BEDAH KISI-KISI UN
Kompetensi
|
Indikator
|
|
Pemahaman
dan pengetahuan
|
Siswa
mamapu
Ø memaknai
istilah
Ø mengidentifikasi
informasi tersurat
|
1.
siswa mampu memaknai istilah/kata dalam paragraph
2.
siswa mamapu mengidentifikasi kalimat fakta dalam
paragraph
3.
siswa mampu mengidentifikasi kalimat opini dalam paragraph
4.
siswa mampu mengidentifikasi jawaban tersurat
dalam paragraph dengan kata Tanya apa/siapa/mengapa/bagaimana
|
aplikasi
|
Siwa
mamapu
Ø menemukan ide
pokok
Ø menemukan inti
kalimat
Ø menentukan
makna rujukan
Ø menyimpulkan
isi tersurat dalam teks nonsastra
|
5.
siswa mampu menemukan ide pokok paragraf.
6.
Siswa mampu menentukan gagasan utama paragraf.
7.
siswa mampu menentukan kalimat utama paragraf.
8.
siswa mampu menentukan makna rujukan (ini) dalam
paragraf.
9.
siswa mampu menentukan makna rujukan (itu) dalam paragraph
10.
siswa mampu menentukan makna rujukan (tersebut)
dalam paragraf.
11.
siswa mamapu menyimpulkan maksud penulis
berdasarkan paragraf.
12.
siswa mampu menyimpulkan keberpihakan penulis
berdasarkan paragraf.
13.
siswa mampu menyimpulkan alasan/sebab-akibat
berdasarkan paragraph
14.
siswa mampu
menyimpulkan pandangan penulis berdasarkan paragraf.
|
penalaran
|
Siswa
mampu
Ø membandingkan
isi, pola penyajian, dan bahasa teks
Ø menyimpulkan
perbedaan dan persamaan isi
Ø membandingkan penggunaan
bahasa dan pola penyajian beberapa jenis teks (berita, eksposisi, prosedur,
editoral, ulasan/resensi)
Ø mengomentari
isi teks
Ø menunjukan
bukti suatu simpulan
|
15.
siswa mampu membandingkan perbedaan penyajian dua
teks.
16.
siswa mampu menyimpulkan isi dua teks.
17.
siswa mamapu membandingkan perbedaan penggunaan
bahasa dalam dua paragraf.
18.
siswa mampu mengangap isi paragraf
|
Materi:
Membaca Sastra
|
Kompetensi
|
Indikator
|
Pemahaman dan Pengetahuan
|
Siswa
mampu
Ø mengidentifikasi
kata yang bermakna simbolik/majas/kias dalam karya sastra
Ø memaknai isi
tersurat dalam dalam karya sastra
|
19.
Siswa mampu memaknai symbol kata bercetak miring
dalam puisi.
20.
Siswa mampu mengidentifikasi majas yang dominan
dalam puisi.
21.
Siswa mampu mengidentifikasi makna kias dalam puisi
22.
Siswa mampu menentukan latar dalam kutipan cerpen.
23.
Siswa mampu menentukan penggambaran tokoh dalam
kutipan cerpen.
24.
Siswa mampu memaknai watak tokoh berdasarkan
kutipan novel.
25.
Siswa mampu menentukan alur berdasarkan kutipan
novel.
26.
Siswa mampu menentukan sudut pandang berdasarkan
kutipan cerpen.
|
Aplikasi
|
Siswa
mampu
Ø Menyimpulkan
isi tersirat dalam cerpen atau novel (sebab konflik, akibat konflik, nilai
moral)
Ø Menyimpulkan
hubungan antar bagian cerpen/novel
|
27.
Siswa mampu menyimpulkan penyebab konflik dalam
kutipan cerpen
28.
Siswa mampu menyimpulkan penyebab konflik dalam
kutipan novel.
29.
Siswa mampu
menyimpulkan akibat konflik dalam kutipan cerpen.
30.
Siswa mampu menyimpulkan akibat konflik dalam
kutipan novel.
31.
Siswa mampu menyimpulkan nilai moral dalam kutipan
cerpen.
32.
Siswa mampu menyimpulkan nilai moral dalam kutipan
novel
33.
Siswa mampu menyimpulkan nilai social dalam
kutipan novel.
34.
