementasan drama
mencatat
semua informasi tentang materi Pementasan drama yang telah diperoleh pada
buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang
baik dan benar
Peserta
didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi Pementasan drama sesuai dengan
pemahamannya
|
Data Processing (pengolahan Data)
|
COLLABORATION
(KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah
data hasil pengamatan dengan cara :
·
Saling tukar
informasi tentang materi Pementasan
drama dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya
sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai
bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang
disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan,
menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan
kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari,
mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
- Berdiskusi
tentang data dari materi Pementasan drama yang sudah
dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
- Mengolah informasi dari
materi Pementasan drama yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun
hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang
sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar
kerja.
- Peserta
didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Pementasan
drama
|
KEGIATAN PENUTUP
|
15 menit
|
Verification (pembuktian)
|
CRITICAL
THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan
memverifikasi untuk menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau
teori pada buku sumber melalui kegiatan :
- Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang
bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat
yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan
menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif
dalam membuktikan tentang materi : Pementasan
drama, antara lain dengan
: Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban
soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
- Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi Pementasan drama berupa
kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau
media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi,
kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang mteri : Pementasan drama
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan
tentanag materi Pementasan drama
dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya
atas presentasi tentang materi Pementasan
drama yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
- Menyimpulkan tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang Pementasan
drama
- Menjawab
pertanyaan tentang Pementasan
drama yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar
kerja yang telah disediakan.
- Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa
berkaitan dengan materi Pementasan
drama yang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Pementasan
drama yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek
penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
Generalizatio (menarik kesimpulan)
|
CREATIVITY
(KREATIVITAS)
Peserta didik :
- Membuat
resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran Pementasan
drama yang baru dilakukan.
- Mengagendakan
pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Pementasan drama yang baru diselesaikan.
- Mengagendakan
materi atau tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus
mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau
dirumah.
Guru :
- Memeriksa
pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa
untuk materi pelajaran Pementasan
drama.
- Peserta
didik yang selesai mengerjakan
tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar diberi
paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas projek /produk
/portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran Pementasan drama
- Memberikan
penghargaan untuk materi pelajaran Pementasan
drama kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik
|
CATATAN :
|
Selama
pembelajaran Pementasan drama berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam
menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa,
kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri,
berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawab, rasa ingin
tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan
untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi
dirinya dan orang lain. (Karakter
Kepramukaan, Kebangsaan, dan Kewirausahaan)
|
|
I.
Penilaian
Sikap
Jurnal
LEMBAR PENILAIAN SIKAP - JURNAL
Nama Siswa : ………………..
Kelas : ………………
No.
|
Hari/Tanggal
|
Sikap/Perilaku
|
Keterangan
|
Positif
|
Negatif
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kesimpulan :
……………………………………………………………………………………………………………
Penilaian Sikap - Jurnal
|
Nama Peserta Didik :
…………...........................................……..
Kelas :
…………...........................................……..
Aspek yang diamati :
…………...........................................……..
No
|
Hari/tanggal
|
Kejadian
|
Keterangan /
Tindak Lanjut
|
1
|
|
|
|
….
|
|
|
|
Nilai jurnal menggunakan skala
Sangat Baik (SB)= 100, Baik (B) = 75, Cukup (C) = 50, dan Kurang (K) = 25
|
Pengetahuan
-
Tertulis Pilihan Ganda (lihat lampiran)
-
Tertulis Uraian(lihat lampiran)
-
Tes Lisan / Observasi terhadap Diskusi Tanya Jawab dan Percakapan
Praktek Monolog atau Dialog
Penilaian Aspek Percakapan
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Skala
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
25
|
50
|
75
|
100
|
1
|
Intonasi
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Pelafalan
|
|
|
|
|
3
|
Kelancaran
|
|
|
|
|
4
|
Ekspresi
|
|
|
|
|
5
|
Penampilan
|
|
|
|
|
6
|
Gestur
|
|
|
|
|
-
Penugasan(lihat lampiran)
Tugas Rumah
a)
Peserta didik menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku
peserta didik
b)
Peserta didik memnta tanda tangan orangtua sebagai bukti
bahwa mereka telah mengerjakan tugas rumah dengan baik
c)
Peserta didik mengumpulkan jawaban dari tugas rumah yang
telah dikerjakan untuk mendapatkan penilaian
Keterampilan
-
Penilaian Unjuk Kerja
Contoh instrumen penilaian unjuk
kerja dapat dilihat pada instrumen penilaian ujian keterampilan berbicara
sebagai berikut:
Instrumen Penilaian
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Sangat
Baik
(100)
|
Baik
(75)
|
Kurang
Baik
(50)
|
Tidak
Baik
(25)
|
1
|
Kesesuaian respon
dengan pertanyaan
|
|
|
|
|
2
|
Keserasian pemilihan
kata
|
|
|
|
|
3
|
Kesesuaian penggunaan
tata bahasa
|
|
|
|
|
4
|
Pelafalan
|
|
|
|
|
Kriteria penilaian (skor)
100 = Sangat Baik 50 = Kurang
Baik
75 = Baik 25 = Tidak
Baik
Cara mencari nilai (N) = Jumalah skor yang diperoleh siswa dibagi jumlah
skor maksimal dikali skor ideal (100)
Instrumen Penilaian
Diskusi
No
|
Aspek yang
Dinilai
|
100
|
75
|
50
|
25
|
1
|
Penguasaan materi diskusi
|
|
|
|
|
2
|
Kemampuan menjawab pertanyaan
|
|
|
|
|
3
|
Kemampuan mengolah kata
|
|
|
|
|
4
|
Kemampuan menyelesaikan masalah
|
|
|
|
|
Keterangan :
100 = Sangat Baik 50 = Kurang
Baik
75 = Baik 25 = Tidak
Baik
-
Penilaian Proyek(lihat lampiran)
Membuat denah sekolah, jadwal
kegiatan sekolah, dll
-
Penilaian Produk(lihat lampiran)
-
Penilaian Portofolio
Kumpulan semua tugas yang sudah
dikerjakan peserta didik, seperti catatan, PR, dll
Instrumen Penilain
No
|
Aspek yang
Dinilai
|
100
|
75
|
50
|
25
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
KESUGIHAN,
24 JUNI 2019
Mengetahui
Kepala SMA YA
BAKII Guru
Mata Pelajaran
MOH. HASBULLOH MAULANA,S.Pd.I SUKRINIAM,S.Ag.M.Pd.
NIP/NRK. NIP/NRK.
Catatan Kepala Sekolah
.........................................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar