BEDAH SKL BHS IND / KISI - KISI

BEDAH KISI-KISI UN
Kompetensi
Indikator
Pemahaman dan pengetahuan
Siswa mamapu
Ø  memaknai istilah
Ø  mengidentifikasi informasi tersurat
1.      siswa mampu memaknai istilah/kata dalam paragraph
2.      siswa mamapu mengidentifikasi kalimat fakta dalam paragraph
3.      siswa mampu mengidentifikasi kalimat opini  dalam paragraph
4.      siswa mampu mengidentifikasi jawaban tersurat dalam paragraph dengan kata Tanya apa/siapa/mengapa/bagaimana
aplikasi
Siwa mamapu
Ø  menemukan ide pokok
Ø  menemukan inti kalimat
Ø  menentukan makna rujukan
Ø  menyimpulkan isi tersurat dalam teks nonsastra
5.      siswa mampu menemukan ide pokok paragraf.
6.      Siswa mampu menentukan gagasan utama paragraf.
7.      siswa mampu menentukan kalimat utama paragraf.
8.      siswa mampu menentukan makna rujukan (ini) dalam paragraf.
9.      siswa mampu menentukan makna rujukan (itu) dalam paragraph
10.  siswa mampu menentukan makna rujukan (tersebut) dalam paragraf.
11.  siswa mamapu menyimpulkan maksud penulis berdasarkan paragraf.
12.  siswa mampu menyimpulkan keberpihakan penulis berdasarkan paragraf.
13.  siswa mampu menyimpulkan alasan/sebab-akibat berdasarkan paragraph
14.   siswa mampu menyimpulkan pandangan penulis berdasarkan paragraf.
penalaran
Siswa mampu
Ø  membandingkan isi, pola penyajian, dan bahasa teks
Ø  menyimpulkan perbedaan dan persamaan isi
Ø  membandingkan penggunaan bahasa dan pola penyajian beberapa jenis teks (berita, eksposisi, prosedur, editoral, ulasan/resensi)
Ø  mengomentari isi teks
Ø  menunjukan bukti suatu simpulan
15.  siswa mampu membandingkan perbedaan penyajian dua teks.
16.  siswa mampu menyimpulkan isi dua teks.
17.  siswa mamapu membandingkan perbedaan penggunaan bahasa dalam dua paragraf.
18.  siswa mampu mengangap isi paragraf

Materi: Membaca Sastra

Kompetensi
Indikator
Pemahaman dan Pengetahuan
Siswa mampu
Ø  mengidentifikasi kata yang bermakna simbolik/majas/kias dalam karya sastra
Ø  memaknai isi tersurat dalam dalam karya sastra
19.  Siswa mampu memaknai symbol kata bercetak miring dalam puisi.
20.  Siswa mampu mengidentifikasi majas yang dominan dalam puisi.
21.  Siswa mampu mengidentifikasi makna kias dalam puisi
22.  Siswa mampu menentukan latar dalam kutipan cerpen.
23.  Siswa mampu menentukan penggambaran tokoh dalam kutipan cerpen.
24.  Siswa mampu memaknai watak tokoh berdasarkan kutipan novel.
25.  Siswa mampu menentukan alur berdasarkan kutipan novel.
26.  Siswa mampu menentukan sudut pandang berdasarkan kutipan cerpen.
Aplikasi
Siswa mampu
Ø  Menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen atau novel (sebab konflik, akibat konflik, nilai moral)
Ø  Menyimpulkan hubungan antar bagian cerpen/novel
27.  Siswa mampu menyimpulkan penyebab konflik dalam kutipan cerpen
28.  Siswa mampu menyimpulkan penyebab konflik dalam kutipan novel.
29.   Siswa mampu menyimpulkan akibat konflik dalam kutipan cerpen.
30.  Siswa mampu menyimpulkan akibat konflik dalam kutipan novel.
31.  Siswa mampu menyimpulkan nilai moral dalam kutipan cerpen.
32.  Siswa mampu menyimpulkan nilai moral dalam kutipan novel
33.  Siswa mampu menyimpulkan nilai social dalam kutipan novel.
34.  Siswa mampu menyimpulkan nilai religi dalam kutipan cerpen.
35.  Siswa mampu menyimpulkan hubungan tokoh dengan latar dalam kutipan novel.
Penalaran
Siswa mampu
Ø  Membandingkan isi, pola penyajian, dan bahasa karya sastra (berdasarkan gaya,tema, unsur)
Ø  Menganalisis hubungan antar bagian karya sasrta
Ø  Membuktikan simpulan dengan data pada karya sastra (bukti watak, seting, nilai)
Ø  Mengaitkan isi dengan kehidupan sehari saat ini
Ø  Menilai keunggulan atau kelemahan karya sasrta
Ø  Meringkas isi karya sastra
36.  Siswa mampu membandingkan perbedaan bahasa dua kutipan novel.
37.  Siswa mampu membandingkan perbedaan tema dua kutipan puisi.
38.  Siswa mampu menganalisis persamaan isi antara kutipan hikayat dan cerita rakyat.
39.  Siswa mampu mengaitkan nilai dalam kutipan cerita rakyat dengan kehidupan aat ini.
40.  Siswa mampu mengaitkan nilai dalam kutipan hikayat dengan kehidupan saat ini
41.  Siswa mampu mengaitkan nilai dalam kutipan novel dengan kehidupan saat ini.
42.  Siswa mampu menilai kelebihan novel.
43.  Siswa mampu menilai atau mengkritik kutipan puisi.
44.  Siswa mampu membuat simpulan esay karya sastra.

Materi : Menulis Terbatas

Kompetensi
Indikator
Pemahaman dan Pengetahuan
Siswa mampu
Ø  Siswa mampu menentukan istilah atau kata yang tepat sesuai konteks
45.  Siswa mampu menentukan istilah atau kata (ungkapan sesuai ilustrasi)
46.  Siswa mampu menentukan istilah atau kata (peribahasa) tepat sesuai ilustrasi

Aplikasi
Siswa mampu
Ø  Melengkapi unsure teks eksposisi
Ø  Melengkapi unsure teks deskripsi
Ø  Melengkapi unsure teks narasi
Ø  Melengkapi teks sastra
Ø  Melengkapi teks ulasan
Ø  Melengkapi teks prosedur
47.  Siswa mampu melengkapi kalimat tepat untuk paragraf deskripsi
48.  Siswa mampu melengkapi kalimat tepat untuk teks prosedur
49.  Siswa mampu melengkapi kalimat tepat untuk kutipan cerpen
50.   Siswa mampu melengkapi kalimat tepat untuk kutipan novel
51.  Siswa mampu melengkapi kalimat tepat untuk kutipan drama
52.  Siswa mampu melengkapi larik tepat untuk pantun
53.  Siswa mampu melengkapi kataberima atau bersajak tepat untuk puisi
54.  Siswa mampu melngkapi larik bermajas tepat untuk puisi
55.  Siswa mampu melengkapi kalimat tepat untuk resensi rumpang
56.  Siswa mampu memvariasikan kata (sama makna)

Penalaran
Siswa mampu
Ø  Mengurutkan unsure teks
Ø  Memvariasikan kata yang bermakna sama
Ø  Memvariasikan kalimat yang bertujuan sama
Ø  Menyusun paragraf dari beberapa kata
Ø  Menggabungkan beberapa kalimat dengan konjungsi yantg sesuai
57.  Siswa mampu memvariasikan kata (konotasi)
58.  Siswa mampu memvariasikan kata (ungkapan)
59.  Siswa mampu memvariasikan kalimat dengan tujuan sama (pribahasa)
60.   Siswa mampu memvariasikan kalimat dengan tujuan sama (pesamaan pola kalimat)
61.   Siswa mampu menyusun kalimat menjadi paragraf padu (jenis eksposisi)
62.   Siswa mampu menyusun kalimat menjadi paragraf padu (jenis deskripsi)
63.  Siswa menyusun kalimat menjadi paragraf padu (jenis narasi)
64.  Siswa mampu menyusun kalimat menjadi paragraf padu ( jenis teks ulasan / tanggapan/ resensi)
65.  Siswa mampu menyusun kalimat menjadi paragraf padu (jenis teks prosedur)
66.  siswa mampu mengabungkan beberapa kalimat ( dengan konjungsi tepat)
67.  Siswa mampu menggabungkan beberapa kalimat ( dengan konjungsi tepat)
Materi : Menyunting kata, kalimat, dan paragraf

Kompetensi
Indikator
Pemahaman dan Pengetahuan
Siswa mampu
Ø  Mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata
Ø  mengidentifikasi kesalan penggunaan konjungsi
Ø  Mengidentifikasi kesalahan penggunaan kalimat
Ø  Mengartikan kata
68.  Siswa mampu menentukan  kata tidak tepat dalam kalimat
69.  Siswa mampu menentukan konjungsi tidak tepat dalam kalimat pada paragraph
70.  Siswa mampu mentukan kalimat tidak tepat dalam paragraf
Aplikasi
Siswa mampu
Ø  Menggunakan istilah dalam kalimat
Ø  Menggunakan kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata)
71.  Siswa mampu menggunakan kata baku tepat dalam kalimat atau paragraph
72.  Siswa mampu menggunakan frasa tepat dalam kalimat atau paragraph
73.  Siswa mampu menggunakan kata serapan tepat dalam kalimat atau paragraph
74.  Siswa mampu menggunakan kata bentukan atau kata berimbuhan tepat dalam kalimat atau paragraf
penalaran
Siswa mampu
Ø  Memperbaiki kesalahan penggunaan kalmia
Ø  Memperbaiki keslahan penggunaan paragraph
Ø  Menentukan alasan dari segi pilihan kata, kalimat paragraf
75.  Siswa mampu memperbaiki atau menentukan alasan kesalahan penggunaan kata dalam kalimat
76.  siswa mampu memperbaiki atau menentukan alasan kesalahan penggunaan kalimat dalam paragraf

Materi : Menyunting Ejaan dan Tanda Baca

Kompetensi
Indikator
Pemahaman dan Pengetahuan
Siswa Mampu
-Mengidentifikasi kesalahan penggunaan ejaan (Judul, sapaan, atau gelar, nama kota, kata depan)
-Mengidentifikasi kesalahan pengguanaan tanda baca
77.  Siswa mampu mengidentifikasi kesalahan penggunaan ejaan (dalam judul karya ilmiah)
78.   Siswa mampu mengidentifikasi kesalahan pengguanaan ejaan (dalam judul buku)
79.  Siswa mampu mengidentifikasi kesalahan penggunaan ejaan (dalam sapaan)
80.  Siswa mampu mengidentifikasi kesalahan penggunaan ejaan (dalam gelar)
81.  Siswa mampu mengidentifikasi kesalahan ejaan ( dalam nama kota)
82.   Siswa mampu mengidentifikasi kesalan penggunaaan ejaan (dalam kata depan)
83.  Siswa mampu mengidentifikasi kesalahan penggunaan tanda baca (titik dua/:)
84.  Siswa mampu mengidentifikasi kesalahan penggunaan tandea baca (tanda baca pisah  atau aposisi atau -)
Aplikasi
Siswa Mampu
Ø  Menggunakan ejaan
Ø  Menggunakan tanda baca
85.  Siswa mampu menggunakan ejaan ( tanda hubung dalam bentuk ulang)
86.  Siswa mampu menggunakan tanda baca (koma dan tanda hubung0
Penalaran
Siswa Mampu
Ø  Memoerbaiki kesalahan penggunaan ejaan
Ø  Memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca
Ø  Menentukan aalasan kesalahan dari segi ejaan dan tanda baca
87.  Siswa mampu memperbaiki atau menentukan alasan kesalahan penggunaan ejaan dalam paragraf ( dalam bentuk kata baku)
88.  siswa mampu memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca ( Koma dan titik)
89.  Siswa mampu memperbaiki atau mentukan alasan kesalahan penggunaan ejaan dalam paragraf ( dalam judul tema kegiatan atau acara)





Catatan popular daripada blog ini

TEKS PEMBANGUNA DAN BENCANA LINGKUNGAN