Siswa mampu menyimpulkan nilai religi dalam
kutipan cerpen.
35.
Siswa mampu menyimpulkan hubungan tokoh dengan
latar dalam kutipan novel.
|
Penalaran
|
Siswa
mampu
Ø Membandingkan
isi, pola penyajian, dan bahasa karya sastra (berdasarkan gaya,tema, unsur)
Ø Menganalisis
hubungan antar bagian karya sasrta
Ø Membuktikan
simpulan dengan data pada karya sastra (bukti watak, seting, nilai)
Ø Mengaitkan isi
dengan kehidupan sehari saat ini
Ø Menilai
keunggulan atau kelemahan karya sasrta
Ø Meringkas isi
karya sastra
|
36.
Siswa mampu membandingkan perbedaan bahasa dua
kutipan novel.
37.
Siswa mampu membandingkan perbedaan tema dua
kutipan puisi.
38.
Siswa mampu menganalisis persamaan isi antara
kutipan hikayat dan cerita rakyat.
39.
Siswa mampu mengaitkan nilai dalam kutipan cerita
rakyat dengan kehidupan aat ini.
40.
Siswa mampu mengaitkan nilai dalam kutipan hikayat
dengan kehidupan saat ini
41.
Siswa mampu mengaitkan nilai dalam kutipan novel
dengan kehidupan saat ini.
42.
Siswa mampu menilai kelebihan novel.
43.
Siswa mampu menilai atau mengkritik kutipan puisi.
44.
Siswa mampu membuat simpulan esay karya sastra.
|
Materi
: Menulis Terbatas
|
Kompetensi
|
Indikator
|
Pemahaman dan Pengetahuan
|
Siswa
mampu
Ø Siswa mampu
menentukan istilah atau kata yang tepat sesuai konteks
|
45.
Siswa mampu menentukan istilah atau kata (ungkapan
sesuai ilustrasi)
46.
Siswa mampu menentukan istilah atau kata
(peribahasa) tepat sesuai ilustrasi
|
Aplikasi
|
Siswa
mampu
Ø Melengkapi
unsure teks eksposisi
Ø Melengkapi
unsure teks deskripsi
Ø Melengkapi
unsure teks narasi
Ø Melengkapi
teks sastra
Ø Melengkapi
teks ulasan
Ø Melengkapi
teks prosedur
|
47.
Siswa mampu melengkapi kalimat tepat untuk
paragraf deskripsi
48.
Siswa mampu melengkapi kalimat tepat untuk teks
prosedur
49.
Siswa mampu melengkapi kalimat tepat untuk kutipan
cerpen
50.
Siswa mampu
melengkapi kalimat tepat untuk kutipan novel
51.
Siswa mampu melengkapi kalimat tepat untuk kutipan
drama
52.
Siswa mampu melengkapi larik tepat untuk pantun
53.
Siswa mampu melengkapi kataberima atau bersajak
tepat untuk puisi
54.
Siswa mampu melngkapi larik bermajas tepat untuk
puisi
55.
Siswa mampu melengkapi kalimat tepat untuk resensi
rumpang
56.
Siswa mampu memvariasikan kata (sama makna)
|
Penalaran
|
Siswa
mampu
Ø Mengurutkan
unsure teks
Ø Memvariasikan
kata yang bermakna sama
Ø Memvariasikan
kalimat yang bertujuan sama
Ø Menyusun
paragraf dari beberapa kata
Ø Menggabungkan
beberapa kalimat dengan konjungsi yantg sesuai
|
57.
Siswa mampu memvariasikan kata (konotasi)
58.
Siswa mampu memvariasikan kata (ungkapan)
59.
Siswa mampu memvariasikan kalimat dengan tujuan
sama (pribahasa)
60.
Siswa mampu
memvariasikan kalimat dengan tujuan sama (pesamaan pola kalimat)
61.
Siswa mampu
menyusun kalimat menjadi paragraf padu (jenis eksposisi)
62.
Siswa mampu
menyusun kalimat menjadi paragraf padu (jenis deskripsi)
63.
Siswa menyusun kalimat menjadi paragraf padu
(jenis narasi)
64.
Siswa mampu menyusun kalimat menjadi paragraf padu
( jenis teks ulasan / tanggapan/ resensi)
65.
Siswa mampu menyusun kalimat menjadi paragraf padu
(jenis teks prosedur)
66.
siswa mampu mengabungkan beberapa kalimat ( dengan
konjungsi tepat)
67.
Siswa mampu menggabungkan beberapa kalimat (
dengan konjungsi tepat)
|
Materi
: Menyunting kata, kalimat, dan paragraf
|
Kompetensi
|
Indikator
|
Pemahaman dan Pengetahuan
|
Siswa
mampu
Ø Mengidentifikasi
kesalahan penggunaan kata
Ø mengidentifikasi
kesalan penggunaan konjungsi
Ø Mengidentifikasi
kesalahan penggunaan kalimat
Ø Mengartikan
kata
|
68.
Siswa mampu menentukan kata tidak tepat dalam kalimat
69.
Siswa mampu menentukan konjungsi tidak tepat dalam
kalimat pada paragraph
70.
Siswa mampu mentukan kalimat tidak tepat dalam
paragraf
|
Aplikasi
|
Siswa
mampu
Ø Menggunakan
istilah dalam kalimat
Ø Menggunakan
kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata)
|
71.
Siswa mampu menggunakan kata baku tepat dalam
kalimat atau paragraph
72.
Siswa mampu menggunakan frasa tepat dalam kalimat
atau paragraph
73.
Siswa mampu menggunakan kata serapan tepat dalam
kalimat atau paragraph
74.
Siswa mampu menggunakan kata bentukan atau kata berimbuhan
tepat dalam kalimat atau paragraf
|
penalaran
|
Siswa
mampu
Ø Memperbaiki
kesalahan penggunaan kalmia
Ø Memperbaiki
keslahan penggunaan paragraph
Ø Menentukan
alasan dari segi pilihan kata, kalimat paragraf
|
75.
Siswa mampu memperbaiki atau menentukan alasan kesalahan
penggunaan kata dalam kalimat
76.
siswa mampu memperbaiki atau menentukan alasan
kesalahan penggunaan kalimat dalam paragraf
|
Materi : Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
|
Kompetensi
|
Indikator
|
Pemahaman
dan Pengetahuan
|
Siswa
Mampu
-Mengidentifikasi
kesalahan penggunaan ejaan (Judul, sapaan, atau gelar, nama kota, kata depan)
-Mengidentifikasi
kesalahan pengguanaan tanda baca
|
77.
Siswa mampu mengidentifikasi kesalahan penggunaan
ejaan (dalam judul karya ilmiah)
78.
Siswa mampu
mengidentifikasi kesalahan pengguanaan ejaan (dalam judul buku)
79.
Siswa mampu mengidentifikasi kesalahan penggunaan
ejaan (dalam sapaan)
80.
Siswa mampu mengidentifikasi kesalahan penggunaan
ejaan (dalam gelar)
81.
Siswa mampu mengidentifikasi kesalahan ejaan (
dalam nama kota)
82.
Siswa mampu
mengidentifikasi kesalan penggunaaan ejaan (dalam kata depan)
83.
Siswa mampu mengidentifikasi kesalahan penggunaan
tanda baca (titik dua/:)
84.
Siswa mampu mengidentifikasi kesalahan penggunaan
tandea baca (tanda baca pisah atau
aposisi atau -)
|
Aplikasi
|
Siswa
Mampu
Ø Menggunakan
ejaan
Ø Menggunakan
tanda baca
|
85.
Siswa mampu menggunakan ejaan ( tanda hubung dalam
bentuk ulang)
86.
Siswa mampu menggunakan tanda baca (koma dan tanda
hubung0
|
Penalaran
|
Siswa
Mampu
Ø Memoerbaiki
kesalahan penggunaan ejaan
Ø Memperbaiki
kesalahan penggunaan tanda baca
Ø Menentukan
aalasan kesalahan dari segi ejaan dan tanda baca
|
87.
Siswa mampu memperbaiki atau menentukan alasan
kesalahan penggunaan ejaan dalam paragraf ( dalam bentuk kata baku)
88.
siswa mampu memperbaiki kesalahan penggunaan tanda
baca ( Koma dan titik)
89.
Siswa mampu memperbaiki atau mentukan alasan
kesalahan penggunaan ejaan dalam paragraf ( dalam judul tema kegiatan atau
acara)
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar